Pengaruh brand image produk terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita merek Laurier (studi pada mahasiswa di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Dian Erfina Nur'aini

Main Author: Dian Erfina Nur'aini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30067/
Daftar Isi:
  • Padaeraglobalisasisepertisekaranginiyangditandaidenganperkembanganekonomidankemajuanteknologidisegalabidangmemunculkanpersaingandidalamduniausaha.Setiapperusahaandituntutuntukdapatmenciptakankeunggulankompetitifyangberkesinambungandalammenghadapisemakinbanyaknyaparapesaingyangbergerakdalamindustriyangsamasehinggadapatbertahanataubahkanmemenangkanpersaingangunakelangsunganhidupperusahaan.Salahsatucarauntukmeraihkeunggulankompetitifyangberkesinambunganadalahdenganmembentukbrandimage(citramerek)yangbaikdimatakonsumen.Penelitianinidilakukanuntukmengetahuipengaruhlangsungbrandimageterhadapsikapkonsumenpengaruhlangsungsikapkonsumenterhadapkeputusanpembeliandanpengaruhtidaklangsungbrandimageterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumen.Penelitianmemilikitigavariabelyaituvariabelbebasbrandimagevariabelinterveningsikapkonsumendanvariabelterikatkeputusanpembelian.Populasipenelitianinitergolonginfiniteyaitupopulasiyangtidakdiketahuidenganpastijumlahnya.Pengambilansampeldilakukandenganmenerapkanmultystagesamplingdengansampelsebanyak113responden.Instrumenpenelitianmenggunakankuesionerdananalisisnyamenggunakananalisisjalur(pathanalysis).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Terdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantarajenis-jenisasosiasimerekterhadapsikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0163(2)TerdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantaradukunganasosiasimerekterhadapsikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0292(3)TerdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantarakekuatanasosiasimerekterhadapsikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0345(4)TerdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantarakeunikanasosiasimerekterhadapsikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0270(5)TerdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanantarasikapkonsumenterhadapkeputusanpembelianpembalutwanitamerekLaurierdenganpengaruhsebesar0427(6)Terdapatpengaruhsecaratidaklangsungdansignifikanantarajenis-jenisasosiasimerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0070(7)TerdapatpengaruhsecaratidaklangsungdansignifikanantaradukunganasosiasimerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0125(8)TerdapatpengaruhsecaratidaklangsungdansignifikanantarakekuatanasosiasimerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0147(9)TerdapatpengaruhsecaratidaklangsungdansignifikanantarakeunikanasosiasimerekterhadapkeputusanpembelianmelaluisikapkonsumendalammembelipembalutwanitaLaurierdenganpengaruhsebesar0115.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmakasaranyangdapatdiberikanantaralain(1)Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaunsurbrandimagekhususnyavariabelkekuatanasosiasimerekmempunyaipengaruhyangpalingbesarterhadapsikapkonsumen.Olehkarenaituperusahaanharusmempertahankanbrandimageataujikadimungkinkanmeningkatkanbrandimagedengancaramenciptakanprodukdenganmengutamakankualitasyangsesuaidenganyangdinginkanolehkonsumen(2)DengansemakinketatnyapersaingandalambisnispembalutwanitamakaKaoselakuprodusenpembalutwanitamerekLaurierharustetapmenjagakonsistensimerekdanselalumengikutisetiapperubahan-perubahanyangterjadidengantetapmenjagakeunggulandankekuatanmerek.Dalamhalinidiperlukanadanyasuatumonitoringterhadapkonseppemasaranbaikitumengenaikualitasprodukinovasiprodukataupunpencariansegmenpasaryangbarusebagaisalahsatucaramencaripelangganpotensial(3)Perusahaanharusaktifmelakukanrisetdanpengembanganprodukuntukmenciptakanbentuk-bentukatauvarian-varianlainnyayangdapatmembedakannyadariprodukpesaingsupayaimagepembalutwanitamerekLauriertetapmelekatdibenakpelanggannya(4)Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasikapkonsumenhanyamemberikankontribusiyangkecilterhadapkeputusanpembelian.Olehkarenaituuntukpenelitianselanjutnyatentangbrandimagesupayalebihdifokuskandenganvariabelinterveninglainnyaselainvariabelsikapkonsumenterhadapkeputusanpembelian.