Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Sikap Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen / Fauzia Arbi

Main Author: Arbi, Fauzia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/29306/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArbiFauzia.2018.PengaruhLingkunganSekolahdanSikapPesertaDidikterhadapPrestasiBelajarpadaMataPelajaranProduktifKelasXIAdministrasiPerkantorandiSMKPGRITuren.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingH.ImamBukhoriS.Pd.M.M.M.Pd.KataKunciLingkunganSekolahSikapPesertaDidikPrestasiBelajarSalahsatufaktoryangmempengaruhikeberhasilanbelajarpesertadidikadalahlingkungansekolah.Lingkungansekolahinimerupakanwadahyangdapatmembentuksikappesertadidik.Lingkungansekolahyangnyamandankondusifakanmempengaruhikeinginanpesertadidikuntukbelajar.Selainlingkungansekolahfaktorlainyangdapatmempengaruhikeberhasilanbelajaradalahsikappesertadidik.Sikapmerupakankeadaandalamdiriseseorangyangmenggerakkanuntukbertindakatauberbuatsesuatudenganperasaantertentu.Sikappositifpesertadidikterhadapsuatupelajaranakanmempengaruhiintensitasusahabelajarmerekadalammencapaiprestasibelajaryangdiharapkan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)kondisilingkungansekolahsikappesertadidikdanprestasibelajarpadamatapelajaranproduktifkelasXIAdministrasiPerkantorandiSMKPGRITuren(2)pengaruhpositifdansignifikanlingkungansekolahterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranproduktifkelasXIAdministrasiPerkantorandiSMKPGRITuren(3)pengaruhpositifdansignifikansikappesertadidikterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranproduktifkelasXIAdministrasiPerkantorandiSMKPGRITuren.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitiandeskriptifkorelasional.Variabelbebaspadapenelitianiniadalahlingkungansekolah(X1)dansikappesertadidik(X2)denganvariabelterikatnyaadalahprestasibelajar(Y).Pengambilansampelmenggunakantekniksamplingjenuhdimanasemuaanggotapopulasidijadikansampelyaitu54pesertadidikkelasXIAdministrasiPerkantoranSMKPGRITuren.Teknikpengumpulandatamenggunakanangketdandokumentasi.Analisisdatamenggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikinferensialyangterdiridariujiasumsiklasikanalisisregresilinierbergandadanujit.Hasilanalisisstatistikdeskriptifmenunjukkanbahwa(1)kondisilingkungansekolahdiklasifikasikanbaik(2)sikappesertadidikdiklasifikasikanbaik(3)prestasibelajardiklasifikasikanbaik.Hasilujiasumsiklasikmenunjukkanbahwa(1)modelregresisudahmemenuhiasumsinormalitas(2)modelregresitidakterjadimultikolinearitas(3)modelregresitidakterjadiheteroskedastisitas.Hasilujitmenunjukkanbahwa(1)lingkungansekolahberpengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasibelajardibuktikandengannilaithitung3285ttabel2008sertanilaisignifikansi0002005(2)sikappesertadidikberpengaruhpositifdansignifikanterhadapprestasibelajardibuktikandengannilaithitung4852ttabel2008sertanilaisignifikansi0000005.