Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi (studi pada kelas X Program studi Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang) / Tafdlila Auliya Nura Ashriyanti

Main Author: Ashriyanti, Tafdlila Auliya Nura
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/29393/
Daftar Isi:
  • iiABSTRAKAshriyantiTafdlilaAuliyaNura.2018.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisAdobeFlashuntukMeningkatkanHasilbelajarPesertaDidikpadaMataPelajaranKorespondensiStudiPadaKelasXProgramStudiAdministrasiPerkantorandiSMKNegeri1MalangJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HenyKusdiyantiS.Pd.M.M.KataKunciMediaPembelajaranAdobeFlashHasilBelajarMediapembelajaranmerupakansalahsatufaktorpentingdalamkegiatanbelajarmengajar.Karenadengandigunakannyamediapembelajaranyangsesuaidantepatdenganmateripelajaranmakadapatmembantupendidikdalammenyampaikanmaterisekaligusjugamembantupesertadidikdalammemahamimateriyangdisampaikanolehpendidik.Karenamengingatsemakinmajunyajamanmakailmupengetahuanteknologidankomunikasi(IPTEK)punikutsemakinberkembang.Makadariitudengankemajuanilmupengetahuanteknologidankomunikasi(IPTEK)tersebutperludimaksimalkandalampenggunaanmediakhususnyadalamduniapendidikan.SalahsatumatapelajaranyangdiajarkandiSMKNegeri1Malanginiyaitukorespondensi.PengembanganmediapembelajaraninteraktifuntukmatapelajarankorespondensiyangdilakukandiSMKNegeri1Malanginimemilikitujuanyaitumenghasilkanmediapembelajaranyanginteraktifgunamembantupendidikdalammenyampaikanmateridanmembantudalammeningkatkanhasilbelajarpesertadidikdalammatapelajarankorespondensi.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdansekaligusjugatermasukdalamjenispenelitianpengembanganyangmanamenggunakanprosedurpengembanganmodel4D(Thiagarajandkk19746)denganmelaluiempattahapyaitu(1)define(mendefinisikan)(2)design(merancang)(3)develop(mengembangkan)dan(4)disseminate(menyebarluas-kan).Jenisdatayangnantinyaakandiperolehdalampenelitianiniyaitukuantitatifdankualitatifsedangkaninstrumentpengumpulandatayangdigunakanadalahangkettes/soaldanwawancara.Untukteknikanalisisyangdigunakanyaituanalisisstatistikdeskriptifyangmananantinyavalidatormediadanmaterimemberikanpenilaiansecarakuantitatifdankualitatif.Sebelumdilakukannyavalidasidanujicobaterlebihdahulupenelitimengkonsultasikankepadadosenpembimbing.SetelahdidapatmasukanmakadilakukanlahrevisipadamediasetelahdirasacukupbarudilakukanvalidasimateriyangmanadibantuolehIbuHj.AinaNiawatyS.PdselakugurumatapelajarankorespondensidiSMKNegeri1Malangdanmenghasilkanpersentasesebesar90.28%.DilanjutkandenganvalidasimediayangdilakukanolehBapakJokoSamudraS.Kom.M.Tmenghasilanpersentasesebesar92.19%.Setelahdilakukanvalidasimateridanmediadandidapatihasilbahwamediasudahlayakdilanjutkanlagidengandilakukannyaujicobaterbatasyangmanadalampelaksanaannyadibantuoleh6(enam)siswadarikelasXOTKP3danXOTKP1danmengahasilkanpersentasesebesar88.83%.SetelahdilakukaniiujicobaterbatasdilanjutkandenganujicobaluasyangdilaksanakandikelasXOTKP3(kelaseksperimen)danmengahasilkanpersentasesebesar92.63%.Darisemuahasilvalidasidanujicobadapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranyangdikembangkansudahdapatdikatakanvalidataulayakuntukdipergunakan.KesimpulandaripenelitianiniyaitumediapembelajaraninteraktifberbasisAdobeFlashinimampumeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.Haltersebutterlihatdarihasilpre-testdanpost-testantarakelaskontroldankelaseksperimen.Rata-ratapost-testkelaskontrolyaitu88.78sedangkanpadakelaseksperimenmemilikirata-ratasebesar90.29.Saranpenggunaanyaitusebelummenggunakanmediainiterlebihdahulubacabukupetunjukdandalampengoperasiannyaharustetapdibawahbimbinganpendidik.