Pengaruh atribut produk terhadap keputusan perpindahan merek (Brand Swithhing) Kartu seluler Indosat (Studi pada Mahasiswa S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Shohebur Rahman
Main Author: | Rahman, Shohebur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30324/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahmanShohebur.2008.PengaruhAtributProdukTerhadapKeputusanPerpindahanMerek(BrandSwitching)KartuSelulerIndosat(studipadamahasiswaSIManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang)SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EryTriDjatmikoRWWM.A.M.Si.(II)ItaPrihatiningWilujengS.E.M.M.KataKunciAtributProdukKeputusanperpindahanmerekPerkembanganteknologisertakondisiperekonomiandanperdagangansaatinimengalamikemajuanpesatyangmenyebabkanperusahaan-perusahaanberadadalampersainganyangsemakintajam.Halinidilihatdarisemakinbanyaknyaperusahaanmemproduksiprodukyangsejenisdengankegunaansamadanhargayangmudahdijangkaukonsumen.Dalamhalinimendorongperusahaanharusdapatmengembangkansuatuprodukyangsesuaidengankebutuhankonsumen.Pengembanganprodukininantinyaakandisampaikankepadakonsumenmelaluiatributprodukyaituhargamutumereklayanandangaransiyangmempengaruhikeputusankonsumenuntukmembeli.Denganadanyaperkembanganproduktersebutmakakonsumenakanmempunyaibanyakpilihan/variasiyangdapatdijadikanalternatifdalammelakukankeputusanpembelian.Danstrategipengembanganproduktersebutdapatmenciptakanperilakuvarietyseekingpadadirikonsumen.Kenyataansepertiiniternyatatelahmendorongperilakukonsumendalamproseskeputusanperpindahanmerekterhadapsejumlahproduktermasukdalammemilihsimcard(kartutelepon)PenelitianiniberusahauntukmenjelaskanbagaimanasikapkonsumenberkaitandenganatributprodukkartuselulerIndosatsertapengaruhnyaterhadapkeputusanperpindahanmerek.Penelitianinimempunyaiduavariabelyaituvariabelbebas(X)danvariabelterikat(Y).Variabelbebasdalampenelitianiniadalahatributprodukdalamhargamutumerekfasilitas/layananpendukungsedangkanvariabelterikatnyaadalahkeputusanperpindahanmerek.PopulasidalampenelitianiniadalahmahasiswaSIManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangyangmenggunakankartuselulerIndosat.Dalampenelitianinimenggunakan100sampeldarijumlahpopulasisebanyak1322responden.Teknisanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahregresiberganda(multipleregression)denganmenggunakanbantuanprogramkomputerSPSSforWindowsseri12.0.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa1)AdapengaruhpositifyangsignifikanatributprodukdalamhargaterhadapkeputusanMahasiswaSIManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalanguntukmelakukanperpindahanmerek.2)TidakadapengaruhyangsignifikanatributprodukdalammututerhadapkeputusanMahasiswaSIManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalanguntukmelakukanperpindahanmerek3)AdapengaruhyangsignifikanatributprodukdalammerekterhadapkeputusanMahasiswaSIManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalanguntukmelakukanperpindahanmerek.4)Tidakadapengaruhyangsignifikanatributprodukdalamfasilitas/layananpendukungterhadapkeputusanMahasiswaSIManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalanguntukmelakukanperpindahanmerek.5)SecarasimultanadapengaruhyangsignifikanantarahargadanmerekterhadapkeputusanMahasiswaSIManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalanguntukmelakukanperpindahanmerek.6)Hargamerupakanvariabelyangdominanmempengaruhikeputusankonsumenuntukmelakukanperpindahanmerek.HalinidisebabkanvariabelhargamemilikiSumbanganEfektif(SE)terbesaryaitu24.35%.SaranyangdapatdikemukakanberkaitandengantemuanyangdiperolehselamapenelitianadalahditujukankepadaperusahaanIndosathendaknyalebihmengembangkanAtributProdukterutamadalamhalhargadanmereksehinggakonsumenakantetapsetiadalammenggunakanproduk-produkIndosatsertakonsumentetappuasdantidaktertarikuntukberpindahkemereklainyangharganyalebihmurah.