Pengembangan media pembelajaran power point berbasis science approach pada mata pelajaran Kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Blitar) / Wiwin Windarti
Main Author: | Windarti, Wiwin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29322/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKWindartiWiwin.2018.PengembanganMediaPembelajaranPowerPointBerbasisScientificApproachPadaMataPelajaranKearsipanUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa.SkripsiJurusanManajemenProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingLuluNurulIstantiS.E.M.M.Ak.KataKunciMediapembelajaranpowerpointscientificapproachhasilbelajar.BerdasarkanobservasiyangdilakukandiSMKNegeri2BlitarkhususnyapadamatapelajaranKearsipandijurusanAPterdapatbeberapapermasalahanyangberkaitandenganprosespembelajaran.Masalahnyayaitupadasaatprosespembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramahsehinggasiswamasihcenderungpasif.Selainitumediayangadatidakdimanfaatkandenganbaikhalinimengakibatkanperhatiansiswasaatpembelajaranberlangsungsangatlemahdanpadaakhirnyaberpengaruhburukpadahasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntuk(1)memenuhikebutuhanmediapembelajarandiSMKNegeri2Blitar(2)menghasilkanprodukmediapembelajaranberbasisPowerPointsebagaisaranapembelajaranpadamatapelajaranKearsipan(3)meningkatkanhasilbelajarsiswakelasXAPdiSMKNegeri2Blitar.PenelitianyangdilakukandiSMKNegeri2BlitarinitermasukjenispenelitianpengembangandenganmenggunakanmodelresearchanddevelopmentBorgGallyangterdiridari10langkahyaitu(1)Potensidanmasalah(2)Pengumpulandata(3)Desainproduk(4)Validasidesain(5)Revisidesain(6)Ujicobaproduk(7)Revisiproduk(8)Ujicobapemakaian(9)Revisiproduk(10)Produksimasal.Berdasarkanhasilpenilaiandariahlimediaahlimateridanujicobakelompokkecilmediapembelajarantelahmemenuhikriteriavaliddanlayakdigunakansertamediapembelajaranmampumeningkatkanhasilbelajaryangdapatdilihatdariperbandinganpeningkatannilaiantarakelaseksperimendankelascontrol.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanbagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitiantentangpengembanganmediabaikvisualaudiomaupunaudiovisualpadapengajaranmatapelajaranyangsamaataumatapelajaranlainnyaditempatyangberbedauntukmengembangkanmediapembelajaranyangkreatifdaninovatifdalamproseskegiatanbelajarmengajar.