Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha (studi pada dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung) / Henik Setyawati
Main Author: | Setyawati, Henik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30558/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyawatiHenik.2009.Faktor-FaktorPsikologisYangMempengaruhiKeputusanKonsumenDalamMembeliSepedaMotorYamaha(StudiPadaDealerArmadaPagoraJayaTulungagung).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.DR.H.BambangBanuSiswoyoM.M.(II)Drs.INyomanSaputraM.Si.KataKunciFaktorPsikologisKeputusanPembelianDalameraglobalisasidanpasarbebasberbagaijenisbarangdanjasadenganratusanmerekmembanjiripasardiIndonesia.Dalamusahamerebutkonsumenparapemasarakanmenghadapipersainganyangsangatketatdantajam.Banyakprodukdenganberbagaimerekyangtersediadipasarsehinggakonsumendapatdenganleluasamenentukandanmemilihprodukyangsesuaidengankebutuhan.Perhatianbesarkonsumenterhadapprodukyangdipasarkanmenjadihalpentingbagikeberhasilankegiatanpemasaran.Adabanyakfaktoryangmendasarikonsumenmembelisuatuprodukataujasa.Faktor-faktoryangmempengaruhikonsumenmempunyaiperanyangberbedauntukprodukyangberbedapula.Pemasardisinidituntutuntuklebihjelidalammengamatifaktor-faktoryangmempengaruhikeputusankonsumendalammembelisuatuproduk.Sepertihalnyaprodukataujasayanglainketikakonsumenakanmemilihproduksepedamotormerekajugadipengaruhiolehbanyakfaktor.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)kondisimotivasikonsumensepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(2)kondisipersepsikonsumensepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(3)kondisipembelajarankonsumensepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(4)kondisikeyakinandansikapkonsumensepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(5)kondisikeputusankonsumenpadasaatmembelisepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(6)pengaruhfaktorpsikologiyangmeliputimotivasipersepsipembelajaransertakeyakinandansikapsecaraparsialterhadapkeputusankonsumendalammembelisepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagungdan(7)pengaruhfaktorpsikologiyangmeliputimotivasipersepsipembelajaransertakeyakinandansikapsecarasimultanterhadapkeputusankonsumendalammembelisepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung.Variabelyangdigunakandalampenelitianiniadalahvariabelbebasyaitufaktorpsikologikonsumendengansubvariabelmotivasipersepsipembelajarankeyakinandansikap.SedangkanvariabelterikatnyaadalahkeputusanpembeliankonsumenpadaDealerArmadaPagoraJayaTulungagung.PenelitianinidilakukandiDealerArmadaPagoraJayaTulungagungpadaperiode2007.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangankorelasionalkausalitas.AnalisisdatapenelitianyangdipakaiadalahanalisisregresilinierbergandadenganmenggunakanujitdanujiFdalammengujihipotesisnya.Datapenelitiandijaringdenganmemberikankuesionerkepada110konsumenDealerArmadapagoraJayaTulungagung.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwakeputusankonsumendalammembelisepedamotorYamahadidealerArmadaPagoraJayaTulungagungdipengaruhiolehfaktor-faktorpsikologisyangmeliputimotivasipersepsipembelajaransertakeyakinandansikapbaiksecaraparsialmaupunsecarasecarasimultan.BerdasarkanhasilpenelitianinisaranyangdapatdijadikanpertimbanganmanajemenDealerArmadapagoraJayaTulungagungdalammeningkatkanpenjualannyaadalahhendaknyapihakDealerArmadaPagoraJayalebihmemperhatikanfaktor-faktorpsikologiskonsumenagardapatmeningkatkanpenjualannya.MisalnyadenganmemberikaninformasiprodukyangcukupdanpelayananyanglebihbaikkepadaparakonsumennyaagarkonsumenselalumengingatproduksepedamotorYamahadanmelakukanpembeliandiDealerArmadaPagoraJayaTulungagung.