Pengaruh Pemanfaatan Informasi Berbasis TIK Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas XI Di SMK Negeri 2 Blitar / Riska Febyliani

Main Author: Febyliani, Riska
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/29301/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFebylianiRiska.PengaruhPemanfaatanInformasiBerbasisTIKDanKemandirianBelajarTerhadapHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranPengantarAdministrasiPerkantoranKelasXIDiSMKNegeri2Blitar.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.INyomanSuputraM.Si.KatakunciPemanfaataninformasiberbasisTIKkemandirianbelajardanhasilbelajar.Hasilbelajaradalahsesuatuyangdiperolehsiswadaripengalamanpengalamanbelajarnya.Banyakfaktoryangmempengaruhihasilbelajarsiswa.PemanfaataninformasiberbasisTIKdankemandirianbelajarmerupakanfaktor-faktoreksternalhasilbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)DeskripsipemanfaataninformasiberbasisTIKkemandirianbelajardanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorandiSMKNegeri2Blitar(2)PengaruhpemanfaataninformasiberbasisTIKterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorandiSMKNegeri2Blitar(3)PengaruhkemandirianbelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorandiSMKNegeri2Blitar.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifsedangkanjenispenelitianinimenggunakandeskriptifkorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIProgramKeahlianAdministrasiPerkantoranSMKNegeri2Blitar.Padapenelitianiniteknikpengambilansampelyangdigunakanadalahproportionalrandomsampling.Jumlahsampeldalampenelitianiniadalah84siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahkuesioner/angketdandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniyaitu(1)Analisisdeskriptif(2)Ujiasumsiklasik(3)Analisisregresilinierberganda(4)Ujihipotesis.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)KondisipemanfaataninformasiberbasisTIKdankemandirianbelajarsiswakelasXIProgramKeahlianAdministrasiPerkantorandiSMKNegeri2BlitartergolongbaiksertahasilbelajarsiswakelasXIpadamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorandiSMKNegeri2Blitartergolongrendah(2)TerdapatpengaruhpositifdansignifikanpemanfaataninformasiberbasisTIKterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorankelasXIdiSMKNegeri2Blitar(3)TerdapatpengaruhpositifdansignifikankemandirianbelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorankelasXIdiSMKNegeri2Blitar.