Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Telkom Flexi Trendy di Kota Malang / oleh Dhani Darmawan

Main Author: Dhani Darmawan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/29987/
Daftar Isi:
  • Seiringdenganberkembangnyakegiatanpemasaranduniamodernpersainganduniabisnissemakinmeningkat.Kondisiinimenuntutparapemasaruntukberfikirlebihkerasuntukmempertahankanproduknyadipasar.Berpijakpadakondisisepertiiniparapemasarmenggunakanberbagaistrategimarketingmix.Salahsatunyaadalahdenganbauranpromosiuntukmemberikaninformasipadakonsumenmengenaikeberadaanproduknyadanmempengaruhikeputusanpembeliankonsumen.DemikianpuladenganPT.TelkomKandatelMalangmenggunakanbauranpromosiyangmeliputipersonalsellingperiklananpromosipenjualanpublicrelationdirectmarketingdalammempromosikanTelkomFlexiTrendy.PenelitianinidilakukauntukmengetahuipengaruhbauranpromositerhadapkeputusanpembeliankonsumenpadaprodukTelkomFlexiTrendydiMalangselamtahun2006.Pendekatanyangdiguanakdalampenelitianiniadalahpendekatandeskriptifkorelasionaldenganrancangantersebutakandapatdiketahuiapakahadapengaruhantarabauranpromosibaiksecaraparsialmaupunsimultanterhadapkeputusanpembeliankonsumen.Penelitianinimenggunakanduavariabelyaituvariabelbebasbauranpromosi(personalsellingperiklananpromosipenjualanpublicrelationdirectmarketing)secaraberturut-turutdisebutsebagaiX1X2X3X4danX5.SedangkanvariableterikatnyaadalahkeputusanpembeliankonsumenyangdisebutsebagaiY.Populasipadapenelitianiniadalahkonsumenyangmembeli/menggunakanFlexiTrendydiMalang.Teknikpengambilansampeladalahaccidentalsamplingdenganjumlahresponden72orang.Instrumenyangdigunakanadalahangkettertutupataukuisioner.PenelitianinimenggunakananalisisregresilinearbergandadenganujihipotesismenggunakanujiFdanujit.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)AdapengruhyangsignifikanantarapersonalsellingdengankeputusanpembeliankonsumennilaiiniditunjukkandengannilaiB10063nilaibeta0133nialit2167dengantingkatsinifikansi0034.(2)AdapengruhyangsignifikanantaraperiklanandengankeputusanpembeliankonsumennilaiiniditunjukkandengannilaiB20269nilaibeta0274nialit3315dengantingkatsinifikansi0000.(3)AdapengruhyangsignifikanantaraperomosipenjualandengankeputusanpembeliankonsumennilaiiniditunjukkandengannilaiB30207nilaibeta0415nialit3959dengantingkatsinifikansi0001.(4)AdapengruhyangsignifikanantarapublicrelationdengankeputusanpembeliankonsumennilaiiniditunjukkandengannilaiB40199nilaibeta0119nialit2056dengantingkatsinifikansi0044.(5)AdapengruhyangsignifikanantaradirectmarketingdengankeputusanpembeliankonsumennilaiiniditunjukkandengannilaiB50054nilaibeta0111nialit2220dengantingkatsinifikansi0030.(6)Adapengaruh(personalsellingperiklananpromosipenjualanpublicrelationdirectmarketingsecarasimultanterhadapkeputusanpembeliankonsumenyangditunjukkandengannilaiB10063B20269B30207B40199danB50054dengannilaiF232640dengantingkatsignifikansinya0000.(7)periklananadalahvariabelyangdominanberpengaruhterhadapkeputusanpembeliankonsumenyangditunjukkandenganbetax30415.Berdasarkanpenelitianinimakasaranyangdapatdiberikanadalah(1)SebaiknyaPT.TelkomMalanglebihmeningkatkanpromosinyaatasprodukFlexiTendy(2)Personalsellingdandirectmarketinguntuklebihditingkatkanmengingatsumbanganyangdiberikankecilterhadapkeputusanpembelian(3)Periklananhendaknyadipertahankansebabamemilikisumbanganterbesar(4)lebihmeningkatkanpelayananyangdibekikandisebabkanhasilkuisioneryangbanyakmengeluhmengenaijaringan(5)UNMdapatmenggunakanbauranpromosidalammemberikaninformasiterhadapcalon-calonmahasiswabaru(6)bagipenulispenelitianinidiharapkandapatsebagaipengetahuanmengenaiduniapemasaranyangsesungguhnya.