Pengembangan modul mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi media promosi pemasaran (studi pada kelas XI Kompetensi Keahlian Adper di SMK PGRI Turen Malang) / Novita Nanda Marini
Main Author: | Marini, Novita Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29409/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKMariniNovita.N.2019.PengembanganModulProdukKreatifdanKewirausahaanBerbasisGuidedInquiryUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidikPadaMateriMediaPromosiPemasaranKelasXIAdministrasiPerkantoranSMKPGRITuren.SkripsiProgramStudiPendidikanAdministrasiPerkantoranJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingYuliAgustinaS.Pd.S.E.M.M.KataKuncimodulguidedinquiryhasilbelajarPendidikanmemegangperananpentinguntukpesertadidikdalamprosespembelajaransehinggadibutuhkankretaifitasdariseoranggurudalammengajar.Salahsatunyayaitudenganmenggunakanbahanajaryangberupamodul.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah(1)MenghasilkanmodulProdukKreatifdanKewirausahaanberbasisGuidedInquiryuntukpesertadidikSMKKelasXIprogramkeahlianAdministrasiPerkantoran.(2)MengetahuikelayakanmodulpembelajaranProdukKreatifdanKewirausahaanberbasisGuidedInquirymelaluihasilvalidasi.(3)MengetahuiperbedaanhasilbelajarantarapesertadidikkelaskontrolyangtidakmenggunakanmoduldenganpesertadidikkelaseksperimenyangmenggunakanmodulmatapelajaranProdukKreatifdanKewirausahaanberbasisGuidedInquiry.PenelitianpengembanganinimenggunakanrancanganmodelBorgandGalldenganlangkah-langkah(1)Analisiskebutuhan(2)Penyusunandraftproduk(3)Validasiahlimateridanahlimodul(4)Revisidraftproduk(5)Ujicobaproduk(6)Revisiproduk(7)Ujipemakaianproduk(8)Penyempurnaanproduk(9)Produkakhirdanpembuatanmasterproduk.SubjekpenelitianmodulyangdikembangkandivalidasiolehsatuorangdosenprogramstudiPendidikanAdministrasiPerkantoranUniversitasNegeriMalangsebagaiahliModulPembelajaran.DuaoranggurumatapelajaranProdukKreatifdanKewirausahaandiSMKPGRITurensebagaiahliMateridan6orangpesertadidikKelasXIAdministrasiPerkantoransebagaisubjekujicobakelompokkecil.Hasildaripenelitiandanpengembanganmenunjukkan(1)Hasilvalidasiahlimodulahlimateridanpesertadidikpadaujicobaterbatasmenunjukkankriteriasangatvalidsehinggamodullayakdigunakan.(2)Hasilbelajarmenunjukkanrata-ratapesertadidikkelaseksperimenlebihbesardaripesertadidikkelaskontrol.(3)Nilairata-ratakelaseksperimenadalah836dannilairata-ratakelaskontroladalah778artinyaterdapatperbedaanantarakelaseksperimendankelaskontrolsehinggamodulefektifdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Berdasarkanhasilpenelitianyangdidapatkanmakasaranyangdapatpenelitiberikanadalah(1)Bagigurudisarankanuntukmenggunakanmodulsebagaipendukungkegiatanpembelajarandanmendalamimateriyangterdapatpadamodul(2)Bagipesertadidiksebaiknyamempelajarimodulsebelummelakukanpembelajaranagarmemahamilangkah-langkahyangadadenganbaik.