Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian telepon selular Nokia (Studi pada siswa MAN 1 Bungah Gresik yang menggunakan telepon selular Nokia) / Syaifudin Yuchal

Main Author: Yuchal, Syaifudin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/30305/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYuchalSyaifudin.2008.PengaruhAtributProdukTerhadapKeputusanPembelianTeleponSelularNokia(StudiPadaSiswaMAN1BungahGresikYangMenggunakanTeleponSelularNokia).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDr.EryTriDjatmikaRudijantoW.W.M.A.M.Si.PembimbingIIDrs.Moh.Arief.M.Si.KatakunciatributprodukkeputusanpembelianteleponselularNokiaTeleponseluleratauponselkinisudahmenjadibarangyanglazimdimilikibanyakorang.Kebutuhanakansaranakomunikasiyangfleksibeldanmobilemenuntuttiapindividuuntukmemilikiteleponseluler.Teknologiyangdibenamkankedalamponselpunsemakincanggihseiringkemajuanzamandankebutuhan.NokiamerupakanprodusenponselterbesardenganpangsapasarterbesardiduniamaupundiIndonesia.DidugafaktorkualitasprodukNokiayangunggulmenciptakankepuasandanmembentukbasispelangganyangkuat.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)DeskripsiprodukNokia.(2)DeskripsiMAN1BungahGresik.(3)PengaruhatributproduksecaraparsialterhadapkeputusanpembelianteleponselularNokiaolehsiswaMAN1BungahGresik.(4)PengaruhatributproduksecarasimultanterhadapkeputusanpembelianteleponselularNokiaolehsiswaMAN1BungahGresik.(5)VariabeldariatributprodukyangpalingdominanpengaruhnyaterhadapkeputusanpembelianteleponselularNokiaolehsiswaMAN1BungahGresik.Penelitianinitermasukpenelitianexplanatoryresearchdenganmenggunakanteknikanalisisregresibergandadalampenelitianiniterdapatduajenisvariabelyaitu(1)variabelbebasyangterdiridarinamamerek(X1)reputasi(X2)komunikasipemasaran(X3)garansi(X4)harga(X5)(2)variabelterikatadalahkeputusanpembeliankonsumen(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaMAN1BungahGresiksebanyak595siswasampelyangdiambilsebanyak100siswadenganpengambilanmenggunakanpurposivesampling.Penelitianinimenggunakaninstrumenyangberupaangketdanwawancara.Darihasilpenelitiandiketahuibahwa(1)Nokiaadalahprodusenteleponbergerakatauteleponseluler(ponsel)terbesardiduniadenganpangsapasarglobalsekitar36%(hinggakuartalketiga2006).NokiamemproduksiponseluntukberbagaipasardanjaringantermasukGSMCDMAdanW-CDMA(UMTS).DenganstrukturpasardiIndonesiadidominasipemakaipemuladanmasihbanyakmasyarakatyangbelummampumembelitelepongenggamNokiamenempuhstrategidisampingmengeluarkanprodukdenganteknologiterkinijugamengeluarkanprodukkategorilow-enduntukpemakaipemula.StreategiinicukupberhasildenganmengetahuifaktabahwakiniIndonesiamenjadisalahsatupasarpentingNokiadikawasanAsiaPasifik.(2)MayoritassiswaMAN1BungahGresikmeresponsiswasetujuterhadapnamamerekreputasikomunikasipemasarangaransidanhargayangadapadateleponselularNokiasertamemilikiminatyangtinggiuntukmemutuskanmembeliteleponselularNokia.(3)Adaipengaruhsignifikansiantaraatributproduk(namamerek)terhadapkeputusanpembelianteleponselularNokia.Hasilanalisisstatistikmenunjukkanbahwanamamerekmempunyaisignifikansisebesart00020050Adapengaruhsignifikansiantaraatributproduk(reputasi)terhadapkeputusanpembelianteleponselularNokia.Hasilanalisisstatistikmenunjukkanbahwareputasimempunyaisignifikansisebesart00140050Adapengaruhsignifikansiantaraatributproduk(komunikasipemasaran)terhadapkeputusanpembelianteleponselularNokia.Hasilanalisisstatistikmenunjukkanbahwakomunikasipemasaranmempunyaisignifikansisebesart00160050Adapengaruhsignifikansiantaraatributproduk(garansi)terhadapkeputusanpembelianteleponselularNokia.Hasilanalisisstatistikmenunjukkanbahwagaransimempunyaisignifikansisebesart00370050Adapengaruhsignifikansiantaraatributproduk(harga)terhadapkeputusanpembelianteleponselularNokia.Hasilanalisisstatistikmenunjukkanbahwahargamempunyaisignifikansisebesart00210050.(4)AdapengaruhsignifikansiantaraatributprodukterhadapkeputusanpembelianteleponselularNokia.Hasilanalisisstatistikmenunjukkanbahwahargamempunyaisignifikansisebesart00000050.(5)Faktoryangdominanpengaruhnyaterhadapkeputusanpembelianadalahnamamerekhaltersebutdapatdilihatpadanilaikoefisiendeterminasiparsialyangmempunyaiangkaterbesaryaitu0248.Saranyangdapatpenelitiberikanadalah(1)NamamerekmerupakanfaktordominanyangmempengaruhikeputusanpembelianteleponselularNokiaolehkarenaituharusdipertahankankeberadaannyamengingatnamamerekinimemberikanidentitasprodukdanmencerminkankualitasdariproduktersebut.(2)MengingatnamamerekmemberikanpengaruhyangbesarterhadapkeputusanpembelianteleponselularNokiamakapihakperusahaandapatmelakukanprogramperiklananyangdapatmenarikkonsumendanpelangganuntukmempertahankankesadarandanpreferensinamamerekyangtinggi.(3)Sehubungandenganpengaruhvariabelatributprodukyangterdiriatasvariabelnamamerekreputasikomunikasipemasarngaransidanhargaberpengaruhsignifikanterhadapvariabelkeputusanpembelian(Y)danmemilikipengaruhpositifmakaperusahaanjikainginterusmelakukaninovasiprodukharusmemperhatikankelimavariabelatributproduktersebutsehinggaakanmenghasilkanloyalitaspelangganterhadapprodukperusahaan.