Pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Boyolangu Tulungagung) / Ana Rahayu

Main Author: Rahayu, Ana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/29373/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKRahayuAna.2017.PengembanganMediaPembelajaranSparkolVideoscribepadaMataPelajaranKorespondensiuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiPadaSiswaKelasXAdministrasiPerkantoranSMKN1BoyolanguTulungagung).SkripsiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.INyomanSuputraM.SiKataKunciMediaPembelajaranSparkolVideoscribeKorespondensi.Korespondensimerupakansalahsatudarikonsepmatapelajaranyangmembutuhkantingkatpemahamtertentudansulituntukdisampaikandenganbahasaverbal.Olehsebabitudibutuhkansuatumediauntukmenampilkancontohmerangsangsemangatkeaktifansiswadalammemahamimaterisehinggahasilbelajarmerekameningkat.SparkolVideoscribemerupakansebuahmediapembelajaranvideoanimasiyangterdiridarirangkaingambaryangdisusunmenjadisebuahvideoutuh.SparkolVideoscribememilikikeunikantersendiriyaitumampumembuatilustrasiyangmenggambarkanpetakonsepseperticatatanyangdibuatgurudipapantulis.Dengankarakteristikyanguniksparkolvideoscribemampumenyajikankontenpembelajarandenganmemadukangambarsuaradandesainyangmenariksehinggasiswamampumenikmatiprosespembelajaran.Penelitianiniadalahpenelitianpengembanganmenggunakanmetodepenelitiandanpengembangandengansepuluhlangkahsistematis.Mediapembelajaraninidilengkapidengantombolinteraktifuntukmenujuhalamantertentu.MediameliputimaterisuratniagasuratpromosipenjualansuratpermintaanpenawaransuratpenawaranuntukkelasXAdministrasiPerkantoranyangtelahdinyatakanvaliddanefektif.MediapembelajaranKorespondensiinitelahdivalidasiolehahlimateridanahlimediasertadiujicobakankepadasiswakelasXAPK1diSMKN1BoyolanguTulungagungmelaluiujikelayakandankeefektifanmedia.Presentasevaliditasdariahlimaterisebesar8571%danmateridinyatakansangatvalidvaliditasdariahlimediasebesar8854%danujicobapenggunaansebesar9355%yanghasilkeduanyamenyatakanmediasangatvaliduntukdigunakan.Mediapembelajarandinyatakandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadibuktikandengannilairata-ratapretestkelasXAPK2(kelaskontrol)yaitu4454%lebihtinggidarikelasXAPK1(kelasekperimen)yaitu4210%.Setelahprosespembelajarandenganperlakuanberbedapadamasing-masingkelasdiperolehhasilbelajarsiswapadapersentasenilairata-rataposttestkelasXAPK1(kelaseksperimen)yaitu8410%lebihtinggidibandingkankelasXAPK2(kelaskontrol)yaitu7967%.Sesuaihasilselisihnilaiposttestdenganpretesttersebutdiperolehhasilangkakenaikannilaipadakelaseksperimenyaitu4200%dankelaskontrolyaitu3513%.Sehinggadapatdikatakanangkakenaikankelaseksperimenlebihtinggidarikelaskontroldenganselisihkenaikanangka687%.