Penerapan pembelajaran model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Khozinatul Asror

Main Author: Khozinatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/29573/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAsrorkhozinatul.2009.PenerapanPembelajaranModelRolePlayingUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranBekerjasamaDenganKolegadanPelangganSkripsiJurusanManajemenprogramstudipendidikanadinistrasiperkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiEkoSoetjiptoM.Ed.M.Si(II)ImamBuchoriS.PdKatakunciModelPembelajaranRolePlayingHasilBelajarSalahsatuupayayangharusdilakukanpemerintahuntukmemperbaikikualitaspendidikandiIndonesiahinggasaatiniadalahmelaluiperbaikankurikulum.Denganperbaikankurikulumdiharapkankualitasprosespembelajranakanmeningkatyangdiikutidenganpeningkatanhasilbelajarsiswa.Penelitianinibertijuanuntukmengetahuipenerapanmodelroleplayinguntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranbekerjasamadengankolegadanpelanggansertauntukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatdalampelaksanaanmodelroleplaying.SebagaisubjekpenelitianpenelitimemilihsiswakelasXAPKdiSMKCendikaBangsa.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangberusahamengkajidanmerefleksikansecaramendalambeberapaaspekdalamkegiatanbelajarmengajar.PenelitianiniterdiridarisiklusIdanSiklusIIyangmasing-masingsiklusdilakukandalamduakalipertemuan.Padasetiapsiklusterdiridariempattahapyaitutahapperencanaantahappelaksanaantindakantahappengamatan(obsevasi)sertatahapanalisisdanrefleksi.Hasilbelajarterdiridariaspekkognitifdenganmenganalisishasilpretesdanposttessetiapsiklus.Sedangkanaspekafektifdanpsikomotordianalisisdenganmenghitungpersentasefrekuensisetiapindikatoryangmuncul.Ketentuannilaibatasminimumketutasanbelajarsiswauntukmatapelajaranbekerjasamadengankolegadanpelangganadalah68.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprosespembelajarandapatberjalandenganefektifkarenagurutelahmelaksanakanpengelolaankelasdenganbaikdimanaskorrata-ratatotalyangdiperolehgurupadasiklusIsebesar80.5%meningkatpadasiklusIIsebesar98.1%.HasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadaaspekkognitifpersentaseketuntasanbelajarsiswapadaposttesmeningkatdisiklusIsebesar74.38%menjadi93.84%disiklusII.Padaaspekafektifnilairata-ratameningkatsecarasignifikanpadasetiapsiklusdandikatakantuntas.Sedangkanhasilbelajarpsikomotorjugameningkatsecarasignifikandandapatpuladikatakantuntas.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbahwamodelpembelajaranroleplayingdapatdigunakandalamprosesbelajarmengajarpadamatapelajaranlainsebagaialternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dukungankepalasekolahsangatdiharapkanuntukmengupayakangurusupayamemilikipengalamandalampembelajaranmodelroleplaying.Kepadapenelitiselanjutnyadisarankanagarmelibatkanpakarroleplayingdalammelakukanpenelitiantindakankelaslebihlanjut.