Pengaruh iklan billboard terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild (studi pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Oki Setiawan
Main Author: | Setiawan, Oki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30318/ |
Daftar Isi:
- Iklandianggapsebagaisuatumediapromosiyangefektifdanefisiendalammenjaringkonsumenmaupunmenyampaikanproduk.MediaBillboardadalahsalahsatumediaperiklanan.IklanmelaluimediaBillboardbisakitajumpaisetiapsaatkarenamediainisendiribiasanyadipasangdisepanjangpinggiranjalanrayadankarenaitulahmediainibisadigunakansebagaialatpenjaringkonsumenyangcukupefektifdanefisien.Iklansangatdibutuhkansebagaiwahanapublikasidansosialisasisebuahproduksehinggaiklandapatmempengaruhikonsumendalamkeputusanpembelian.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhiklanBillboardterhadapkeputusanpembeliankonsumenrokokSampoernaAMild.Variabelyangdiangkatdalampenelitianinimeliputiiklansebagaivariabelbebasdankeputusanpembeliansebagaivariabelterikat.PesaniklanBillboardrokokSampoernaAMildsebagaivariabelbebasmemilikisubvariabelantaralainisipesanstrukturpesanformatpesandansumberpesan.PenelitianinidilakukandiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdenganrespondenmahasiswamanajemenS1yangmasihaktifmengikutiperkuliahansebagaipopulasinya.Penelitianyangdilakukantermasukpenelitiankorelasional.Analisisdatapenelitianyangdipakaiadalahanalisisregresibergandadenganmenggunakanujitdanujifdalammengujihipotesisnya.Datapenelitianinidijaringdenganmenyebarkankuisionerkepada100sampelmahasiswamanajemenyangmasihaktifmengikutiperkuliahandiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdanmenggunakanAccidentalSampledimanaprosespengambilansampledilakukandenganpengambilansampelpadakonsumenrokokSampoernaAMildyangsecarakebetulanpenelititemui.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwakeputusanpembeliansecarasignifikandipengaruhiolehisipesan(X1)strukturpesan(X2)formatpesan(X3)sumberpesan(X4)baiksecaraindividumaupunbersama-sama.BerdasarkanhasilpenelitianinipenulismemberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganyaituhendaknyakonsumenlebihselektifdalammemilihprodukyangdiiklankanmelaluimediaBillboard.