Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk meningkatkan keterampilan peserta didik pada materi ruang lingkup pertemuan (studi pada peserta didik kelas XI APK di SMK Negeri 1 Malang) / Mar'atus Sholehah

Main Author: Sholehah, Mar'atus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/29307/
Daftar Isi:
  • RINGKASANSholehahMaratus.2018.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisAndroiduntukMeningkatkanKeterampilanPesertaDidikpadaMateriRuangLingkupPertemuan.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AgusHermawanM.SiGradDipMGTMBus.KataKunciMediaPembelajaranInteraktifAndroidKeterampilanHumasdanKeprotokolan.Mediapembelajaraninteraktifberbasisandroidmerupakangabungandaribeberapamediasepertiteksgambaraudioanimasidanvideoberbasisaplikasiandroidyangdioperasikanolehpengguna(user)sehinggaterjadiinteraksiduaarahantarapengguna(user)denganmediapembelajaran.Penelitiandanpengembanganinibertujuanuntuk(1)mengembangkanmediapembelajaraninteraktifberbasisandroidpadamateriRuangLingkupPertemuanpesertadidikkelasXIProgramStudiAdministrasiPerkantoranSMKNegeri1Malang(2)mengujikelayakanmediapembelajaraninteraktifdenganmenggunakanaplikasiRuangLingkupPertemuanpadapesertadidikkelasXIAPKSMKNegeri1Malang(3)mengujiefektivitasmediapembelajaraninteraktifdenganmengukurketerampilanpesertadidikyangmenggunakandantidakmenggunakanaplikasiRuangLingkupPertemuanpadakelasXIAPKSMKNegeri1Malang.PenelitianinimerupakanResearchandDevelopment(RD)yangdiadaptasidarimodelpengembanganSugiyonodenganmenggunakan8tahapan.Datayangdigunakanialahdatakuantitatifdandatakualitatif.Datakualitatifdiperolehdarihasilkritikdansaranyangdiberikanolehvalidatoryakniahlimateriahlimedia6pesertadidiksebagaisubjekujicobaprodukdan30pesertadidiksebagaiujicobapemakaian.Sedangkandatakuantitatifadalahhasilpenilaiandariahlimateriahlimedia6pesertadidiksebagaisubjekujicobaprodukdan30pesertadidiksebagaiujicobapemakaiansertahasilbelajarranahpsikomotorikkelaskontroldankelaseskperimen.Kajianprodukdaripenelitiandanpengembanganiniadalah(1)produkyangdihasilkanberupamediapembelajaraninteraktifberbasisandroidyangbernamaaplikasiRAPAT(2)hasilvalidasiyangdilakukanparaahlidinyatakanlayakdanvaliddenganmemperolehnilaisebesar95%dariahlimateridan96%dariahlimedia(3)berdasarkanhasilbelajarpesertadidikranahpsikomotorikkelaseksperimendankelaskontrolterdapatperbedaansignifikansebesar146%sehinggadapatdikatakancukupefektifuntukmeningkatkanketerampilanpesertadidikpadamateriruanglingkuppertemuan.Saranpemanfaatanmediapembelajaran(1)gurudiharapkandapatmembuatsuasanabelajarmenarikdanmenyenangkanmelaluimediapembelajaranini(2)pesertadidiksebaiknyamenggunakanmediainiagarbelajartidakhanyamenggunakanbukutekssaja(3)diharapkanbagipenelitilaindapatmengembangkanmediapembelajaranlainnyasepertiberbasiskomputerdanlain-lainyangdapatmembuatpesertadidiktertarikpadamatapelajaranHumasdanKeprotokolan(4)pengembangmediapembelajaranyanglaindiharapkandapatmengembangkanprodukserupauntukmaterilain.