Pengaruh iklan billboard terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild (studi pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Oki Setiawan

Main Author: Setiawan, Oki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/30318/
Daftar Isi:
  • Iklandianggapsebagaisuatumediapromosiyangefektifdanefisiendalammenjaringkonsumenmaupunmenyampaikanproduk.MediaBillboardadalahsalahsatumediaperiklanan.IklanmelaluimediaBillboardbisakitajumpaisetiapsaatkarenamediainisendiribiasanyadipasangdisepanjangpinggiranjalanrayadankarenaitulahmediainibisadigunakansebagaialatpenjaringkonsumenyangcukupefektifdanefisien.Iklansangatdibutuhkansebagaiwahanapublikasidansosialisasisebuahproduksehinggaiklandapatmempengaruhikonsumendalamkeputusanpembelian.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhiklanBillboardterhadapkeputusanpembeliankonsumenrokokSampoernaAMild.Variabelyangdiangkatdalampenelitianinimeliputiiklansebagaivariabelbebasdankeputusanpembeliansebagaivariabelterikat.PesaniklanBillboardrokokSampoernaAMildsebagaivariabelbebasmemilikisubvariabelantaralainisipesanstrukturpesanformatpesandansumberpesan.PenelitianinidilakukandiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdenganrespondenmahasiswamanajemenS1yangmasihaktifmengikutiperkuliahansebagaipopulasinya.Penelitianyangdilakukantermasukpenelitiankorelasional.Analisisdatapenelitianyangdipakaiadalahanalisisregresibergandadenganmenggunakanujitdanujifdalammengujihipotesisnya.Datapenelitianinidijaringdenganmenyebarkankuisionerkepada100sampelmahasiswamanajemenyangmasihaktifmengikutiperkuliahandiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdanmenggunakanAccidentalSampledimanaprosespengambilansampledilakukandenganpengambilansampelpadakonsumenrokokSampoernaAMildyangsecarakebetulanpenelititemui.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwakeputusanpembeliansecarasignifikandipengaruhiolehisipesan(X1)strukturpesan(X2)formatpesan(X3)sumberpesan(X4)baiksecaraindividumaupunbersama-sama.BerdasarkanhasilpenelitianinipenulismemberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganyaituhendaknyakonsumenlebihselektifdalammemilihprodukyangdiiklankanmelaluimediaBillboard.