Pengaruh stres kerja dan kepuasan gaji terhadap komitmen afektif (studi pada karyawan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office di Malang Kota) / Dewi Khoirun Ni'mah
Main Author: | Dewi Khoirun Ni'mah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30103/ |
Daftar Isi:
- Streskerjamerupakansalahsatufaktoryangdapatmenyebabkanterganggunyaoperasionalperusahaanjikakaryawanperusahaantersebuttidakmampumenanggulanginya.Manajemenharusselalumemikirkanberbagaicarauntukmencegahataumengatasiterjadinyastreskerjayangtinggi.Salahsatucarayangdapatdilakukanmanajemenialahpemberiangajiyangsesuaidenganapayangdikorbankankaryawankepadaperusahaan.Selaindimaksudkanuntukmengurangitingkatstreskerjayangakanmunculhalinijugadapatmeningkatkanloyalitaskaryawanterhadapperusahaan.Dengandemikianpadaakhirnyadiharapkankaryawanmemilikitingkatkomitmenafektifyangtinggiterhadapperusahaan.Denganartikaryawandapatmengidentifikasikandirinyadenganperusahaanmemilikitingkatloyalitasyangtinggisertamendukungsegalaprogramperusahaanuntukmencapaitujuanyangdiharapkan.Penelitianinimerupakanpenelitianlanjutandaripenelitianyangtelahada.Datayangdiperolehmenggunakanangkettertutupdenganinstrumenpenelitianyangdipakaidalampenelitianterdahuludantelahteruji.Teknikpengambilansampeldalampenelitianiniadalahmultistagesamplingataupengambilansampelsecarabertahap.TahappertamaialahpenghitunganmenggunakanrumusSlovin.Darijumlahpopulasisebanyak175orangdidapatkan63responden.Langkahselanjutnyamengkonsultasikanhasilperhitungantersebutdenganpihakperusahaanuntukmendapatkankepastiansebaransampel.Penelitininiberusahamenelitipengaruhstreskerjaterhadapkomitmenafektifmelaluikepuasangaji.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)kondisistreskerjakepuasangajidankomitmenafektifkaryawanPT.AsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficediMalangKotadalamtingkatsedang(2)terdapatpengaruhnegatifyangtidaksignifikanantaravariabelstreskerjaterhadapvariabelkepuasangajidiPTAsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficesebesar-0045(3)terdapatpengaruhnegatifyangsignifikanantaravariabelstreskerjaterhadapvariabelkomitmenafektifdiPTAsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficesebesar-0376(4)terdapatpengaruhpositifyangsignifikanantaravariabelkepuasangajiterhadapvariabelkomitmenafektifdiPTAsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficesebesar0498(5)terdapatpengaruhnegatifyangsignifikanantaravariabelstreskerjaterhadapvariabelkomitmenafektifmelaluivariabelkepuasangajidiPTAsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficesebesar-0022.Saranyangdapatdiberikanpenelitiantaralain(1)hendaknyapihakmanajemenmenerapkanmanajemenstreskerjayanglebihtepatbagikaryawannyaagardapatmenekantingkatstreskerjayangmunculmisalnyadiadakanolahragabersamaseminggusekalipemberianinformasibagaimanacarayangtepatuntukmenyelesaikanpekerjaansesuaidengantargetyangtelahditetapkan(2)hendaknyamanajemenmemperhatikanhal-halyangdapatmenimbulkanketidakpuasangajimisalnyaadministrasigajiyanglambatpengirimangajiyanglambatkerekeningkaryawanpemberiantunjanganyangsesuaidengankebutuhankaryawandansebagainya(3)untukmenaikkankomitmenafektifhendaknyamanajemenselalumeningkatkanberbagaiupayaagarkaryawanmempunyaisifatloyalterhadapperusahaanmisalnyapemberiangajiyangadilagarmunculkepuasangajiyangpadaakhirnyaakanmenimbulkanloyalitaskaryawanterhadaporganisasi(4)bagipenelitianselanjutnyahendaknyamenggunakanindikatorstreskerjayanglainnyayanglebihdapatmenjelaskankondisistreskerjayangdialamikaryawanmisalnyapenggunaanvariabelkonflikperankerancuanperanstresterkaittantangandansebagainyaagardapatmenjelaskanhubungandenganvariabellainnya(5)denganadanyapengaruhnegatifsignifikanstreskerjaterhadapkomitmenafektifhendaknyapihakperusahaanmenerapkanmanajemenstreskerjayanglebihtepatbagikaryawannyaagarstreskerjayangmuncultidakdapatmempengaruhitingkatkomitmenafektifkaryawan(6)denganadanyapengaruhpositifsignifikanantaralevelkepuasangajiterhadapkomitmenafektifmakapihakperusahaanhendaknyameningkatkanupayaagardiperolehkepuasangajiyangtinggidenganmengambiltindakankorektifagarkekuranganyangberhubungandenganrendahnyakepuasangajidapatdihindari.