Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha (studi pada dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung) / Henik Setyawati

Main Author: Setyawati, Henik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/30558/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetyawatiHenik.2009.Faktor-FaktorPsikologisYangMempengaruhiKeputusanKonsumenDalamMembeliSepedaMotorYamaha(StudiPadaDealerArmadaPagoraJayaTulungagung).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.DR.H.BambangBanuSiswoyoM.M.(II)Drs.INyomanSaputraM.Si.KataKunciFaktorPsikologisKeputusanPembelianDalameraglobalisasidanpasarbebasberbagaijenisbarangdanjasadenganratusanmerekmembanjiripasardiIndonesia.Dalamusahamerebutkonsumenparapemasarakanmenghadapipersainganyangsangatketatdantajam.Banyakprodukdenganberbagaimerekyangtersediadipasarsehinggakonsumendapatdenganleluasamenentukandanmemilihprodukyangsesuaidengankebutuhan.Perhatianbesarkonsumenterhadapprodukyangdipasarkanmenjadihalpentingbagikeberhasilankegiatanpemasaran.Adabanyakfaktoryangmendasarikonsumenmembelisuatuprodukataujasa.Faktor-faktoryangmempengaruhikonsumenmempunyaiperanyangberbedauntukprodukyangberbedapula.Pemasardisinidituntutuntuklebihjelidalammengamatifaktor-faktoryangmempengaruhikeputusankonsumendalammembelisuatuproduk.Sepertihalnyaprodukataujasayanglainketikakonsumenakanmemilihproduksepedamotormerekajugadipengaruhiolehbanyakfaktor.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)kondisimotivasikonsumensepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(2)kondisipersepsikonsumensepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(3)kondisipembelajarankonsumensepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(4)kondisikeyakinandansikapkonsumensepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(5)kondisikeputusankonsumenpadasaatmembelisepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung(6)pengaruhfaktorpsikologiyangmeliputimotivasipersepsipembelajaransertakeyakinandansikapsecaraparsialterhadapkeputusankonsumendalammembelisepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagungdan(7)pengaruhfaktorpsikologiyangmeliputimotivasipersepsipembelajaransertakeyakinandansikapsecarasimultanterhadapkeputusankonsumendalammembelisepedamotorYamahapadadealerArmadaPagoraJayaTulungagung.Variabelyangdigunakandalampenelitianiniadalahvariabelbebasyaitufaktorpsikologikonsumendengansubvariabelmotivasipersepsipembelajarankeyakinandansikap.SedangkanvariabelterikatnyaadalahkeputusanpembeliankonsumenpadaDealerArmadaPagoraJayaTulungagung.PenelitianinidilakukandiDealerArmadaPagoraJayaTulungagungpadaperiode2007.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangankorelasionalkausalitas.AnalisisdatapenelitianyangdipakaiadalahanalisisregresilinierbergandadenganmenggunakanujitdanujiFdalammengujihipotesisnya.Datapenelitiandijaringdenganmemberikankuesionerkepada110konsumenDealerArmadapagoraJayaTulungagung.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwakeputusankonsumendalammembelisepedamotorYamahadidealerArmadaPagoraJayaTulungagungdipengaruhiolehfaktor-faktorpsikologisyangmeliputimotivasipersepsipembelajaransertakeyakinandansikapbaiksecaraparsialmaupunsecarasecarasimultan.BerdasarkanhasilpenelitianinisaranyangdapatdijadikanpertimbanganmanajemenDealerArmadapagoraJayaTulungagungdalammeningkatkanpenjualannyaadalahhendaknyapihakDealerArmadaPagoraJayalebihmemperhatikanfaktor-faktorpsikologiskonsumenagardapatmeningkatkanpenjualannya.MisalnyadenganmemberikaninformasiprodukyangcukupdanpelayananyanglebihbaikkepadaparakonsumennyaagarkonsumenselalumengingatproduksepedamotorYamahadanmelakukanpembeliandiDealerArmadaPagoraJayaTulungagung.