Pengaruh faktor psikologis terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Yamaha Mio (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universita Negeri Malang) / Hafid Irmansyah
Main Author: | Irmansyah, Hafid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30410/ |
Daftar Isi:
- DieraglobalisasidanpasarbebasiniberbagaijenisbarangdanjasadenganratusanmerekyangmembanjiripasarIndonesia.Persainganantarmereksetiapprodukakansemakintajamdalammerebutkonsumen.Bagikonsumenpasarmenyediakanberbagaipilihanprodukdanmerekyangbanyak.Konsumenbebasmemilihprodukdanmerekyangakandibelinya.Keputusanmembeliadapadadirikonsumen.Konsumenakanmenggunakanberbagaikriteriadalammembeliprodukdanmerekyangtertentu.Diantaranyamerekaakanmembeliprodukyangsesuaikebutuhanseleranyadandayabelinya.Perilakukonsumenmerupakanprosesyangmelibatkankonsumenuntukmemilihmembelimenggunakanataumeninggalkanproduk(barangataujasa)dalamrangkamemuaskankebutuhanmereka(Solomon2002).Sehinggaperilakukonsumendapatjugadisebutsuatuprosesdalammemutuskanpembeliansuatuprodukapakahmerekaakantetapbertahanpadaprodukyanglamaatauberpindahpadaprodukyanglain.Sehinggapenjualakanberusahadenganmaksimaluntukmelakukanperbaikandanpengembanganprodukuntukmempertahankanpelanggannyadanmenjadikannyapelangganyangloyal(costumerloyalty).Merosotnyakondisiperekonomianmengakibatkandayabelimasyarakatmenjadiberkurang.Halinidisebabkanparakonsumencenderungbersikaprasionaldanselektifterhadappembelianbarangyangdiinginkannyabaikkualitasprodukmaupunharganya.Disisilaindengantumbuhnyapesaing-pesaingbarumakamenuntutpihakperusahaanuntukmengambillangkahdanmenerapkanstrategiyangtepatuntukmempertahankanparapelanggannya.Untukdapatmengenalmenciptakandanmempertahankanpelangganmakastuditentangprilakukonsumensebagaiperwujudandariaktivitasjiwamanusiasangatlahpenting.Perilakukonsumenmemberikanwawasandanpengetahuantetangapayangmenjadikebutuhandasarkonsumenmengapamerekamembelidimanamerekamembelisiapayangberperandalampembeliandanfaktor-faktorapasajayangmempengaruhikonsumendalammelakukanpembeliansuatubarang.Adabanyakfaktoryangmempengaruhiprosespengambilankeputusankonsumendalammembelibarang.SepertiyangdikemukakanolehSuharto(20013)bahwaprosespengambilankeputusandipengaruhi2faktoryaitufaktorsosiokultur(kebudayaankelassosialkelompokreferensi)danfaktorPsikologis(sikappersepsimotivasidangayahidup).SedangkanprosespengambilankeputusanpembelianmemilikilimatahapansebagaimanayangdikemukakanolehKotler(2000204)yaitutahappengenalanmasalahataukebutuhantahappencarianinformasitahapevaluasialternatiftahapkeputusanpembeliandantahapperilakupascapembelian.