Pengaruh brand image produk terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita merek Laurier (studi pada mahasiswa di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Dian Erfina Nur'aini
Main Author: | Dian Erfina Nur'aini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30067/ |
Daftar Isi:
- Padaeraglobalisasisepertisekaranginiyangditandaidenganperkembanganekonomidankemajuanteknologidisegalabidangmemunculkanpersaingandidalamduniausaha.Setiapperusahaandituntutuntukdapatmenciptakankeunggulankompetitifyangberkesinambungandalammenghadapisemakinbanyaknyaparapesaingyangbergerakdalamindustriyangsamasehinggadapatbertahanataubahkanmemenangkanpersaingangunakelangsunganhidupperusahaan.Salahsatucarauntukmeraihkeunggulankompetitifyangberkesinambunganadalahdenganmembentukbrandimage(citramerek)yangbaikdimatakonsumen.Penelitianinidilakukanuntukmengetahuipengaruhlangsungbrandimageterhadapsikapkonsumenpengaruhlangsungsikapkonsumenterhadapkeputusanpembeliandanpengaruhtidaklangsungbrandimageterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumen.Penelitianmemilikitigavariabelyaituvariabelbebasbrandimagevariabelinterveningsikapkonsumendanvariabelterikatkeputusanpembelian.Populasipenelitianinitergolonginfiniteyaitupopulasiyangtidakdiketahuidenganpastijumlahnya.Pengambilansampeldilakukandenganmenerapkanmultystagesamplingdengansampelsebanyak113responden.Instrumenpenelitianmenggunakankuesionerdananalisisnyamenggunakananalisisjalur(pathanalysis).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Terdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantarajenis-jenisasosiasimerekterhadapsikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0163(2)TerdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantaradukunganasosiasimerekterhadapsikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0292(3)TerdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantarakekuatanasosiasimerekterhadapsikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0345(4)TerdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantarakeunikanasosiasimerekterhadapsikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0270(5)TerdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantarasikapkonsumenterhadapkeputusanpembelianpembalutwanitamerekLaurierdenganpengaruhsebesar0427(6)Terdapatpengaruhsecaratidaklangsungdansignifikanantarajenis-jenisasosiasimerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0070(7)TerdapatpengaruhsecaratidaklangsungdansignifikanantaradukunganasosiasimerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0125(8)TerdapatpengaruhsecaratidaklangsungdansignifikanantarakekuatanasosiasimerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0147(9)TerdapatpengaruhsecaratidaklangsungdansignifikanantarakeunikanasosiasimerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0115.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmakasaranyangdapatdiberikanantaralain(1)Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaunsurbrandimagekhususnyavariabelkekuatanasosiasimerekmempunyaipengaruhyangpalingbesarterhadapsikapkonsumen.Olehkarenaituperusahaanharusmempertahankanbrandimageataujikadimungkinkanmeningkatkanbrandimagedengancaramenciptakanprodukdenganmengutamakankualitasyangsesuaidenganyangdinginkanolehkonsumen(2)DengansemakinketatnyapersaingandalambisnispembalutwanitamakaKaoselakuprodusenpembalutwanitamerekLaurierharustetapmenjagakonsistensimerekdanselalumengikutisetiapperubahan-perubahanyangterjadidengantetapmenjagakeunggulandankekuatanmerek.Dalamhalinidiperlukanadanyasuatumonitoringterhadapkonseppemasaranbaikitumengenaikualitasprodukinovasiprodukataupunpencariansegmenpasaryangbarusebagaisalahsatucaramencaripelangganpotensial(3)Perusahaanharusaktifmelakukanrisetdanpengembanganprodukuntukmenciptakanbentuk-bentukatauvarian-varianlainnyayangdapatmembedakannyadariprodukpesaingsupayaimagepembalutwanitamerekLauriertetapmelekatdibenakpelanggannya(4)Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasikapkonsumenhanyamemberikankontribusiyangkecilterhadapkeputusanpembelian.Olehkarenaituuntukpenelitianselanjutnyatentangbrandimagesupayalebihdifokuskandenganvariabelinterveninglainnyaselainvariabelsikapkonsumenterhadapkeputusanpembelian.