Pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Boyolangu Tulungagung) / Ana Rahayu
Main Author: | Rahayu, Ana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29373/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKRahayuAna.2017.PengembanganMediaPembelajaranSparkolVideoscribepadaMataPelajaranKorespondensiuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiPadaSiswaKelasXAdministrasiPerkantoranSMKN1BoyolanguTulungagung).SkripsiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.INyomanSuputraM.SiKataKunciMediaPembelajaranSparkolVideoscribeKorespondensi.Korespondensimerupakansalahsatudarikonsepmatapelajaranyangmembutuhkantingkatpemahamtertentudansulituntukdisampaikandenganbahasaverbal.Olehsebabitudibutuhkansuatumediauntukmenampilkancontohmerangsangsemangatkeaktifansiswadalammemahamimaterisehinggahasilbelajarmerekameningkat.SparkolVideoscribemerupakansebuahmediapembelajaranvideoanimasiyangterdiridarirangkaingambaryangdisusunmenjadisebuahvideoutuh.SparkolVideoscribememilikikeunikantersendiriyaitumampumembuatilustrasiyangmenggambarkanpetakonsepseperticatatanyangdibuatgurudipapantulis.Dengankarakteristikyanguniksparkolvideoscribemampumenyajikankontenpembelajarandenganmemadukangambarsuaradandesainyangmenariksehinggasiswamampumenikmatiprosespembelajaran.Penelitianiniadalahpenelitianpengembanganmenggunakanmetodepenelitiandanpengembangandengansepuluhlangkahsistematis.Mediapembelajaraninidilengkapidengantombolinteraktifuntukmenujuhalamantertentu.MediameliputimaterisuratniagasuratpromosipenjualansuratpermintaanpenawaransuratpenawaranuntukkelasXAdministrasiPerkantoranyangtelahdinyatakanvaliddanefektif.MediapembelajaranKorespondensiinitelahdivalidasiolehahlimateridanahlimediasertadiujicobakankepadasiswakelasXAPK1diSMKN1BoyolanguTulungagungmelaluiujikelayakandankeefektifanmedia.Presentasevaliditasdariahlimaterisebesar8571%danmateridinyatakansangatvalidvaliditasdariahlimediasebesar8854%danujicobapenggunaansebesar9355%yanghasilkeduanyamenyatakanmediasangatvaliduntukdigunakan.Mediapembelajarandinyatakandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadibuktikandengannilairata-ratapretestkelasXAPK2(kelaskontrol)yaitu4454%lebihtinggidarikelasXAPK1(kelasekperimen)yaitu4210%.Setelahprosespembelajarandenganperlakuanberbedapadamasing-masingkelasdiperolehhasilbelajarsiswapadapersentasenilairata-rataposttestkelasXAPK1(kelaseksperimen)yaitu8410%lebihtinggidibandingkankelasXAPK2(kelaskontrol)yaitu7967%.Sesuaihasilselisihnilaiposttestdenganpretesttersebutdiperolehhasilangkakenaikannilaipadakelaseksperimenyaitu4200%dankelaskontrolyaitu3513%.Sehinggadapatdikatakanangkakenaikankelaseksperimenlebihtinggidarikelaskontroldenganselisihkenaikanangka687%.