Pengaruh ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching) mie instan (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Amala Sholicha
Main Author: | Amala Sholicha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30186/ |
Daftar Isi:
- Kepuasankonsumenmerupakanhalyangharusdiperhatikanolehperusahaankarenakepuasankonsumenmempunyaikonstribusiyangbesarterhadapaspek-aspekpentingdalamperusahaan.Pelangganmempunyaipilihanjikamerekatidakpuasatautidakmenyukaiapayangditawarkanperusahaanmerekadapatpergiatauberalihkeproduklain.Perusahaanharusmewaspadaitingkatkepuasanyangcukupkarenadengansemakinmenurunnyakepuasankonsumenmakakeinginankonsumenuntukberpindahmerekakansemakintinggi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhsecaraparsialdansimultanvariabelketidakpuasanterhadapkeputusanperpindahanmerek(BrandSwitching).Penelitianinimempunyai2variabelyaituvariabelindependen(X)yangterdiriataskualitas(X1)merek(X2)harga(X3)danfeatures(keistimewaan)(X4)danvariabeldependen(Y)yangterdiriataskeputusanperpindahanmerek(BrandSwitching).PenelitianinidilakukanpadaMahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkorelasionaldatadiperolehdenganmenggunakanteknikkuesionertertutup.KarenapopulasitidakdapatdiketahuisecarapastijumlahnyamakapengambiansampelmenggunakanrumusSlovindenganmenggunakanteknikAccidentalSampling.Jumlahsampelyangdiambilsebanyak98orang.AnalisisdatadigunakandenganbantuanSPSSForWindowsRelease130.Setelahdilakukanprosespengolahandatadananalisisregresibergandadiketahuihasilpenelitianmenyatakan(1)kualitasdarihasilanalisisdatadiperolehnilai10298thitung1563signifikansit0122.Halinimenunjukkankualitastidakmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanperpindahanmerek(2)merekdarihasilanalisisdatadiperolehnilai1-0339thitung-1345signifikansit0182.Halinimenunjukkanmerektidakmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanperpindahanmerek(3)hargadarihasilanalisisdatadiperolehnilai11230thitung6272signifikansit0000.Halinimenunjukkanhargamempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanperpindahanmerek(4)features(keistimewaan)darihasilanalisisdatadiperolehnilai10849thitung3862signifikansit0000.Halinimenunjukkanfeaturesmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanperpindahanmerek.Berdasarkanhasilpenelitiandiatasmakadapatdiambilkesimpulansecaraparsialhanyaada2variabelyangmenunjukkansignifikansiterhadapkeputusanperpindahanmerek(BrandSwitching)yaituvariabelhargadanfeatures(keistimewaan)sedangkanvariabelkualitasdanmerektidakadapengaruhterhadapkeputusanperpindahanmerek(BrandSwitching).Secarasimultankualitasmerekhargadanfeatures(keistimewaan)adapengaruhyangsignifikan.SedangkanSEterbesaryangmempengaruhikeputusanperpindahanmerekadalahharga.Saranyangdapatdiajukanberkaitandengantemuanyangtelahdiperolehadalah(1)Indomieharusterusmempertahankankualitasdanrasayangditawarkankarenaselamainikonsumensudahpercayadanpuasterhadapkualitasdanrasayangditawarkanjikamengalamisedikitsajaperubahanmakakonsumenakankecewadantidakmenutupkemungkinanakanmelakukanperpindahanmerek.HaltersebutdidasarkanpadahasilpenelitianiniyangmenyebutkanbahwakualitasmerupakanvariabelyangnilaikoofisienregresinyapalinglemahjadikualitasyangditawarkanolehIndomiemembutuhkanperhatianyangkhususdanseriusagarkonsumentetapsetiadantidaktertarikuntukmelakukanperpindahanmerek(2)Unsuryangberpengaruhdominanterhadapkeputusanperpindahanmerekadalahvariabelharga.KarenaitudisarankanagarIndomietetapbermaindenganhargatingginamunkualitasyangdiberikanjugaharustinggiagarmanfaatyangdiberikansesuaidenganhargayangdikenakan.Sehinggakonsumentetappuasdantidaktertarikuntukberpindahkemereklainyangharganyalebihmurah(3)Untukpenelitianselanjutnyadiharapkandapatmembahaslebihluaslagimengenanaivariabellainyangmenyebabkankonsumenmelakukanperpindahanmereksepertikebutuhanmencarivariasidanlain-lain.Karenavariabelketidakpuasandarisegikualitasmerekhargadanfeaturesberpengaruhsebesar649%terhadapkeputusanperpindahanmerekdansekitar351%nyadipengaruhivariabellainyangbelumditelitidalampenelitianini.