Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia) / Dini Oktapiany
Main Author: | Oktapiany, Dini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30588/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKataKunciekuitasmerekloyalitaskonsumen.Perkembanganteknologipadasaatiniberkembangcukuppesatsalahsatunyaadalahperkembangankomunikasi.Perkembangankomunikasiberkembangdarialatkomunikasiyangmenggunakanteleponkabelberalihmenjaditeleponselular(handphone)yangmemilikikeunggulandankualitasyanghampirsamadenganteleponkabelbahkanmalahmelebihiteleponkabeltersebut.Handphonemerupakanprodukyangmemilikihightechnologydenganhargayangrelativemahalsehinggadidalammelakukankeputusanpembelianmakaseorangkonsumenakanmemilikiketerlibatanyangtinggi.PerkembanganpasarHanphonediIndonesiapadasaatiniberkembangdengancukuppesathaliniditandaidengansemakinbanyaknyaprodusenhandphoneyangbermunculanyangmemasarkanproduknyasalahsatunyaadalahNokia.NokiamerupakanperusahaanHandphoneyangberasaldarinegaraFinlandia.Salahsatucaradidalammemenangkanpersainganpasaradalahdenganmenggunakanekuitasmerek.EkuitasmerekdarisebuahprodukmemilikiperananyangpentingdidalammempengaruhiloyalitaskonsumendemikianjugadenganekuitasmerekyangdimilikiolehHandphoneNokia.Ekuitasmerekmerupakanseperangkatasetyangdimilikiolehsuatumerekatauperusahaanyangakanmenjadiidentitasdarisebuahprodukatauperusahaandanhaltersebutakanmembedakannyadenganprodukpesaingyangadadipasar.Brandequityakanakanmemberikannilaitambahataulebihterhadapsebuahmerekprodukapabilaunsur-unsuryangadadidalamekuitasmerekproduktersebutdapatmewakilikarakteristikprodukdankarakteristiksegmenpasar.BerdasarkanpenjelasandiatasmakapenelititertarikmelakukanpenelitiantentangEkuitasMerek.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhEkuitasMerek(X)yangterdiridarikesadaranmerek(X1)asosiasimerek(X2)persepsikualitas(X3)danloyalitasmerek(X4)secaraparsialmaupunsimultanterhadapLoyalitasKonsumen.DalampenelitianiniteknikpengambilansampelyangdigunakanadalahrandomSamplingyaitumenentukansampelsecaraacaktanpamemperhatikanstratatertentuyangterdapatpadarespondendimanajumlahsampelyangdiambilsebanyak99orangkonsumen(mahasiswa)yangmenggunakanhandphoneNokiadiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdenganditentukandenganmenggunakanrumusSlovin.SkalayangdigunakanadalahSkalaLikertdengan5(lima)opsipilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakankuesionerdokumentasidanwawancara.PenelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisisregresilinearbergandadenganmenggunakanSPSSVersi13.00.Hasilyangdiperolehdalampenelitianinimenunjukanbahwaterdapatpengaruhyangsignifikanantarakesadaranmerek(X1)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokia.Tidakadapengaruhyangsignifikanantaraasosiasimerek(X2)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokia.Tidakadapengaruhyangsignifikanantarapersepsikualitas(X3)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokia.Terdapatpengaruhyangsignifikanantaraloyalitasmerek(X4)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokia.Terdapatpengaruhyangsignifikanantarakesadaranmerek(X1)asosiasimerek(X2)persepsikualitas(X3)danloyalitasmerek(X4)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokiaDarihasilyangdiperolehdaripenelitianinipenulismemberikansaranuntukperusahaanyaituagarperusahaandapatmempertahankandandapatmengeloladenganbaikekuitasmerekhandphoneNokiakarenabrandequitysuatuprodukdapatberubahdandapatmempengaruhiloyalitaskonsumen.DalammengelolabrandequitydapatdilakukandenganmelaluimediapromositerusmelakukaninovasiterhadapprodukdanpeningkatankualitaslayananpadaNokiaCustomerService.Selainitupenelitijugamemberikansarankepadapenelitiselanjutnyaagarmenggunakanvariabelbebasyanglaindanyanglebihbanyakuntukmengetahuipengaruhpengaruhvariabelekuitasmerekterhadapsuatuproduk.