Penerapan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran humas dan keprotokolan (studi pada peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung) / Ari Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Ari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/29447/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKRahmawatiAri.2019.PenerapanMetodePembelajaranDemonstrasiUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidikMataPelajaranHumasDanKeprotokolan(StudiPadaPesertaDidikKelasXIIAdministrasiPerkantoranSMKNegeri1BoyolanguTulungagung).SkripsiProgramStudiPendidikanAdministrasiPerkantoranJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.H.MohammadAriefM.Si.KataKunciMetodeDemonstrasiHasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurumatapelajaranAdministrasiPerkantorandiperolehinformasibahwagurumasihmenggunakanmetodeceramah.Selainituhasilbelajarpesertadidikmasihrendah.Penelitimemilikisolusiyangdapatditerapkangurumelaluimetodepembelajarandemonstrasi.Tujuanpenelitianiniyaitu(1)UntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranDemonstrasipesertadidikkelasXIIAdministrasiPerkantoranSMKNegeri1BoyolanguTulungagungpadamatapelajaranHumasdanKeprotokolan(2)UntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarpesertadidikkelasXIIAdministrasiPerkantoran3SMKNegeri1BoyolanguTulungagung.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdengansubjek40pesertadidikkelasXIIAPK.Analisisdatamelaluitahapreduksidatapaparandatadanpenyimpulanhasilanalisis.Setiapsikluspenelitianiniterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Hasilpenelitianiniyaitu(1)PenerapanmetodepembelajarandapatdilaksanakansesuaidenganRPP(2)PenerapanmetodepembelajarandemonstrasidapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikpadasiklusIrata-ratapresentasekeberhasilan8871%danpadasiklusII9123%.Kesimpulanpenelitianiniyaitu(1)PenerapanmodelpembelajarandemonstrasipadamatapelajaranHumasdanKeprotokolandikelasXIIAdministrasiPerkantoran3SMKNegeri1BoyolanguTulungagungdilaksanakanbaiksesuaiRPP(2)Penerapanmetodepembelajarandemonstrasidapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikbaikpadaaspekkognitifmaupunpsikomotorik.Saranyangdapatdiberikanyaitu(1)Bagigurumodelpembelajarandemonstrasidapatdijadikanalternatifdalammelaksanakankegiatanbelajarmengajar(2)Bagipesertadidikdiharapkandapatmengikutipembelajarandenganlebihaktif(3)Bagipenelitiselanjutnyadapatdijadikansebagaibahanreferensi.