Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk Telkomflexi Trendy di Kota Malang / Taufik Arman

Main Author: Arman, Taufik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30406/
Daftar Isi:
  • Peralihanrezimtataperekonomianduniabarumenjadieraglobalisasikinitelahmenciptakankebutuhanmanusiayangtidakterbatas.Pemasaranglobaldiikutikapitalismeposmomodernmeyakinkankitaakanpersainganyangkental.Kinikonsumensemakinpandaidanprodusensemakincerdasnamunadasatucelahyangperluuntukdigarapapabilainginmenjadipemimpinpasaryaitustrategipemasaran.Ujungtombakdaristrategipemasaranadalahpromosi.Keberhasilanpromosisangatbergantungbagaimanapemasarmengemasdanmenyajikansehinggapromosiyangdisampaikandapatdilakukansecaraefektifdanefisientersampaikankepadakonsumen.Titikfinisnyaadalahpeningkatankeuntungandarikeputusankonsumenuntukmelakukanpembelianataukonsumsiprodukhinggaloyalitasuntukterusmenggunakanataumengkonsumsiproduktersebut.PentingnyaperanpromositerhadapkeputusanpembeliankonsumenmembuatpenelititertarikuntukmelakukanpenelitiandenganjudulPengaruhBauranPromosiTerhadapKeputusanPembelianProdukTELKOMFlexiTrendydiKotaMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankorelasionalyangbertujuanuntukmengetahuipengaruhbauranpromosi(X)yangterdiridariperiklanan(X1)promosipenjualan(X2)penjualanperseorangan(X3)hubunganmasyarakat(X4)danpemasaranlangsung(X5)terhadapkeputusanpembelian(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahpembelidanpenggunaTELKOMFlexiTrendydikotaMalangpadatahun2008.KemudiandenganmenggunakanrumusInfinitePopulationdaribukuBusinessStatisticsforManagementandEconomicsdiperolehjumlahsampelsebanyak207responden.AdapunteknikpengambilansampelyangdigunakanadalahaccidentalsamplingdanskalayangdigunakanadalahskalaLikertdengan5(lima)pilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakankuesionerdanwawancara.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifdanregresilinierbergandadenganmenggunakanuji-tdanuji-F.SedangkanuntukmengujikelayakanregresidilakukanujiasumsiklasikdankeseluruhananalisisinimenggunkanbantuanprogramSPSS12.0forWindows.Hasilpenelitianiniadalah(1)80responden(3865%)menyatakanbauranpromosiyangdilakukanPT.TELEKOMUNIKASIINDONESIATbk.untukprodukTELKOMFlexiTrendymelaluimediaperiklananadalahbaik(2)82responden(3961%)menyatakanbauranpromosiyangdilakukanmelaluimediapromosipenjualanadalahbaik(3)95responden(4589%)menyatakanbauranpromosiyangdilakukanmelaluimediapenjualanperseoranganadalahbaik(4)95responden(4590%)menyatakanbauranpromosiyangdilakukanmelaluimediahubunganmasyarakatadalahbaik(5)78responden(3768%)menyatakanbauranpromosiyangdilakukanmelaluimediapemasaranlangsungadalahsangatbaik.Berdasarkanhasilanalisisregresisecaraparsialvariabelperiklanan(X1)didapatkannilaithitung5743ttabel2571atausignifikant0000005yaituterdapatpengaruhyangpositifdansignifikanperiklananterhadapkeputusanpembelian.Variabelpromosipenjualan(X2)didapatkannilaithitung3287ttabel2571atausignifikansit0001005yaituterdapatpengaruhyangpositifdansignifikanpromosipenjualanterhadapkeputusanpembelian.Variabelpenjualanperseorangan(X3)didapatkannilaithitung3878ttabel2571atausignifikansit0000005yaituterdapatpengaruhyangpositifdansignifikanpenjualanperseoranganterhadapkeputusanpembelian.Variabelhubunganmasyarakat(X4)didapatkanthitung3671ttabel2571atausignifikansit0000005yaituterdapatpengaruhyangpositifdansignifikanhubunganmasyarakatterhadapkeputusanpembelian.Variabelpemasaranlangsung(X5)didapatkanthitung4348ttabel2571atausignifikansit0000005yaituterdapatpengaruhyangpositifdansignifikanpemasaranlangsungterhadapkeputusanpembelian.SedangkansecarasimultandidapatkannilaiFhitung7088Ftabel438atausignifikansiF0000005.Dengandemikianvariabelperiklanan(X1)promosipenjualan(X2)penjualanperseorangan(X3)hubunganmasyarakat(X4)danpemasaranlangsung(X5)secarasimultanberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkeputusanpembelian(Y).SumbanganEfektif(SE)yangterbesaradalahvariabelperiklananyaitusebesar1406%kemudianpemasaranlangsungsebesar858%penjualanperseorangansebesar697%hubunganmasyarakatsebesar630%danterakhirpromosipenjualansebesar511%.SelainitudiketahuiAdjustedRSquare0629yangartinyabauranpromosiberpengaruhterhadapkeputusanpembeliansebesar629%.Saranyangbisadikemukakanpenulisdarihasilpenelitianiniadalah(1)periklanansebaiknyadilakukandenganpenuhkreatifitassehinggadapatlebihmenarikkonsumen(2)promosipenjualansebaiknyaditingkatkansehinggakonsumendapatlebihloyaluntukterusmenggunakanprodukTELKOMFlexiTrendy(3)penjualanperseorangansebaiknyadiberipenangananyangkhusussehinggadapatmenjagacitraperusahaan(4)hubunganmasyarakatsebaiknyalebihdiperhatikanagarperusahaansemakindipercayaolehmasyarakat(5)pemasaranlangsungsebaiknyadijalankandenganhati-hatigunamencegahpersaingandengandistributorataupemasar.