Penerapan pembelajaran model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Khozinatul Asror
Main Author: | Khozinatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29573/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAsrorkhozinatul.2009.PenerapanPembelajaranModelRolePlayingUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranBekerjasamaDenganKolegadanPelangganSkripsiJurusanManajemenprogramstudipendidikanadinistrasiperkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiEkoSoetjiptoM.Ed.M.Si(II)ImamBuchoriS.PdKatakunciModelPembelajaranRolePlayingHasilBelajarSalahsatuupayayangharusdilakukanpemerintahuntukmemperbaikikualitaspendidikandiIndonesiahinggasaatiniadalahmelaluiperbaikankurikulum.Denganperbaikankurikulumdiharapkankualitasprosespembelajranakanmeningkatyangdiikutidenganpeningkatanhasilbelajarsiswa.Penelitianinibertijuanuntukmengetahuipenerapanmodelroleplayinguntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranbekerjasamadengankolegadanpelanggansertauntukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatdalampelaksanaanmodelroleplaying.SebagaisubjekpenelitianpenelitimemilihsiswakelasXAPKdiSMKCendikaBangsa.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangberusahamengkajidanmerefleksikansecaramendalambeberapaaspekdalamkegiatanbelajarmengajar.PenelitianiniterdiridarisiklusIdanSiklusIIyangmasing-masingsiklusdilakukandalamduakalipertemuan.Padasetiapsiklusterdiridariempattahapyaitutahapperencanaantahappelaksanaantindakantahappengamatan(obsevasi)sertatahapanalisisdanrefleksi.Hasilbelajarterdiridariaspekkognitifdenganmenganalisishasilpretesdanposttessetiapsiklus.Sedangkanaspekafektifdanpsikomotordianalisisdenganmenghitungpersentasefrekuensisetiapindikatoryangmuncul.Ketentuannilaibatasminimumketutasanbelajarsiswauntukmatapelajaranbekerjasamadengankolegadanpelangganadalah68.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprosespembelajarandapatberjalandenganefektifkarenagurutelahmelaksanakanpengelolaankelasdenganbaikdimanaskorrata-ratatotalyangdiperolehgurupadasiklusIsebesar80.5%meningkatpadasiklusIIsebesar98.1%.HasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadaaspekkognitifpersentaseketuntasanbelajarsiswapadaposttesmeningkatdisiklusIsebesar74.38%menjadi93.84%disiklusII.Padaaspekafektifnilairata-ratameningkatsecarasignifikanpadasetiapsiklusdandikatakantuntas.Sedangkanhasilbelajarpsikomotorjugameningkatsecarasignifikandandapatpuladikatakantuntas.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbahwamodelpembelajaranroleplayingdapatdigunakandalamprosesbelajarmengajarpadamatapelajaranlainsebagaialternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dukungankepalasekolahsangatdiharapkanuntukmengupayakangurusupayamemilikipengalamandalampembelajaranmodelroleplaying.Kepadapenelitiselanjutnyadisarankanagarmelibatkanpakarroleplayingdalammelakukanpenelitiantindakankelaslebihlanjut.