Pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Yamaha (studi pada mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Andri Iftitah Saputra

Main Author: Andri Iftitah Saputra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/30080/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIftitahS.Andri.2007.PengaruhDiversifikasiProdukTerhadapKeputusanPembelianSepedaMotorMerkYamaha(StudiPadaMahasiswaUniversitasNegeriMalang).SkripsiJurusanManajemenKonsentrasiPemasaranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DR.SopiahM.Pd.M.M.pembimbing(II)Drs.DjokoDwiKusumajantoM.Si.Katakuncidiversifikasiprodukdankeputusanpembelian.Strategipemasaranpadadasarnyaadalahrencanayangmenyeluruhterpadudanmenyatudibidangpemasaranyangmemberikanpanduantentangkegiatanyangakandijalankanuntukdapattercapainyatujuanpemasaransuatuperusahaan.SepedamotormenempatiperanutamadalamsendikehidupanmasyarakatrisetmenunjukkanpasardiIndonesiatelahlamadiperhitungkansebagaisalahsatupasarterbesardidunia.Sejakmulaiberoperasitahun1974Yamahatelahmenghasilkanberbagaimacamprodukdantelahmemproduksilebihdari5jutaunitsepedamotor.PeluangYamahauntukmendominasipasardimasadepanterbentangluaskarenaYamahamengutamakankualitaskesempurnaanprodukinovasitanpahentitermasukaspekpelayananpadakonsumen.PenelitianinidilakukanuntukmengetahuiapakahkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahadipengaruhiolehvariabeldiversifikasikonsentrisdiversifikasihorizontaldandiversifikasisinergis.DenganmenggunakanpendekatandeskriptifkorelasionalpenelitianiniberusahauntukmenjelaskanapakahvariabeldiversifikasikonsentrisdiversifikasihorizontaldandiversifikasisinergismemilikipengaruhterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahapadamahasiswaUniversitasNegeriMalang.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhpenggunasepedamotormerkYamahapadamahasiswaUniversitasNegeriMalangteknikpengambilansampeladalahaccidentalsampling.DalammenentukanjumlahsampeldalampenelitianinimenggunakanrumusInfinitedariDanielTerreldenganhasilsebanyak73responden.Duabuahvariabeldigunakandalampenelitianiniyaituvariabelbebas(X)diversifikasiprodukyangterdiridaribeberapasubvariabelyaitudiversifikasikonsentris(X1)diversifikasihorizontal(X2)dandiversifikasisinergis(X3).Sedangkanvariabelterikatnya(Y)yaitukeputusanpembeliankonsumen.Hasilpenelitianmelaluiprosespengolahandatadiperoleh(1)adapengaruhyangpositifdansignifikanantaradiversifikasikonsentristerhadapkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahasebesar(Beta)B0151thitung2319dansigF0023.(2)adapengaruhyangpositifdansignifikanantaradiversifikasihorizontalterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahasebesar(Beta)B0218thitung2071danSigt0042.(3)adapengaruhyangpositifdansignifikanantaradiversifikasisinergisterhadapkeputusanpembeliansepedamotormerkYamahasebesar(Beta)B0333thitung3122danSigt0003.(4)secarasimultanvariabeldiversifikasikonsentrisdiversifikasihorizontaldandiversifikasisinergismemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadapKeputusanPembeliansepedamotormerkYamahadengannilaiAdjustedRsquare0213danSigF0000.(5)Variabeldiversifikasisinergis(X3)mempunyaipengaruhyangdominanterhadapkeputusanpembeliankonsumenkarenamempunyainilai946terbesaryaitu0333dannilaiSE(SumbanganEfektif)terbesaryaitu124%.Saran-saranyangdapatdikemukakansehubungdenganhasilpenelitianyangtelahdiperolehadalah(1)Perusahaanperlumelakukanpenelitianulangkembalitentangkelemahanproduk-produknyasehinggaperusahaanakanmengetahuikeluhan-keluhandarikonsumendandapatmelakukanperbaikan-perbaikanterhadapproduknya(2)Perusahaandiharapkanbekerjalebihbaiklagiyaitudengancaramengembangkanataumenambahproduk-produkbaruyangmemilikistrategiataukaitannyadenganteknologidalamhalpemasaran(3)Variabeldiversifikasihorizontaljugamenjadivariabelyangmemilikipengaruhpalingkecil.Haliniperluperhatianmelaluiperbaikan-perbaikanpadasetiapprodukYamahapenambahanfeaturessertamelakukaninovasiterhadapprodukYamahasehinggaprodukdariYamahaakansemakinlebihbaiklagi.(4)variabeldiversifikasisinergisjugamenjadivariabelyangdominandiantaravariabelyanglain.Haliniharusmenjadiperhatianperusahaanuntukdapatmemotivasiperusahaanuntuklebihbaiklagidengancaraselalumengutamakankepuasanpelanggansebagaitujuandanvisiyangmelandasikinerjaperusahaan.