Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen pengguna sepeda motor merek Yamaha di wilayah Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Sri Raehan

Main Author: Raehan, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2008
Online Access: http://repository.um.ac.id/30384/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRaehanSri.2008.PengaruhEkuitasMerekTerhadapKeputusanPembelian(StudiPadaKonsumenPenggunaSepedaMotorMerekYamahadiWilayahKelurahanSumbersariKecamatanLowokwaruKotaMalang).SkripsiJurusanManajemenProgramStudiS-IManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SudarmiatinM.Si.(II)Drs.DjokoDwiKusumajantoM.SiKatakunciEkuitasMerekKeputusanPembelianKonsumenPadaeraglobalisasiinimendorongparapraktisiusahauntukbertindakdenganlebihcermatdalammemasarkanproduknyaagarsesuaidengankeinginandankebutuhankonsumen.Perusahaanharusmempunyaistrategipemasaranyangtepatkarenadenganmelihatkondisisekarangbanyakperusahaansecaradrastismengubahstrategiusahadanpemasarannyauntuklebihdekatdengankonsumenmengatasiancaman-ancamanpersaingandanmemperkuatkeunggulanbersaingnya.Perusahaanmenghasilkanprodukdengankualitasmodelkarateristiktambahan(features)kualitasyangrelatifsamadapatmemilikikinerjayangberbedadipasarkarenaperbedaanpersepsidalambenakkonsumen.PembentukanpersepsitersebutdapatdilakukandenganjalanmembangunmerekTujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhekuitasmerekterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerekYamahadiwilayahkelurahanSumbersarikecamatanLowokwarukotaMalangbaiksecaraparsialmaupunsimultandanvariabelmanayangmempunyaipengaruhdominan.Penelitianinibersifatdeskriptifkorelasionalyaitupengaruhekuitasmerekterhadapkeputusanpembeliankonsumen.PopulasiyangdiambiladalahseluruhkonsumenpadapenggunasepedamotormerekYamahadiwilayahkelurahanSumbersarikecamatanLowokwarukotaMalangyangjumlahnyatakterhingga(infinitepopulation)makateknikpengambilansampelmenggunakanaccidentalsamplingdengansampelsebanyak130responden.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitiasdengansampelujicobasebanyak40responden.Datadiperolehmelaluirespondenmenggunakankuesioner/angkettertutupdandiukurmenggunakanskalaLikertdenganskalalima.Sedangkananalisisdatamenggunakanregresilinierbergandauntukmengetahuipengaruhekuitasmerekyangmeliputikesadaranmerekasosiasimerekpersepsikualitasdanloyalitasmerekterhadapkeputusanpembeliankonsumenbaiksecaraparsialmaupunsimultandanuntukmengetahuivariabelmanayangmempunyaipengaruhdominan.Hasilpenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)Kesadaranmerekmempunyainilaisigt0000lebihkecildarinilaisignifikansi(sehinggapadapeluangkesalahan5%kesadaranmerekmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerekYamahadiwilayahkelurahanSumbersarikecamatanLowokwarukotaMalangbeta296%(2)Asosiasimerekmempunyainilaisigt0036lebihkecildarinilaisignifikansi(sehinggapadapeluangkesalahan5%asosiasimerekmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerekYamahadiwilayahkelurahanSumbersarikecamatanLowokwarukotaMalangbeta153%(3)Persepsikualitasmempunyainilaisigt0000lebihkecildarinilaisignifikansi(sehinggapadapeluangkesalahan5%persepsikualitasmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerekYamahadiwilayahkelurahanSumbersarikecamatanLowokwarukotaMalangbeta301%(4)Loyalitasmerekmempunyainilaisigt0000lebihkecildarinilaisignifikansi(sehinggapadapeluangkesalahan5%loyalitasmerekmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerekYamahadiwilayahkelurahanSumbersarikecamatanLowokwarukotaMalangbeta275%.SecarasimultankeempatvariabelyaitukesadaranmerekasosiasimerekpersepsikualitasdanloyalitasmerekmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerekYamahadiwilayahkelurahanSumbersarikecamatanLowokwarukotaMalang.Selanjutnyasaran-saranyangdapatpenelitiberikanadalah(1)DiharapkanperusahaansepedamotormerekYamahadapatmembukacabangDealersepedamotormerekYamahadisekitardaerahkelurahanSumbersarikecamatanLowokwarukotaMalang.(2)PersepsikualitasmerupakanfaktoryangpalingdominanterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerekYamahadiwilayahkelurahanSumbersarikecamatanLowokwarukotaMalanguntukituunsurdalampersepsikualitasyangmeliputikualitasprodukhargarelatifterjangkaubergengsidanberkelasharusdiperhatikanolehperusahaansepedamotormerekYamahauntukmeningkatkanekuitasmereksepedamotorYamaha.(3)BagipenelitiselanjutnyadiharapkanuntukmenggunakanvariabelbebasdiluarvariabelkesadaranmerekasosiasimerekpersepsikualitasdanloyalitasmereksepertibauranpromosibrandimagepengaruhiklantelevisidanlainnyayangberhubungandengankeputusanpembeliansepedamotormerekYamaha.