Pengaruh stres kerja dan kepuasan gaji terhadap komitmen afektif (studi pada karyawan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office di Malang Kota) / Dewi Khoirun Ni'mah

Main Author: Dewi Khoirun Ni'mah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30103/
Daftar Isi:
  • Streskerjamerupakansalahsatufaktoryangdapatmenyebabkanterganggunyaoperasionalperusahaanjikakaryawanperusahaantersebuttidakmampumenanggulanginya.Manajemenharusselalumemikirkanberbagaicarauntukmencegahataumengatasiterjadinyastreskerjayangtinggi.Salahsatucarayangdapatdilakukanmanajemenialahpemberiangajiyangsesuaidenganapayangdikorbankankaryawankepadaperusahaan.Selaindimaksudkanuntukmengurangitingkatstreskerjayangakanmunculhalinijugadapatmeningkatkanloyalitaskaryawanterhadapperusahaan.Dengandemikianpadaakhirnyadiharapkankaryawanmemilikitingkatkomitmenafektifyangtinggiterhadapperusahaan.Denganartikaryawandapatmengidentifikasikandirinyadenganperusahaanmemilikitingkatloyalitasyangtinggisertamendukungsegalaprogramperusahaanuntukmencapaitujuanyangdiharapkan.Penelitianinimerupakanpenelitianlanjutandaripenelitianyangtelahada.Datayangdiperolehmenggunakanangkettertutupdenganinstrumenpenelitianyangdipakaidalampenelitianterdahuludantelahteruji.Teknikpengambilansampeldalampenelitianiniadalahmultistagesamplingataupengambilansampelsecarabertahap.TahappertamaialahpenghitunganmenggunakanrumusSlovin.Darijumlahpopulasisebanyak175orangdidapatkan63responden.Langkahselanjutnyamengkonsultasikanhasilperhitungantersebutdenganpihakperusahaanuntukmendapatkankepastiansebaransampel.Penelitininiberusahamenelitipengaruhstreskerjaterhadapkomitmenafektifmelaluikepuasangaji.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)kondisistreskerjakepuasangajidankomitmenafektifkaryawanPT.AsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficediMalangKotadalamtingkatsedang(2)terdapatpengaruhnegatifyangtidaksignifikanantaravariabelstreskerjaterhadapvariabelkepuasangajidiPTAsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficesebesar-0045(3)terdapatpengaruhnegatifyangsignifikanantaravariabelstreskerjaterhadapvariabelkomitmenafektifdiPTAsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficesebesar-0376(4)terdapatpengaruhpositifyangsignifikanantaravariabelkepuasangajiterhadapvariabelkomitmenafektifdiPTAsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficesebesar0498(5)terdapatpengaruhnegatifyangsignifikanantaravariabelstreskerjaterhadapvariabelkomitmenafektifmelaluivariabelkepuasangajidiPTAsuransiJiwasraya(Persero)MalangRegionalOfficesebesar-0022.Saranyangdapatdiberikanpenelitiantaralain(1)hendaknyapihakmanajemenmenerapkanmanajemenstreskerjayanglebihtepatbagikaryawannyaagardapatmenekantingkatstreskerjayangmunculmisalnyadiadakanolahragabersamaseminggusekalipemberianinformasibagaimanacarayangtepatuntukmenyelesaikanpekerjaansesuaidengantargetyangtelahditetapkan(2)hendaknyamanajemenmemperhatikanhal-halyangdapatmenimbulkanketidakpuasangajimisalnyaadministrasigajiyanglambatpengirimangajiyanglambatkerekeningkaryawanpemberiantunjanganyangsesuaidengankebutuhankaryawandansebagainya(3)untukmenaikkankomitmenafektifhendaknyamanajemenselalumeningkatkanberbagaiupayaagarkaryawanmempunyaisifatloyalterhadapperusahaanmisalnyapemberiangajiyangadilagarmunculkepuasangajiyangpadaakhirnyaakanmenimbulkanloyalitaskaryawanterhadaporganisasi(4)bagipenelitianselanjutnyahendaknyamenggunakanindikatorstreskerjayanglainnyayanglebihdapatmenjelaskankondisistreskerjayangdialamikaryawanmisalnyapenggunaanvariabelkonflikperankerancuanperanstresterkaittantangandansebagainyaagardapatmenjelaskanhubungandenganvariabellainnya(5)denganadanyapengaruhnegatifsignifikanstreskerjaterhadapkomitmenafektifhendaknyapihakperusahaanmenerapkanmanajemenstreskerjayanglebihtepatbagikaryawannyaagarstreskerjayangmuncultidakdapatmempengaruhitingkatkomitmenafektifkaryawan(6)denganadanyapengaruhpositifsignifikanantaralevelkepuasangajiterhadapkomitmenafektifmakapihakperusahaanhendaknyameningkatkanupayaagardiperolehkepuasangajiyangtinggidenganmengambiltindakankorektifagarkekuranganyangberhubungandenganrendahnyakepuasangajidapatdihindari.