Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas peserta didik di Lembaga Bimbingan Belajar Kiraku Turen / Septi Erlianti
Main Author: | Erlianti, Septi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30517/ |
Daftar Isi:
- TumbuhnyaberbagaibimbinganbelajarmenjadisatufenomenamenarikdanmenjadicatatantersendiribagiduniapendidikandiIndonesia.Ketidakpuasanterhadapkondisipembelajarandisekolahdiyakinisebagaisalahsatupenyebabtumbuhsuburnyaberbagaibimbinganbelajartersebut.Sekolahyangmemilikiotoritassebagaitempatuntukmenyelenggarakanpendidikanseringdipertanyakanperannya.HaliniadalahsalahsatumasalahyangadadalamduniapendidikandiIndonesia.Sebagaialternatifbelajardiluarsekolahbanyaksiswayangmenggantungkanharapannyapadabimbinganbelajaruntukmendapatkanmateriyangtidakdiajarkandisekolahataumengulangkembalimateriyangtelahdiajarkandisekolah.Denganadanyastandarnilaikelulusanmelaluiujuannasional(UN)semakinmenambahdayatariksiswaterhadapbimbinganbelajar.Makabanyakbermunculanbimbinganbelajaruntukmerespontantanganini.Namunkenyataannyakondisiinitidakdiiringidengankesungguhanpenyelenggarabimbinganbelajardalammemberikankualitasjasaataupelayananyangpadaakhirnyaakanberpengaruhterhadaployalitaspesertadidikyangmengikutibimbinganbelajar.Padadasarnyaloyalitaspelanggansangattergantungpadakulitasjasaataupelayanan(servicequality)yangdiberikanolehlembagayangmemasarkanprodukataujasayangmerekatawarkantermasuklembagabimbinganbelajar.Peningkatankualitasjasaakanmendorongsetiaplembagauntukmemberikanpelayananyangsebaikmungkinkepadaparapelanggannya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhdimensikualitasjasaterhadaployalitaspesertadidikdiLembagaBimbinganBelajarKIRAKUTuren.Variabelyangdiangkatdalampenelitianinimeliputidimensikualitasjasasebagaivariabelbebasdanloyalitaspesertadidiksebagaivariabelterikat.Dimensikualitasjasasebagaivariabelbebasmemilikisubvariabelyangterdiriatasbuktifisik(tangible)keandalan(reliability)dayatanggap(responsible)jaminan(assurance)danempati(empathy).PenelitianinidilakukandiLembagaBimbinganBelajarKIRAKUTurendenganrespondenparapesertadidikdiLembagaBimbinganBelajarKIRAKUTurensebagaipopulasinya.Penelitianyangdilakukantermasukpenelitiandeskriptifkorelasional.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasisehinggadatapenelitianinidiperolehdenganmenyebarkankuisionerkepadaseluruhrespondenyangberjumlah69orangyaituseluruhpesertadidiktingkatSMPdanSMAyangmengikutiLembagaBimbinganKIRAKUTuren..MetodeanalisisdatayangdigunakanuntukmengijihipotesisdalampenelitianiniadalahanalisisdeskriptifdananalisiskuantitatifdenganmenggunakananalisisregresilinearbergandaujitdanujiF.AnalisisdatadilakukandenganbantuanSPSSforWindowsVersi13dengantarafsignifikansi5%.HasilanalisismenunjukkanbahwaanalisisdeskriptifmemperlihatkanbahwadistribusifrekuensirespondenyangdominanadalahperempuantingkatkelasrespondenyangdominanadalahSMA.Padahasilanalisisregresilinearbergandaujitmenunjukkanbahwabuktifisikberpengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitaspesertadidikdengankoefisienregresi0132dansignifikansi0010.Variabelkeandalanberpengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitaspesertadidikditunjukkandengannilaikoefisienregresi0239dansignifikansi0000.Variabeldayatanggapberpengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitaspesertadidikditunjukkandengannilaikoefisienregresi0239dansignifikansi0007.Variabeljaminanberpengaruhpositifdansignifikanditunjukkandengannilaikoefisienregresi0320dansignifikansi0001.Sedangkanvariabelempatiberpengaruhnegatifdansignifikanditunjukkandengannilaikoefisienregresi-0142dannilaisignifikansi0033.UjiFmenunjukkanbahwasecarabersamasamavariabeldimensikualitasjasaberpengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitaspesertadidikditunjukkandengannilaiFsebesar23593dansignifikansi0000.Variabelyangmempunyaipengaruhdominanterhdaployalitaspesertadidikadalahvariabelkeandalanditunjukkandengannilaithitungyangpalingbesardibandingkanvariabellainyaitusebesar4012.DiketahuipulahasilregresimodelSummarybahwanilaiAdjustedRSquare0624yangartinyaproporsiperubahantotalvariabelloyalitaspesertadidikditentukanolehkeseluruhanvariabelbebasdimensikualitasjasayangterdiriatasbuktifisikkeandalandayatanggapjaminandanempatisebesar624%.Sedangkansisanyasebesar376%ditentukanolehvariabellainyangtidakditelitidalampenelitianini.Berdasarkantemuan-temuantersebutmakapenulismemberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganyaituhendaknyaLembagaBimbinganBelajarKIRAKUTurenmemberikankualitasjasayangterbaikbagiparapesertadidiknyadanlebihmemaksimalkankualitasempatiyangdiberikanpadapesertadidiknyaterutamaperhatianindividutentorkepadapesertadidik.SelainituberdasarkanmasukanjawabandarirepondenpadakuesionerLembagaBimbinganBelajarKIRAKUTurendiharapkanmenambahfasilitasfisikberuparuangbacaataurakbukuyangberisibuku-bukubacaanagarpesertadidiktidakmerasabosansaatmenunggubimbinganbelajardimulai.