Pengaruh faktor psikologis terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Yamaha Mio (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universita Negeri Malang) / Hafid Irmansyah

Main Author: Irmansyah, Hafid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30410/
Daftar Isi:
  • DieraglobalisasidanpasarbebasiniberbagaijenisbarangdanjasadenganratusanmerekyangmembanjiripasarIndonesia.Persainganantarmereksetiapprodukakansemakintajamdalammerebutkonsumen.Bagikonsumenpasarmenyediakanberbagaipilihanprodukdanmerekyangbanyak.Konsumenbebasmemilihprodukdanmerekyangakandibelinya.Keputusanmembeliadapadadirikonsumen.Konsumenakanmenggunakanberbagaikriteriadalammembeliprodukdanmerekyangtertentu.Diantaranyamerekaakanmembeliprodukyangsesuaikebutuhanseleranyadandayabelinya.Perilakukonsumenmerupakanprosesyangmelibatkankonsumenuntukmemilihmembelimenggunakanataumeninggalkanproduk(barangataujasa)dalamrangkamemuaskankebutuhanmereka(Solomon2002).Sehinggaperilakukonsumendapatjugadisebutsuatuprosesdalammemutuskanpembeliansuatuprodukapakahmerekaakantetapbertahanpadaprodukyanglamaatauberpindahpadaprodukyanglain.Sehinggapenjualakanberusahadenganmaksimaluntukmelakukanperbaikandanpengembanganprodukuntukmempertahankanpelanggannyadanmenjadikannyapelangganyangloyal(costumerloyalty).Merosotnyakondisiperekonomianmengakibatkandayabelimasyarakatmenjadiberkurang.Halinidisebabkanparakonsumencenderungbersikaprasionaldanselektifterhadappembelianbarangyangdiinginkannyabaikkualitasprodukmaupunharganya.Disisilaindengantumbuhnyapesaing-pesaingbarumakamenuntutpihakperusahaanuntukmengambillangkahdanmenerapkanstrategiyangtepatuntukmempertahankanparapelanggannya.Untukdapatmengenalmenciptakandanmempertahankanpelangganmakastuditentangprilakukonsumensebagaiperwujudandariaktivitasjiwamanusiasangatlahpenting.Perilakukonsumenmemberikanwawasandanpengetahuantetangapayangmenjadikebutuhandasarkonsumenmengapamerekamembelidimanamerekamembelisiapayangberperandalampembeliandanfaktor-faktorapasajayangmempengaruhikonsumendalammelakukanpembeliansuatubarang.Adabanyakfaktoryangmempengaruhiprosespengambilankeputusankonsumendalammembelibarang.SepertiyangdikemukakanolehSuharto(20013)bahwaprosespengambilankeputusandipengaruhi2faktoryaitufaktorsosiokultur(kebudayaankelassosialkelompokreferensi)danfaktorPsikologis(sikappersepsimotivasidangayahidup).SedangkanprosespengambilankeputusanpembelianmemilikilimatahapansebagaimanayangdikemukakanolehKotler(2000204)yaitutahappengenalanmasalahataukebutuhantahappencarianinformasitahapevaluasialternatiftahapkeputusanpembeliandantahapperilakupascapembelian.