Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk meningkatkan keterampilan peserta didik pada materi ruang lingkup pertemuan (studi pada peserta didik kelas XI APK di SMK Negeri 1 Malang) / Mar'atus Sholehah
Main Author: | Sholehah, Mar'atus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29307/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANSholehahMaratus.2018.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisAndroiduntukMeningkatkanKeterampilanPesertaDidikpadaMateriRuangLingkupPertemuan.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AgusHermawanM.SiGradDipMGTMBus.KataKunciMediaPembelajaranInteraktifAndroidKeterampilanHumasdanKeprotokolan.Mediapembelajaraninteraktifberbasisandroidmerupakangabungandaribeberapamediasepertiteksgambaraudioanimasidanvideoberbasisaplikasiandroidyangdioperasikanolehpengguna(user)sehinggaterjadiinteraksiduaarahantarapengguna(user)denganmediapembelajaran.Penelitiandanpengembanganinibertujuanuntuk(1)mengembangkanmediapembelajaraninteraktifberbasisandroidpadamateriRuangLingkupPertemuanpesertadidikkelasXIProgramStudiAdministrasiPerkantoranSMKNegeri1Malang(2)mengujikelayakanmediapembelajaraninteraktifdenganmenggunakanaplikasiRuangLingkupPertemuanpadapesertadidikkelasXIAPKSMKNegeri1Malang(3)mengujiefektivitasmediapembelajaraninteraktifdenganmengukurketerampilanpesertadidikyangmenggunakandantidakmenggunakanaplikasiRuangLingkupPertemuanpadakelasXIAPKSMKNegeri1Malang.PenelitianinimerupakanResearchandDevelopment(RD)yangdiadaptasidarimodelpengembanganSugiyonodenganmenggunakan8tahapan.Datayangdigunakanialahdatakuantitatifdandatakualitatif.Datakualitatifdiperolehdarihasilkritikdansaranyangdiberikanolehvalidatoryakniahlimateriahlimedia6pesertadidiksebagaisubjekujicobaprodukdan30pesertadidiksebagaiujicobapemakaian.Sedangkandatakuantitatifadalahhasilpenilaiandariahlimateriahlimedia6pesertadidiksebagaisubjekujicobaprodukdan30pesertadidiksebagaiujicobapemakaiansertahasilbelajarranahpsikomotorikkelaskontroldankelaseskperimen.Kajianprodukdaripenelitiandanpengembanganiniadalah(1)produkyangdihasilkanberupamediapembelajaraninteraktifberbasisandroidyangbernamaaplikasiRAPAT(2)hasilvalidasiyangdilakukanparaahlidinyatakanlayakdanvaliddenganmemperolehnilaisebesar95%dariahlimateridan96%dariahlimedia(3)berdasarkanhasilbelajarpesertadidikranahpsikomotorikkelaseksperimendankelaskontrolterdapatperbedaansignifikansebesar146%sehinggadapatdikatakancukupefektifuntukmeningkatkanketerampilanpesertadidikpadamateriruanglingkuppertemuan.Saranpemanfaatanmediapembelajaran(1)gurudiharapkandapatmembuatsuasanabelajarmenarikdanmenyenangkanmelaluimediapembelajaranini(2)pesertadidiksebaiknyamenggunakanmediainiagarbelajartidakhanyamenggunakanbukutekssaja(3)diharapkanbagipenelitilaindapatmengembangkanmediapembelajaranlainnyasepertiberbasiskomputerdanlain-lainyangdapatmembuatpesertadidiktertarikpadamatapelajaranHumasdanKeprotokolan(4)pengembangmediapembelajaranyanglaindiharapkandapatmengembangkanprodukserupauntukmaterilain.