Pengaruh reputasi auditor, reputasi underwriter, dan umur perusahaan terhadap underpricing saham pada perusahaan yang melakukan initial public offering (IPO) di BEJ tahun 2002-2006 / Ni'matu Sa'adah

Main Author: Ni'matu Sa'adah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30216/
Daftar Isi:
  • Underpricingmerupakansuatukeadaandimanahargasahamyangdiperdagangkandipasarperdanalebihrendahdibandingkanketikadiperdagangkandipasarsekunder.Underpricingdisebabkanolehasimetriinformasiantaraemitendenganunderwritermaupunantarainformedinvestordenganuninformedinvestormengenaiprospekperusahaan.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhsecaraparsialmaupunsimultanreputasiauditorreputasiunderwriterdanumurperusahaanterhadapunderpricingsahamyangdiukurdenganinitialreturn.Initialreturnpadapenelitianinidihitungberdasarkanhargapenutupansahamharipertamadipasarsekunderdikurangidenganhargasahamperdanakemudiandibagidenganhargasahamperdana.DatadalampenelitianiniadalahdatasekunderyangdiperolahdariPojokBEJUniversitasBrawijayasampelditentukandenganmetodepurposivesamplingyaituteknikpenentuansampeldenganpertimbangantertentuyangbertujuanuntukmendapatkansampelyangrepresentatif.KriteriapemilihansampeladalahperusahaanyangmelakukanInitialPublicOffering(IPO)diBEJperiode2002-2006sertamengalamiunderpricing.Sampelyangdigunakandalampenelitianinisebanyak48perusahaan.Penelitianinimenggunakananalisisregresibergandasebagaialatbantuanalisisuntukmengujihipotesis.Hasilpenelitianiniadalah(1)reputasiauditortidakmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapunderpricingsaham(2)reputasiunderwritertidakmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapunderpricingsaham(3)umurperusahaantidakmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapunderpricingsaham(4)reputasiauditorreputasiunderwriterdanumurperusahaansecarasimultantidakmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapunderpricingsaham.Saranyangdapatdiberikanberdasarkanketerbatasanpenelitianhasilpenelitiandanpembahasanadalah(1)bagipenelitiselanjutnyapenggunaanvariabel-variabellainmasihdimungkinkansepertiukuranperusahaanpresentasepemilikansahamyangditahanolehpemegangsahamlamafinancialleveragepresentasesahamyangditawarkanjenisindustrikondisipasardanprofitabilitasperusahaan.Untukvariabelreputasiauditordanunderwriterperludilakukanperankingandengandasaryanglebihvalid.KemungkinanDepartemenKeuangantelahmelakukanperankinganauditordanunderwriteryangterdaftardiBapepam(2)pelakupasarmodalatauinvestorhendaknyamemperhatikanfaktor-faktorlainselainreputasiauditorreputasiunderwriterdanumurperusahaansebagaibahanpertimbangandemikeberhasilandalammelakukaninvestasipadasaham.