Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia) / Dini Oktapiany

Main Author: Oktapiany, Dini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30588/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKataKunciekuitasmerekloyalitaskonsumen.Perkembanganteknologipadasaatiniberkembangcukuppesatsalahsatunyaadalahperkembangankomunikasi.Perkembangankomunikasiberkembangdarialatkomunikasiyangmenggunakanteleponkabelberalihmenjaditeleponselular(handphone)yangmemilikikeunggulandankualitasyanghampirsamadenganteleponkabelbahkanmalahmelebihiteleponkabeltersebut.Handphonemerupakanprodukyangmemilikihightechnologydenganhargayangrelativemahalsehinggadidalammelakukankeputusanpembelianmakaseorangkonsumenakanmemilikiketerlibatanyangtinggi.PerkembanganpasarHanphonediIndonesiapadasaatiniberkembangdengancukuppesathaliniditandaidengansemakinbanyaknyaprodusenhandphoneyangbermunculanyangmemasarkanproduknyasalahsatunyaadalahNokia.NokiamerupakanperusahaanHandphoneyangberasaldarinegaraFinlandia.Salahsatucaradidalammemenangkanpersainganpasaradalahdenganmenggunakanekuitasmerek.EkuitasmerekdarisebuahprodukmemilikiperananyangpentingdidalammempengaruhiloyalitaskonsumendemikianjugadenganekuitasmerekyangdimilikiolehHandphoneNokia.Ekuitasmerekmerupakanseperangkatasetyangdimilikiolehsuatumerekatauperusahaanyangakanmenjadiidentitasdarisebuahprodukatauperusahaandanhaltersebutakanmembedakannyadenganprodukpesaingyangadadipasar.Brandequityakanakanmemberikannilaitambahataulebihterhadapsebuahmerekprodukapabilaunsur-unsuryangadadidalamekuitasmerekproduktersebutdapatmewakilikarakteristikprodukdankarakteristiksegmenpasar.BerdasarkanpenjelasandiatasmakapenelititertarikmelakukanpenelitiantentangEkuitasMerek.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhEkuitasMerek(X)yangterdiridarikesadaranmerek(X1)asosiasimerek(X2)persepsikualitas(X3)danloyalitasmerek(X4)secaraparsialmaupunsimultanterhadapLoyalitasKonsumen.DalampenelitianiniteknikpengambilansampelyangdigunakanadalahrandomSamplingyaitumenentukansampelsecaraacaktanpamemperhatikanstratatertentuyangterdapatpadarespondendimanajumlahsampelyangdiambilsebanyak99orangkonsumen(mahasiswa)yangmenggunakanhandphoneNokiadiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdenganditentukandenganmenggunakanrumusSlovin.SkalayangdigunakanadalahSkalaLikertdengan5(lima)opsipilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakankuesionerdokumentasidanwawancara.PenelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisisregresilinearbergandadenganmenggunakanSPSSVersi13.00.Hasilyangdiperolehdalampenelitianinimenunjukanbahwaterdapatpengaruhyangsignifikanantarakesadaranmerek(X1)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokia.Tidakadapengaruhyangsignifikanantaraasosiasimerek(X2)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokia.Tidakadapengaruhyangsignifikanantarapersepsikualitas(X3)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokia.Terdapatpengaruhyangsignifikanantaraloyalitasmerek(X4)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokia.Terdapatpengaruhyangsignifikanantarakesadaranmerek(X1)asosiasimerek(X2)persepsikualitas(X3)danloyalitasmerek(X4)terhadaployalitaskonsumenpadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangpenggunahandphoneNokiaDarihasilyangdiperolehdaripenelitianinipenulismemberikansaranuntukperusahaanyaituagarperusahaandapatmempertahankandandapatmengeloladenganbaikekuitasmerekhandphoneNokiakarenabrandequitysuatuprodukdapatberubahdandapatmempengaruhiloyalitaskonsumen.DalammengelolabrandequitydapatdilakukandenganmelaluimediapromositerusmelakukaninovasiterhadapprodukdanpeningkatankualitaslayananpadaNokiaCustomerService.Selainitupenelitijugamemberikansarankepadapenelitiselanjutnyaagarmenggunakanvariabelbebasyanglaindanyanglebihbanyakuntukmengetahuipengaruhpengaruhvariabelekuitasmerekterhadapsuatuproduk.