Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X.3 SMAN 9 Malang) / Herlin Kusmawati

Main Author: Herlin Kusmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30190/
Daftar Isi:
  • Peningkatankualitaspembelajarandapatdilihatdariupayaseoranggurudalammenciptakaniklimpembelajaranyangkondusifantaralainpenciptaaniklimsosialkelaspenciptaaniklimsosialemosionaldanpengelolaanfisikalkelasataudengankatalainseorangguruharusmempunyaikemampuanuntukmengelolakelas(managementclassroom).Terkaitdenganhalitumakaefektivitassuatupembelajarandapatdilakukandenganmenerapkanmetodepembelajaranyanginovatifdimanasiswadituntutuntukaktifdalampembelajaran(studentoriented)siswadituntutdapatmenemukankonsep-konsepbarusiswadituntutdapatberpikirkritisdansiswadituntutdapatbekerjasama.SalahsatupenerapanmetodepembelajaranyanginovatiftersebutadalahpenerapanmetodepembelajaranThink-Pair-Share(TPS)karenadalampenerapannyasiswadiberikanwaktuuntukberpikir(Thinking)berpasangan/membentukkelompokkeciluntukmenemukanjawabanataukonsepbaru(Pairing)danmempresentasikan/mendiskusikanhasilpemikiranmerekadalamdiskusikelas(Sharing)yangdiharapkanmasing-masingsiswadapatmengemukakanpendapat.PenelitianinidilakukandiSMAN9MalangpadakelasX.3denganalasansiswakelasX.3mempunyaimotivasidanhasilbelajaryangsangatrendah.HalinidapatdilihatdarihasilobservasiyangdilakukanselamaprosesbelajarmengajarberlangsungmasihbanyaksiswayangberbicaradiluarmateripelajarandantidakfokuspadapenjelasangurumasihbanyaksiswayangmengerjakanPRdisekolahdanbelajardisekolahpadasaatakandiadakanulangan.HasilpenelitianmenunjukkansetelahditerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)motivasidanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.PadasiklusIaspekminatsebesar41%dengankategoricukup(C)danpadasiklusIIsebesar62%dengankategoribaik(B)aspekperhatianjugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar60%dengankategoricukup(C)dansiklusIIsebesar78%dengankategoribaik(B).SedangkanaspekketekunanjugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar66%dansiklusIIsebesar80%dengankategoribaik(B).HasilbelajarsiswaaspekafektifmengalamipeningkatanpadasiklusIdenganjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak27orang(70%)dansiswayangbelumtuntasdalambelajarnyasebanyak6orang(12%)padasiklusIIjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak30orang(795%)dansiswasiswayangbelumtuntasdalambelajarnyasebanyak3orang(306%).AspekkognitifjugamengalamipeningkatandarisiklusIjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak29orang(668%)dansiswasiswayangbelumtuntasdalambelajarnyasebanyak4orang(76%)padasiklusIIjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak31orang(74%)dansiswasiswayangbelumtuntasdalambelajarnyasebanyak2orang(39%).BerdasarkanhasilangketmotivasibelajaryangdiberikanpadasetiapakhirsiklusmengalamipeningkatanpadasiklusIsiswayangmenjawabyasebanyak665%dansiswayangmenjawabtidaksebanyak335%.SedangkanpadasiklusIIsiswayangmenjawabyasebanyak715%dansiswayangmenjawabtidaksebanyak285%.