Analisis kompetensi pedagogik guru dalam mengaktualisasikan komunikasi dengan peserta didik (studi pada guru program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Ainul Yaqin

Main Author: Yaqin, Ainul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/29375/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYaqinAinul.2018.AnalisisKompetensiPedagogikGurudalamMengaktualisasikanKomunikasiDenganPesertaDidik(StudiPadaGuruProgramKeahlianOtomatisasidanTataKelolaPerkantorandiSMKNegeri1TurenKabupatenMalang).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.H.SutrisnoM.M.KataKunciKompetensiPedagogikGuruKomunikasiKompetensipedagogikmerupakankemampuanmengelolapembelajaranpesertadidikuntukmengaktualisasikanberbagaipetensiyangdimiliki.Salahsatukomponenkompetensipedagogikadalahkomunikasigurudenganpesertadidikyangmenekankanpadatigaaspekkomunikasiyaitukomunikasiyangefektifempatidansantun.Komunikasitersebutsangatpentinguntukterlaksanakanyaprosesbelajarmengajarkarenakomunikasiyangharusdibangunolehguruadalahkomunikasiyangdapatmrngubahsikapdanperilakuanakdidikmenjadilebihbaik.Komunikasiyangtidakberjalandenganbaikakanmenjadikanprosesbelajarmengajartidakdapatberjalandenganoptimal.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmengetahuikompetensipedagogikguruprogramkeahlianOtomatisasidanTataKelolaPerkantorandiSMKNegeri1TurenKabupatenMalangdalammenyelenggarakanprosespembelajarankepadapesertadidiknyadenganmenguasaikomunikasiyangefektifempatidansantun.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Informandalampenelitianiniadalahgurudanpesertadidik.Datapenelitianberupapaparankomunikasiyangefektifempatidansantunyangdilakukangurudenganpesertadidiknya.Pengumpulandatadilakukandengateknikobservasiwawancaradandokumentasi.Untukmenjagakeabsaandatadilakukandengankegiatantriangulasisumberdata.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahappenelaahdataindentifikasidatadantahapevaluasidata.Berdasarkanhasilanalisisdiperolehkesimpulan(1)Penyelenggaraankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudenganpesertadidiksecaraefektifsudahcukupbaik.Haliniterlihatdaribanyaknyaindikatorprosesbelajarmengajaryangmenunjukanupayaguruuntukmelakukankomunikasiyangefektifwalaupunmasihditemukanbeberapakelemahansepertiadanyaketerlambatangurudalammelaksanakanprosesbelajarmengajartanpapemberitahuandanpemberiantugassehinggasituasikelasmenjaditidakkondusif.Kurangnyaupayagurudalampengelolaakelaskhususnyasebagaipengendalipenerapanmetodekelompokyangterlihatdarisikapguruyangmembiarkanseorangsiswayangterdiamtanpabergabungdengankelompoknyauntukmengerjakantugaskelompok.(2)Penyelenggarankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudenganpesertadidiksecaraempatimasihperluditingkatkanterutamaperhatiaanpadasiswayangdapatmeningkatkandanmemahamikondisisiswa.(3)GuruprogramkeahlianOtomatisasidanTataKelolaPerkantorandiSMKNegeri1TurenKabupatenMalangsudahbaikdalammenyelengarakankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudanpesertadidiksecarasantun.Karenagurutelahmenerapkankomunikasisantunbaikdariperilakusopanbahasayanglugasdansopanmaupunmemperhatikantatakramadanetikayangberlaku.