Analisis kompetensi pedagogik guru dalam mengaktualisasikan komunikasi dengan peserta didik (studi pada guru program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Ainul Yaqin
Main Author: | Yaqin, Ainul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29375/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYaqinAinul.2018.AnalisisKompetensiPedagogikGurudalamMengaktualisasikanKomunikasiDenganPesertaDidik(StudiPadaGuruProgramKeahlianOtomatisasidanTataKelolaPerkantorandiSMKNegeri1TurenKabupatenMalang).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.H.SutrisnoM.M.KataKunciKompetensiPedagogikGuruKomunikasiKompetensipedagogikmerupakankemampuanmengelolapembelajaranpesertadidikuntukmengaktualisasikanberbagaipetensiyangdimiliki.Salahsatukomponenkompetensipedagogikadalahkomunikasigurudenganpesertadidikyangmenekankanpadatigaaspekkomunikasiyaitukomunikasiyangefektifempatidansantun.Komunikasitersebutsangatpentinguntukterlaksanakanyaprosesbelajarmengajarkarenakomunikasiyangharusdibangunolehguruadalahkomunikasiyangdapatmrngubahsikapdanperilakuanakdidikmenjadilebihbaik.Komunikasiyangtidakberjalandenganbaikakanmenjadikanprosesbelajarmengajartidakdapatberjalandenganoptimal.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmengetahuikompetensipedagogikguruprogramkeahlianOtomatisasidanTataKelolaPerkantorandiSMKNegeri1TurenKabupatenMalangdalammenyelenggarakanprosespembelajarankepadapesertadidiknyadenganmenguasaikomunikasiyangefektifempatidansantun.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Informandalampenelitianiniadalahgurudanpesertadidik.Datapenelitianberupapaparankomunikasiyangefektifempatidansantunyangdilakukangurudenganpesertadidiknya.Pengumpulandatadilakukandengateknikobservasiwawancaradandokumentasi.Untukmenjagakeabsaandatadilakukandengankegiatantriangulasisumberdata.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahappenelaahdataindentifikasidatadantahapevaluasidata.Berdasarkanhasilanalisisdiperolehkesimpulan(1)Penyelenggaraankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudenganpesertadidiksecaraefektifsudahcukupbaik.Haliniterlihatdaribanyaknyaindikatorprosesbelajarmengajaryangmenunjukanupayaguruuntukmelakukankomunikasiyangefektifwalaupunmasihditemukanbeberapakelemahansepertiadanyaketerlambatangurudalammelaksanakanprosesbelajarmengajartanpapemberitahuandanpemberiantugassehinggasituasikelasmenjaditidakkondusif.Kurangnyaupayagurudalampengelolaakelaskhususnyasebagaipengendalipenerapanmetodekelompokyangterlihatdarisikapguruyangmembiarkanseorangsiswayangterdiamtanpabergabungdengankelompoknyauntukmengerjakantugaskelompok.(2)Penyelenggarankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudenganpesertadidiksecaraempatimasihperluditingkatkanterutamaperhatiaanpadasiswayangdapatmeningkatkandanmemahamikondisisiswa.(3)GuruprogramkeahlianOtomatisasidanTataKelolaPerkantorandiSMKNegeri1TurenKabupatenMalangsudahbaikdalammenyelengarakankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudanpesertadidiksecarasantun.Karenagurutelahmenerapkankomunikasisantunbaikdariperilakusopanbahasayanglugasdansopanmaupunmemperhatikantatakramadanetikayangberlaku.