Pengaruh komunikasi dalam organisasi terhadap kinerja karayawan melalui kepuasan kerja studi kasus pada karyawan bagian produksi Pabrik Kertas CV. Setia Kawan Tulungagung / oleh Neny Ayu Permatasari
Main Author: | Neny Ayu Permatasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29983/ |
Daftar Isi:
- Dewasainitelahbanyakorganisasiyangberdiridanberkembangsuksesbaikdalamskalakecilmaupunbesar.Organisasisendirimerupakansuatualatdimanaorang-orangmempersatukankecakapandanusahamerekauntukmencapaitujuanbersama.Seringdijumpaibahwakaryawankurangterpuaskanhatinyadalammelaksanakantugasnyakarenainformasimengenaiprosedurkerjayangdisampaikanpimpinankurangdapatdipahami.Sehinggakaryawancenderungmerasakhawatirsegandantakutdalammelaksanakantugasnya.Denganadanyaperasaan-perasaantersebutdalammelaksanakantugasmengakibatkankinerjakaryawanmenjadimenurun.Salahsatujalanuntukmengatasisemuainiadalahdengansalurankomunikasi.PenelitianinibertujuanuntukmengkajilebihmendalamtentangkomunikasidalamorganisasiyangadadiPabrikKertasCVSetiaKawanTulungagunggunameningkatkankinerjakaryawanmelaluikepuasankerja.Penelitianinimenggunakananalisisdataberupaanalisisjalur(pathanalysis)yangmerupakansuatubentukterapandarianalisisregresiberganda(multipleregressionanalysis.Tujuandarianalisisjaluriniadalahmenentukanpengaruhlangsungdantidaklangsungdiantarasejumlahvariabel.LokasipenelitianiniberadapadaPabrikKertasCVSetiaKawanTulungagungdandilaksanakansejakbulanMei2006.Subjekdaninformandalampenelitianiniadalahkaryawanbagianproduksi(sebagairesponden)dankaryawanbagianHRM.Penelitianinimempunyaivariabelbebasyaitukomunikasidalamorganisasi(X)variabelinterfeningyaitukepuasankerja(Y)danvariabelterikatyaitukinerja(Z).Dalampenelitianinidatayangdiperolehmenggunakanbeberapacaraantaralainangketataukuesionerwawancaraatauinterviewdokumentasidanobservasi.Instrumenpenelitianinimenggunakanitem-itemdaripenelitianterdahuluyangtelahterujisehinggaujicobakuesioneruntukmengujiinstrumentidakdilakukan.Sedangkanuntukujivaliditasdanreliabilitastetapdilakukanuntukmengujivaliditasdanrelibilitasdatayangdiperoleh.PopulasidalampenelitianiniadalahkaryawanbagianproduksiPabrikKertasCVSetiaKawanTulungagungyangberjumlah245orang.Sedangkansampelnyadiambilsebanyak71orangdantehnikpengambilansampelmenggunakanpurposivesampling.Hasilpenelitianmenyimpulkanbahwakeempathipotesisalternatifyangdiajukanadalahditerima.Initerdiridaripengaruhlangsungdanpengaruhtidaklangsung.Hasilpengaruhlangsungdiperoleh9460371untukkomunikasidalamorganisasiterhadapkinerja9460465untukkepuasankerjaterhadapkinerjauntukkomunikasidalamorganisasimemiliki9460708terhadapkepuasankerja.Sedangkanuntukpengaruhtidaklangsungdihasilkansebesar0329yaituhasildaripengaruhtidaklangsungkomunikasidalamorganisasiterhadapkinerjamelaluikepuasankerja.Selainituhasildaritotalpengaruhdantotalpengaruhtidaklangsungsebesar07.Penelitianinimemilikiketerbatasan-keterbatasanyangpentinguntukdiketahuiterutamauntukdigunakansebagaipertimbanganpenelitianyangselanjutnya.Keterbatasan-keterbatasanituantaralainmeskipunukuranperusahaanjikadilihatdariluarcukupbesartetapikarenatempatnyayangterpencilmenjadikanmasyarakatluasbelummengenalnyakaryawanbagianproduksiyangdigunakansebagaisampelmemilikipendidikanyangberbeda-bedasehinggamempengaruhidalampenjelasandanpengisiankuesioner.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanantaraatasandenganbawahanpadaPabrikKertasCVSetiaKawanTulungagunglebihseringmeningkatkankoordinasi(mengadakansharing)sehinggasetiapkegiatanberjalandenganbaikkarenadapatmengertiperasaandarikaryawanmulaidarimasalahpekerjaanrekansekerjasampaimasalahkesesuianupahsecaraperiodikparaatasan(direkturmanagerkapalabagian)lebihseringterjunlangsungkelapangansehinggadapatmeningkatkankepuasandankinerjapimpinanmemperhatikankeluhan-keluhandariparakaryawan.Selainitupenelitimenyarankanagarpenelitianselanjutnyadiutamakanmengambilobyekpenelitianpadaorganisasiyangbesardansudahdikenalolehmasyarakatluasselanjutnyayangdigunakanuntuksampeldisarankankaryawan-karyawanyangmemilikipendidikansetingkat.