Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada pembeli detergen rinso di Indomaret Kartini Blitar) / Sayidati Madhifatin Nisfi Laili
Main Author: | Laili, Sayidati Madhifatin Nisfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30436/ |
Daftar Isi:
- Duniapemasaranyangsemakinkompetitifmenuntutperusahaanuntukmemilikikeunggulandayasaing.Untukdapattetapeksisdidalamprosesproduksidankontinyuitasperusahaantetapterjagakitadituntutuntuksemakinbekerjakeraspintardankreatif.Disisilainkonsumendihadapkanberbagaimacampilihanproduk.Membuatprodukyangbermutudandigemarikonsumenmerupakantantanganbagiperusahaan.Kemampuanmanajemenmeletakkanposisiprodukyangdimilikisecaratepatdipasarmerupakansalahsatufaktorpenentukesuksesansuatuprodukdipasaran.Atributprodukadalahsalahsatufaktoryangdipertimbangkanolehpembelipadasaatmembeliproduksepertihargakualitaskemasankelengkapanfungsi(fitur)desainlayananpurnajualdanlain-lain.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)atributproduk(hargamutumerekfasilitas/layananpendukungdankemasan)padadetergenRinso(2)keputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinso(3)adanyapengaruhatributproduk(hargamutumerekfasilitas/layananpendukungdankemasan)secaraparsialterhadapkeputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitar(4)adanyapengaruhatributproduk(hargamutumerekfasilitas/layananpendukungdankemasan)secarasimultanterhadapkeputusanpembelainkonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitardan(5)atributprodukyangberpengaruhdominanterhadapkeputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitar.AtributProdukyangdipakaidalampenelitianiniadalahHarga(Price)MutuMerek(Brand)Fasilitas/LayananPendukung(SupplementaryServices)danKemasan(Packaging).SedangkanvariabelterikatnyaadalahkeputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinso.PenelitianinidilakukandiIndomaretKartiniBlitarmulaiJuliAgustus2008.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptifkorelasional.AnalisisdatapenelitianyangdipakaiadalahanalisisregresilinierbergandadenganmenggunakanujitdanujiFdalammengujihipotesisnya.Datapenelitiandijaringdenganmemberikankuesionerkepada140konsumenyangmembelidetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitar.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwakeputusanpembeliankonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitardipengaruhiolehatributmutufasilitas/layananpendukungdankemasansecaraparsialdandipengaruhiatributhargamutumerekfasilitas/layananpendukungdankemasansecarasimultan.SedangkanatributproidukyangdominanmempengaruhikeputusanpembeliankonsumenkonsumenpadadetergenRinsodiIndomaretKartiniBlitaradalahkemasan.BerdasarkanhasilpenelitianinisaranyangdapatdijadikanpertimbanganbagipihakUnileversebagaiprodusendetergenRinsopertamasebaiknyaprodusenlebihmemperhatikanatributkemasandetergenRinso.HaltersebutdidasarkanatashasilpenelitianiniyangmenyebutkanbahwakemasandetergenRinsomerupakanhalyangpalingberpengaruhterhadapkeputusanpembeliankonsumen.Kemasandetergenhendaknyalebihdisesuaikandenganapayangdiharapkankonsumenkemasandibuatlebihmenariklagibentukdanukurankemasandibuatlebihbervariasidisesuaikandengankebutuhankonsumen.Misalnyakemasandibuatdalambentukbotolplastikagartidakmudahsobekdankonsumenlebihmudahdalampenggunaannyasertaisinyabisalebihtahanlamawalaupunsudahdibukadandigunakansebagian.KeduaprodusendetergenRinsosebaiknyajugamemikirkanuntukmenambahatributbaruyangdapatmenarikkonsumendanmembuatkonsumenlebihpercayaterhadapprodukdetergenRinso.Misalnyadenganmenambahatributjaminan/garansikepadakonsumenjikadetergenRinsotidakmemberikanmanfaatsesuaiyangdijanjikan.Atributbaruyangtepatdarisuatuproduktentunyaakandapatmeningkatkannilaijualsuatuprodukdantentunyaakandapatmeningkatkanpenjualansuatuproduk.