Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pengguna media iklan stasiun penyiaran RRI Kota Malang) / Mohammad Haris Udin
Main Author: | Mohammad Haris Udin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30164/ |
Daftar Isi:
- Seiringdenganpesatnyapertumbuhanindustriinformasidanteknologiindustrimedianampaknyajugamengalamipertumbuhanyangcukupsignifikan.Radiomerupakansalahsatumediapenyampaianpesaniklanyangbanyakdigunakan.Formatprogramyangditawarkanbiasanyamenjangkausegmen-segmenpendengartertentu.Berbicaramengenaibisnisdanpersaingantidakterlepasdariperhatianperusahaankepadapelanggannya.Perusahaanhendaknyamengubahpandangannyadariyangberorientasipadaprodukataujasakepandanganyangberorientasipadapelanggan(customeroriented).Salahsatustrategiyangdapatdigunakanolehperusahaandalammembangunloyalitaspelangganpenggunamediaiklanadalahdenganmembinadanmenjalinhubunganbaikdenganparapelangganpenggunamediaiklansehinggaperusahaandapatmemahamidanmengenalikeinginandankebutuhanakanpelanggannya.Dimanahalitudapatdilakukanolehperusahaandenganmenggunakanpemasaranrelasional(RelationshipMarketing).Faktor-faktoryangmempengaruhiRelationshipMarketing(RM)yangperludiperghatikanolehperusahaanadalahkepercayaan(X1)komunikasi(X2)dankomitmen(X3).Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhantara(1)UntukmengetahuiPelaksanaanRMdiRRIMalang(2)UntukmengetahuiLoyalitasPelangganPenggunaMediaIklanRRIMalang(3)VariabelRM(terdiridarivariabelkepercayaankomunikasidankomitmen)secaraparsialterhadaployalitaspelangganpenggunamediaiklandiRRIMalang(4)VariabelRM(terdiridarivariabelkepercayaankomunikasidankomitmen)secarasimultanterhadaployalitaspelangganpenggunamediaiklandiRRIMalang(5)VariabelRM(terdiridarivariabelkepercayaankomunikasidankomitmen)yangmemilikipengaruhdominanterhadaployalitaspelangganpenggunamediaiklandiRRIMalang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasiyangdipilihadalahseluruhPenggunaMediaIklanRRIMalangtahun2006yangdenganpopulasisebanyak33perusahaan.Teknikpengambilansampeldenganpurposivesample.Pengambilansampelpenelitianinidilakukandenganmenggunakanrumusslovindansampledalampenelitianinisebanyak30danmetodeanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresiberganda(multipleregression).Penelitianiniterdiridariduavariabelyaituvariabelbebasdanvariabelterikat.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahRMmeliputikepercayaan(X1)komunikasi(X2)dankomitmen(X3)sedangkanvariabelterikatnyaadalahLoyalitasPelangganPenggunaMediaIklanRRIMalang(Y).Hasildarianalisisyangdidapatmelaluipenyebarankuesionertertutupmenunjukkanbahwa(1)PelaksanaanRMdiRRImalangtelahberjalandenganbaik(2)LoyalitaspelangganpenggunamediaiklanRRIMalangtinggi(3)HasilpenelitianmenunjukkanbahwaTerdapatpengaruhpositifyangsignifikanvariabelRM(terdiridarivariabelkepercayaankomunikasidankomitmen)secaraparsialterhadaployalitaspelangganpenggunamediaiklanRRIMalang.(4)HasilpenelitianmenunjukkanbahwaTerdapatpengaruhpositifyangsignifikanvariabelRM(terdiridarivariabelkepercayaankomunikasidankomitmen)secarasimultanterhadaployalitaspelangganpenggunamediaiklanRRIMalang(5)HasilpenelitianmenunjukkanbahwasubvariabelkepercayaanmerupakanvariabelRM(terdiridarivariabelkepercayaankomunikasidankomitmen)yangmemilikipengaruhdominanterhadaployalitaspelangganpenggunamediaiklandiRRIMalangSaranyangdapatdirekomendasikanterkaitdenganhasilpenelitianyangdidapatkanadalah(1)RRIMalangharusmeningkatkankomitmenterhadappenggunamediaiklansehinggamampumenciptakanloyalitasbagisetiappelanggannyadenganmengedapankanvisimenjadikanRRIsebagailembagapenyiaranpublikyangindependentnetralmandiridanprofessional.(2)RRImalangharusbisamempertahankankepercayaanpelangganpenggunamediaiklandengankeunggulanjangkauanaudienceyangluasRRIMalangdapatmenambahprogramacarayangsesuaidengankeinginandankebutuhanpelangganpenggunamediaiklannya.(3)Bagipenelitilainyauntukmeneliti32%pengaruhdarivariabellainyangmempengaruhiloyalitasbagiperusahaandanpenulislainyanginginmengetahuilebihmendalamtentangvariabelyangmempengaruhiloyalitaspelangganpenggunamediaiklanRRIMalang.(4)BagiparapenelitiyangakanmelakukanpenelitiandengantemayangsamayaituRMdapatmenggalihal-halbarusebaiknyamencobadenganpenelitiankualitatifsehinggadiharapkanpembahasanyanglebihmendalamdanhasilnyaakanmendekatikebenaran.