Pengembangan media pembelajaran power point berbasis science approach pada mata pelajaran Kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Blitar) / Wiwin Windarti

Main Author: Windarti, Wiwin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/29322/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKWindartiWiwin.2018.PengembanganMediaPembelajaranPowerPointBerbasisScientificApproachPadaMataPelajaranKearsipanUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa.SkripsiJurusanManajemenProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingLuluNurulIstantiS.E.M.M.Ak.KataKunciMediapembelajaranpowerpointscientificapproachhasilbelajar.BerdasarkanobservasiyangdilakukandiSMKNegeri2BlitarkhususnyapadamatapelajaranKearsipandijurusanAPterdapatbeberapapermasalahanyangberkaitandenganprosespembelajaran.Masalahnyayaitupadasaatprosespembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramahsehinggasiswamasihcenderungpasif.Selainitumediayangadatidakdimanfaatkandenganbaikhalinimengakibatkanperhatiansiswasaatpembelajaranberlangsungsangatlemahdanpadaakhirnyaberpengaruhburukpadahasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntuk(1)memenuhikebutuhanmediapembelajarandiSMKNegeri2Blitar(2)menghasilkanprodukmediapembelajaranberbasisPowerPointsebagaisaranapembelajaranpadamatapelajaranKearsipan(3)meningkatkanhasilbelajarsiswakelasXAPdiSMKNegeri2Blitar.PenelitianyangdilakukandiSMKNegeri2BlitarinitermasukjenispenelitianpengembangandenganmenggunakanmodelresearchanddevelopmentBorgGallyangterdiridari10langkahyaitu(1)Potensidanmasalah(2)Pengumpulandata(3)Desainproduk(4)Validasidesain(5)Revisidesain(6)Ujicobaproduk(7)Revisiproduk(8)Ujicobapemakaian(9)Revisiproduk(10)Produksimasal.Berdasarkanhasilpenilaiandariahlimediaahlimateridanujicobakelompokkecilmediapembelajarantelahmemenuhikriteriavaliddanlayakdigunakansertamediapembelajaranmampumeningkatkanhasilbelajaryangdapatdilihatdariperbandinganpeningkatannilaiantarakelaseksperimendankelascontrol.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanbagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitiantentangpengembanganmediabaikvisualaudiomaupunaudiovisualpadapengajaranmatapelajaranyangsamaataumatapelajaranlainnyaditempatyangberbedauntukmengembangkanmediapembelajaranyangkreatifdaninovatifdalamproseskegiatanbelajarmengajar.