Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada pembeli detergen rinso di Indomaret Kartini Blitar) / Sayidati Madhifatin Nisfi Laili

Main Author: Laili, Sayidati Madhifatin Nisfi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30436/
Daftar Isi:
  • Duniapemasaranyangsemakinkompetitifmenuntutperusahaanuntukmemilikikeunggulandayasaing.Untukdapattetapeksisdidalamprosesproduksidankontinyuitasperusahaantetapterjagakitadituntutuntuksemakinbekerjakeraspintardankreatif.Disisilainkonsumendihadapkanberbagaimacampilihanproduk.Membuatprodukyangbermutudandigemarikonsumenmerupakantantanganbagiperusahaan.Kemampuanmanajemenmeletakkanposisiprodukyangdimilikisecaratepatdipasarmerupakansalahsatufaktorpenentukesuksesansuatuprodukdipasaran.Atributprodukadalahsalahsatufaktoryangdipertimbangkanolehpembelipadasaatmembeliproduksepertihargakualitaskemasankelengkapanfungsi(fitur)desainlayananpurnajualdanlain-lain.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)atributproduk(hargamutumerekfasilitas/layananpendukungdankemasan)padadetergenRinso(2)keputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinso(3)adanyapengaruhatributproduk(hargamutumerekfasilitas/layananpendukungdankemasan)secaraparsialterhadapkeputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitar(4)adanyapengaruhatributproduk(hargamutumerekfasilitas/layananpendukungdankemasan)secarasimultanterhadapkeputusanpembelainkonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitardan(5)atributprodukyangberpengaruhdominanterhadapkeputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitar.AtributProdukyangdipakaidalampenelitianiniadalahHarga(Price)MutuMerek(Brand)Fasilitas/LayananPendukung(SupplementaryServices)danKemasan(Packaging).SedangkanvariabelterikatnyaadalahkeputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinso.PenelitianinidilakukandiIndomaretKartiniBlitarmulaiJuliAgustus2008.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptifkorelasional.AnalisisdatapenelitianyangdipakaiadalahanalisisregresilinierbergandadenganmenggunakanujitdanujiFdalammengujihipotesisnya.Datapenelitiandijaringdenganmemberikankuesionerkepada140konsumenyangmembelidetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitar.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwakeputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitardipengaruhiolehatributmutufasilitas/layananpendukungdankemasansecaraparsialdandipengaruhiatributhargamutumerekfasilitas/layananpendukungdankemasansecarasimultan.SedangkanatributproidukyangdominanmempengaruhikeputusanpembeliankonsumenkonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitaradalahkemasan.BerdasarkanhasilpenelitianinisaranyangdapatdijadikanpertimbanganbagipihakUnileversebagaiprodusendetergenRinsopertamasebaiknyaprodusenlebihmemperhatikanatributkemasandetergenRinso.HaltersebutdidasarkanatashasilpenelitianiniyangmenyebutkanbahwakemasandetergenRinsomerupakanhalyangpalingberpengaruhterhadapkeputusanpembeliankonsumen.Kemasandetergenhendaknyalebihdisesuaikandenganapayangdiharapkankonsumenkemasandibuatlebihmenariklagibentukdanukurankemasandibuatlebihbervariasidisesuaikandengankebutuhankonsumen.Misalnyakemasandibuatdalambentukbotolplastikagartidakmudahsobekdankonsumenlebihmudahdalampenggunaannyasertaisinyabisalebihtahanlamawalaupunsudahdibukadandigunakansebagian.KeduaprodusendetergenRinsosebaiknyajugamemikirkanuntukmenambahatributbaruyangdapatmenarikkonsumendanmembuatkonsumenlebihpercayaterhadapprodukdetergenRinso.Misalnyadenganmenambahatributjaminan/garansikepadakonsumenjikadetergenRinsotidakmemberikanmanfaatsesuaiyangdijanjikan.Atributbaruyangtepatdarisuatuproduktentunyaakandapatmeningkatkannilaijualsuatuprodukdantentunyaakandapatmeningkatkanpenjualansuatuproduk.