Penerapan model pembelajaran kooperatif debat untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan (studi pada siwa kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dinar Prihatin Ningrat
Main Author: | Ningrat, Dinar Prihatin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29312/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKNingratD.P.2018.PenerapanModelPembelajaranKooperatifDebatuntukMeningkatkanKeterampilanBerbicaradanHasilBelajarSiswa(StudipadaSiswaKelasXIProgramStudiAdministrasiPerkantoran2DiSMKNegeri1Pasuruan).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SarbiniM.Pd.KataKuncimodelpembelajarankooperatifdebatketerampilanberbicaradanhasilbelajar.HasildariobservasiyangdilakukandisekolahSMKNegeri1PasuruanpadaMataPelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolankelasXIAPK2diketahuigurucenderungmasihmenerapkankomunikasisatuarahataumenerapkanmetodekonvensional(ceramah)memberikanmaterikesiswasehinggagurulebihdominandansiswahanyamendengarkanpenjelasangurutanpamemberikantimbalbalikatauresponmengenaiapayangtelahdisampaikanguru.Padasaatkegiatandiskusimengenaimaterimengidentifikasikegiataninternalataueksternalpublicrelationyangdilakukanolehsiswajugacenderungdidominasiolehsiswatertentusajasedangkansiswayanglainlebihmemilihdiamdankurangaktifmerekamasihkurangpercayadiridalammengungkapkangagasanidepikiranperasaanbantahanpersetujuanmaupunpendapatnyasaatberdiskusidanpadasaatulanganhariandilakukansehingarata-ratahasilbelajarsiswamasihbanyakyangdibawahKKM.MelihatpermasalahanyangterjadimakapenelitimemilikisolusiuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganpenerapanmodelpembelajaranKooperatifDebat.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)penerapanmodelpembelajaranKooperatifDebatpadaMataPelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolankelasXIAPK2SMKNegeri1Pasuruan.(2)keterampilanberbicarasiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranKooperatifDebatpadaMataPelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolankelasXIAPK2SMKNegeri1Pasuruan.(3)hasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranKooperatifDebatpadaMataPelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolankelasXIAPK2SMKNegeri1Pasuruan.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmenggunakanmetodependekatankualitatif.SubjekpadapenelitianiniadalahsiswakelasXIAPK2SMKNegeri1Pasuruan.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanwawancaraobservasidokumentasidantes.HasilpenelitianinimenunjukanpenerapanmodelpembelajaranKooperatifDebatmeningkatkanketerampilanberbicaradanhasilbelajarsiswa.PersentasekeberhasilanranahpsikomotoriksiswapadasiklusImencapai6956%dengankriteriabaikdanmeningkatmenjadi8556%padasiklusIIdengancriteriasangatbaik.PersentasekeberhasilanhasilbelajarsiswaranahkognitifsiklusImengalamipeningkatandari6631%dengankriteriacukupmenjadi7787%dengankriteriabaik.KesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranKooperatifDebatdapatmeningkatkanketerampilanberbicaradanhasilbelajarsiswakelasXIAPK2SMKNegeri1PasuruanpadaMataPelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolandenganKompetensiDasarmengidentifikasikegiataniiinternalataueksternalpublicrelation.SarandaripenelitianiniadalahgurudianjurkanuntukmenerapkanmodelpembelajaranKooperatifDebatuntukmengatasikejenuhansiswasaatprosespembelajaransedangberlangsungsehinggadapatmembuatsiswalebihaktifdanberanidalammengeluarkanpendapatideataugagasansiswaketingkatyanglebihbaik.SelainitusaranbagipenelitiselanjutnyamodelpembelajaranyangsudahditerapkanolehpenelitidapatdigunakansebagaiinformasiuntukmenggunakanpenelitiansejenisdalamlingkupyanglebihluassertalebihmemperhatikanliteraturmodelpembelajaranpemahamankonsepawalpembelajaranKooperatifDebatpembagiankelompokatasdankelompokbawahpadadayapembedasoalmenggunakannilairapotuntukmenghindaribiasnilaidanskalaLikertmenggunakan5(lima)respond.Sehinggapenelitiansejenisyangdilakukandapatmenjadipenelitianyanglebihbaiklagi.