Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire 17 pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar) / Fira Dila Mia Anggita
Main Author: | Anggita, Fira Dila Mia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29448/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKAnggitaMiaDilaFira.2019.PengembanganMediaPembalajaranBerbasisLectoraInspire17PadaMataPelajaranKorespondensiUntukMeningkatkanHasilBelajar(StudipadaPesertaDidikKelasXOtomatisasidanTataKelolaPerkantorandiSMKNegeri2Blitar).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.H.SutrisnoM.MKataKunciMediaPembelajaranLectoraInspire17KorepondensiHasilBelajarMediapembelajaranyangdikembangkandalampenelitianiniberupamediapembelajaranberbasisLectoraInspire17.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranKorespondensidiperolehinformasibahwaaktivitaspembelajarandiSMKNegeri2Blitarmasihmenggunakanmediapowerpointsaja.Pengembanganmediapembelajaraninibertujuanuntuk(1)menghasilkanprodukberupamediapembelajaranyanginteraktifdanlayakyaitumediapembelajaranberbasisLectoraInspire17padamatapelajaranKorespondensikompetensidasarMenganalisisPembuatanSuratNiagapadapesertadidikkelasXOtomatisasidanTataKelolaPerkantorandiSMKNegeri2Blitar(2)mengetahuiperbedaanhasilbelajarpesertadidikyangtelahmenggunakanmediapembelajaranberbasisLectoraInspire17danyangtidakmenggunakanmediapembelajaranmelaluiujit-testIndependentSamplepadamatapelajaranKorespondensikompetensidasarMenganalisisPembuatanSuratNiagapadapesertadidikkelasXOtomatisasiTataKelolaPerkantorandiSMKNegeri2Blitar.PenelitianinimerupakanjenispenelitianResearchandDevelopment(RD).ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodelpenelitianBorgGalldenganlangkah-langkahyangtelahdisesuaikandengankebutuhanlapangandanbataswaktuyangdiberikansekolahyaitu(1)Penelitiandanpengumpulaninformasi(2)Perencanaan(3)Pengembangandesainprodukawal(4)Ujicobaprodukawal(5)Revisihasilujicoba(6)UjiLapanganProdukUtama(7)RevisiProdukFinal(8)UjiCobaLapangan.Dalampenelitianinimenggunakanduakelasyaitu(1)Kelaskontrol(kegiatanpembelajaranmelaluipenyampaianmateridaribukucetak)dan(2)KelasEksperimen(kegiatanpembelajaranmenggunakanmediapembelajaranberbasisLectoraInspire17).Sumberdatadalampenelitianinididapatkandarihasilpengisianangketvalidasiahlimediaahlimateridanangketresponpengguna(pesertadidik)terhadapmediapembelajaransertanilaiposttestdanketrampilanpesertadidikkelaskontroldankelaseksperimen.Berdasarkanhasilvalidasiolehahlimateridiperolehhasilsebesar9789%yangdinyatakansangatvalidsedangkanhasilvalidasiolehahlimediasebesar9636%yangdinyatakansangatvalid.Sedangkanhasilujicobalapanganawalatauujicobakelompokterbatasyangtelahdilakukanmemperolehhasilsebesar8583%yangdinyatakansangatvalid.Setelahmelaksanakanpembelajaranpadaiikelaskontroldankelaseksperimendiperolehrata-ratanilaiposttestranahkognitifuntukkelaskontrolsebesar7722danuntukkelaseksperimensebesar8720.Danuntukhasilpraktiknilaipsikomotorikkelaskontrolsebesar8552dankelaseksperimensebesar8951.JadiberdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranberbasisLectoraInspire17dapatdinyatakanlayakdanefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.SaranpengembanganlebihlanjuttentangpengembanganmediapembelajaranberbasisLectoraInspire17yaitu(1)pengembanganprodukinihanyasebataspadakompetensidasarmenganalisissuratniagadalamkorepondensisebaiknyapenelitianselanjutnyamencakupmateridankompetensidasaryanglain(2)produkyangdikembangkanberupamediaofflinedalamsegisoallatihandisarankanagarmemanfaatkanmediaonlinesepertie-Learningyangdapatmenghubungkannilaiyangdicapaiolehpesertadidikdenganemailguruagardapatmemudahkangurudalampengecekankeberhasilanbelajarpesertadidik.