Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R studi pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor / oleh Melati Aprilia
Main Author: | Melati Aprilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/30001/ |
Daftar Isi:
- Persainganyangterjadididuniabisnissudahsangatkompetitifdanketatdimanahalinimenyebabkantiap-tiapperusahaanharusterusbersaingagartetapdapatbertahandiduniabisnisnya.Persainganyangterjaditidakhanyadenganusaha-usahayangsejenisnamunjugadenganusaha-usahayangberpotensiuntukmemproduksibarangpengganti.Peningkatankualitasproduksangatpentingkarenapersainganyangketatmembuatkonsumendihadapkanpadaberbagaipilihanbarangmaupunjasayangdisediakanolehperusahaan.Perusahaantidakcukuphanyadenganmemproduksibarang/jasayangberkualitasdansesuaidengankeinginandankebutuhankonsumennamunhalpentingyangjugaharusdilaksanakanperusahaanadalahbagaimanamengkonsumsikanbarang/jasatersebutagardiketahuiolehmasyarakattentangkeberadaannya.Carayangditempuhperusahaanuntukmengkonsumsikanbarang/jasaadalahmelaluipromosi.Keberhasilanpromosiyangdilakukanbergantungbagaimanaprodusenmengemasnyasehinggainformasiyangdisampaikanolehperusahaantentangbarang/jasayangditawarkandapatditerimakonsumendenganbaikdandiharapkannantinyakonsumenakanmelakukanpembelian.Tujuanpenelitianinidiadakanadalahmenunjukkansejauhmanabauranpromosiberpengaruhterhadapkeputusanpembeliankonsumendenganmenggunakanpendekatandeskriptifkorelasional.PopulasipadapenelitianiniadalahkonsumenyangmembelisepedamotorHondaSupraX125RpadaDealerPT.BlitarTataIndahMotorpadabulanJanuari2006sampaidenganSeptember2006yangberjumlah317orang.SelanjutnyadenganmenggunakanrumusSlovindihasilkansampelberjumlah76responden.Teknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahaccidentalsampling.Penelitianinimenggunakanduavariabelyaituvariabelbebas(X)danvariabelterikat(Y).Bauranpromosisebagaivariabelbebasmempunyaisubvariabelperiklanan(X1)promosipenjulan(X2)danhubunganmasyarakat(X3).Keputusanpembeliansebagaivariabelterikat(Y)yangdilihatpengaruhnyadalamtarafsignifikan005.AnalisisdatadilakukandenganbantuanSPSS11.00forWindows.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)DeskripsihasilpengukuranbauranpromosidankeputusanpembeliansepedamotorHondaSupraX125RpadaDealerPT.BlitarTataIndahMotorsecarakeseluruhanrata-ratarespondenmemberikanpenilainbaikterhadapbauranpromosidankeputusanpembeliansepedamotorHondaSupraX125RpadaDealerPT.BlitarTataIndahMotor(2)terdapatpengaruhyangsignifikanantarabauranpromosiyangterdiridariperiklananpromosipenjualandanhubunganmasyarakatterhadapkeputusanpembeliansepedamotorHondaSupraX125RpadaDealerPT.BlitarTataIndahMotorbaiksecaraparsialmaupunsimultan.SecaraparsialperiklananmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembeliansepedamotorHondaSupraX125RpadaDealerPT.BlitarTataIndahMotordengannilaitsebesar4581dantingkatsignifikan0000.PromosipenjualanjugamempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembeliansepedamotorHondaSupraX125RpadaDealerPT.BlitarTataIndahMotordengannilaitsebesar4298dantingkatsignifikan0000.BegitujugadenganhubunganmasyarakatmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapkeputusanpembeliansepedamotorHondaSupraX125RpadaDealerPT.BlitarTataIndahMotordengannilaitsebesar3806dantingkatsignifikan0000(3)dariketigabauranpromosiyangterdiridariperiklananpromosipenjualandanhubunganmasyarakatyangmempunyaipengaruhpalingdominandalamkeputusanpembeliansepedamotorHondaSupraX125Radalahperiklanan.Halinidapatdiketahuidenganmelihatnilaitterbesardanpemberiansumbanganefektifterbesar.Perikananmempunyainilaittersesarsebesar4581dansumbanganefektifterbesarsebesar25%.Berdasarkanhasilpenelitiandiatasmakadapatditarikkesimpulanbahwahipotesisyangdiajukandalampemelitianiniyaituadapengaruhpositifyangsignifikanantarabauranpromosi(periklananpromosipenjualandanhubunganmasyarakat)terhadapkeputusanpembeliansepedamotorHondaSupraX125RpadaDealerPT.BlitarTataIndahMotorsecaraparsialmaupunsimultantelahterbukti.Saranyangdapatdiberikanadalah(1)PromosimelaluiperiklanansebaiknyadipertahankanataulebihbaikditingkatkankarenadarihasilpenelitiandapatterbuktibahwaperiklananmampumemberikankontribusiterbaikdalammempengaruhikeputusankonsumendalammembelisepedamotorHondaSupraX125Ryaitudengancaraposterdanspandukdibuatsemenarikmungkinsepertiwarnalebihdipertajamlagipemasanganposterdanspanduktidakhanyadipasangdidealersajamelainkanjugadipasangdijalan(2)diharapkanpadawaktuyangakandatangperusahaanseringmenjadisponsorshippadaacarayanglaintidakhanyapadaacaraKalongClubPatriakarenadenganmenjadisponsorshippengunjungatautamuyanghadirpadaacaratersebutsecaratidaklangsungakanmendapatkaninformasitentangproduk-produkyangtersediadiDealerPT.BlitarTataIndahMotor(3)pelaksanaanprogram-programyangdapatmenunjangpeningkatankualitaslayananpadasaatsebelumpembeliansampaipelayananpurnajualsepertipemberianbensingratisberapakalisaatpelangganmelakukanservispadamasagaransisehinggatercapaicustomersatisfactionakansangatmembantuperusahaandalampromosikarenapelangganyangpuasakanmenjadimediapromosiyangefektifyaitumelaluipromosidarimulutkemulut(wordofmouth)(4)DealerPT.BlitarTataIndahMotorhendaknyajugamelakukanpemasaranlangsungdanpenjualanpersonalagarjumlahpenjualanlebihmeningkatkarenaselamainidealerhanyamelakukanbauranpromosimelaluiperiklananpromosipenjualandanhubunganmasyarakat.