Pengembangan modul mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi media promosi pemasaran (studi pada kelas XI Kompetensi Keahlian Adper di SMK PGRI Turen Malang) / Novita Nanda Marini

Main Author: Marini, Novita Nanda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/29409/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKMariniNovita.N.2019.PengembanganModulProdukKreatifdanKewirausahaanBerbasisGuidedInquiryUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidikPadaMateriMediaPromosiPemasaranKelasXIAdministrasiPerkantoranSMKPGRITuren.SkripsiProgramStudiPendidikanAdministrasiPerkantoranJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingYuliAgustinaS.Pd.S.E.M.M.KataKuncimodulguidedinquiryhasilbelajarPendidikanmemegangperananpentinguntukpesertadidikdalamprosespembelajaransehinggadibutuhkankretaifitasdariseoranggurudalammengajar.Salahsatunyayaitudenganmenggunakanbahanajaryangberupamodul.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah(1)MenghasilkanmodulProdukKreatifdanKewirausahaanberbasisGuidedInquiryuntukpesertadidikSMKKelasXIprogramkeahlianAdministrasiPerkantoran.(2)MengetahuikelayakanmodulpembelajaranProdukKreatifdanKewirausahaanberbasisGuidedInquirymelaluihasilvalidasi.(3)MengetahuiperbedaanhasilbelajarantarapesertadidikkelaskontrolyangtidakmenggunakanmoduldenganpesertadidikkelaseksperimenyangmenggunakanmodulmatapelajaranProdukKreatifdanKewirausahaanberbasisGuidedInquiry.PenelitianpengembanganinimenggunakanrancanganmodelBorgandGalldenganlangkah-langkah(1)Analisiskebutuhan(2)Penyusunandraftproduk(3)Validasiahlimateridanahlimodul(4)Revisidraftproduk(5)Ujicobaproduk(6)Revisiproduk(7)Ujipemakaianproduk(8)Penyempurnaanproduk(9)Produkakhirdanpembuatanmasterproduk.SubjekpenelitianmodulyangdikembangkandivalidasiolehsatuorangdosenprogramstudiPendidikanAdministrasiPerkantoranUniversitasNegeriMalangsebagaiahliModulPembelajaran.DuaoranggurumatapelajaranProdukKreatifdanKewirausahaandiSMKPGRITurensebagaiahliMateridan6orangpesertadidikKelasXIAdministrasiPerkantoransebagaisubjekujicobakelompokkecil.Hasildaripenelitiandanpengembanganmenunjukkan(1)Hasilvalidasiahlimodulahlimateridanpesertadidikpadaujicobaterbatasmenunjukkankriteriasangatvalidsehinggamodullayakdigunakan.(2)Hasilbelajarmenunjukkanrata-ratapesertadidikkelaseksperimenlebihbesardaripesertadidikkelaskontrol.(3)Nilairata-ratakelaseksperimenadalah836dannilairata-ratakelaskontroladalah778artinyaterdapatperbedaanantarakelaseksperimendankelaskontrolsehinggamodulefektifdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Berdasarkanhasilpenelitianyangdidapatkanmakasaranyangdapatpenelitiberikanadalah(1)Bagigurudisarankanuntukmenggunakanmodulsebagaipendukungkegiatanpembelajarandanmendalamimateriyangterdapatpadamodul(2)Bagipesertadidiksebaiknyamempelajarimodulsebelummelakukanpembelajaranagarmemahamilangkah-langkahyangadadenganbaik.