Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring pro pada mata pelajaran otomatisasi dan tata kelola kepegawaian untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI Ploso Jombang) / Nur Aini Syadiah

Main Author: Syadiah, Nur Aini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/29432/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANSyadiahNurAini.2018.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisIspringPropadaMataPelajaranOtomatisasidanTataKelolaKepegawaianuntukMeningkatkanHasilBelajar(StudipadaPesertaDidikKelasXIOtomatisasidanTataKelolaPerkantoranSMKPGRIPlosoJombang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.H.MohammadAriefM.SiKatakuncipengembanganmediamediapembelajaranispringprohasilbelajarMediapembelajaranmerupakanalatbantuyangdigunakanuntukmenyampaikanmateripembelajarandanmembantumenambahpemahamanpesertadidikdalammenerimamateripembelajaran.Perkembanganteknologiinformasidankomunikasimemberikankontribusiterhadapduniapendidikan.Pemanfaatanteknologiinformasidankomunikasidalambidangpendidikandapatdilakukandengancaramengembangkanmediapembelajaran.PenelitimengembangkanmediapembelajaranberbasisispringpropadamatapelajaranOtomatisasidanTataKelolaKepegawaiansebagaimediapembelajaranalternatifyangdapatmembantupesertadidikdalambelajarsecaramandiridanmenambahpemahamanpesertadidikdalammempelajarimateripembelajaran.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah(1)untukmenghasilkanprodukberupamediapembelajaranberbasisispringpropadamatapelajaranOtomatisasidanTataKelolaKepegawaiankompetensidasarmenguraikanDaftarUrutKepangkatan(DUK)pegawaipadapesertadidikkelasXIprogramkeahlianOtomatisasidanTataKelolaPerkantoran(2)untukmengetahuitingkatkelayakanmediapembelajaranberbasisispringprodenganmelakukanvalidasimediayangdilakukanolehahlimediaahlimateridanpengguna(3)untukmengetahuiperbedaanhasilbelajarpesertadidikyangmenggunakanmediapembelajaranberbasisispringprodenganpesertadidikyangtidakmenggunakanmediapembelajaranberbasisispringpro.PenelitiandanpengembangandilakukandenganmenggunakanmodelpenelitianBorgandGallyangdimodifikasidandisesuaikandengankebutuhanpenelitiandanpengembangankeadaandilapangandanbiaya.Penelitiandanpengembanganinimenggunakansembilanlangkahyaitu(1)penelitiandanpengumpulaninformasi(2)perencanaan(3)desainproduk(4)validasidesain(5)revisidesain(6)ujicobaterbatas(7)revisiproduk(8)ujicobapemakaiandan(9)hasilakhir.Validasimediapembelajarandilakukanolehduaahlimateriduaahlimediadansembilanpesertadidik.Jenisdatayangdigunakandalampenelitiandanpengembanganiniadalahdatakuantitatifdandatakualitatif.Datakuantitatifdiperolehdariperhitunganskorpadalembarvalidasisedangkandatakualitatifdiperolehdarikritikdansaranyangterdapatpadalembarvalidasi.Hasilinstrumenvalidasiahlimaterimemperolehskor87%validasiahlimediamemperolehskor98%danujicobaterbataspadapesertadidikmemperolehskor90%sehinggamediapembelajarandinyatakansangatvaliddandapatdigunakantanpaperbaikan.Setelahmelaksanakankegiatanpembelajaranpadakelaseksperimendankelaskontroldiperolehnilairata-ratahasilbelajarkelasiieksperimensebesar7421denganstandardeviasisebesar497.Nilairata-ratakelaskontrolsebesar6925denganstandardeviasisebesar821.Hasilanalisisujitmenunjukanbahwanilaithitungttabel(28962009)denganprobabilitas005(0006005)makaHoditolak.Artinyaterdapatperbedaanhasilbelajarpesertadidikkelaseksperimendankelaskontrolyangsignifikan.Kajianprodukdaripenelitiandanpengembanganiniadalah(1)produkyangdihasilkandalampenelitiandanpengembanganiniberupamediapembelajaranberbasisispringpropadamatapelajaranOtomatisasidanTataKelolaKepegawaiankompetensidasarmenguraikanDaftarUrutKepangkatan(DUK)pegawai(2)hasilvalidasiolehahlimateriahlimediadanpesertadidikmenunjukankriteriasangatvalid(3)berdasarkanhasilbelajarpesertadidikterdapatperbedaanrata-ratahasilbelajarkelaseksperimendankelaskontrol.Saranpemanfaatanmediabagiguruyaituagargurumenggunakanmediapembelajaranberbasisispringprosebagaialatbantuuntukmenyampaikanmateripelajarandalamkegiatanpembelajaran.Saranbagipesertadidikyaituagarpesertadidikmenggunakanmediapembelajaransebagaisumberbelajar.