Pengaruh pemanfaatan internet dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar pada kelompok mata pelajaran produktif (studi pada peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Ainur Rahim Setiawan

Main Author: Setiawan, Ainur Rahim
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/29291/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetiawanAinurRahim.2017.PengaruhPemanfaatanInternetdanPerpustakaanSekolahterhadapHasilBelajarPadaKelompokMataPelajaranProduktif(StudiPadaPesertaDidikKelasXIAdministrasiPerkantoranSMKPGRITuren).SkripsiJurusanManajemenProgramStudiPendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrsMohammadHariM.SiKataKuncipemanfaataninternetperpustakaansekolahhasilbelajarPendidikanmerupakanhalpentingyangbertujuanuntukmembentukgenerasipenerusyangberkualitaskualitaspendidikanyangbaikakanmencetaksumberdayamanusiayangcerdas.DenganadanyafasilitasinternetdanperpustakaansekolahsebagaifaktorpendukunghasilbelajarpadapesertadidikdalammemanfaatkaninternetdanmemanfaatkanperpustakaansekolahuntukmembentukgenerasipenerusyangmemilikikualitaspendidikanyangbaikPenelitianinidilakukanuntukmengetahui(1)pengaruhpemanfaataninternetterhadaphasilbelajarpesertadidikpadakelompokmatapelajaranproduktifAdministrasiPerkantorankelasXIAdministrasiPerkantorandiSMKPGRITuren(2)pengaruhpemanfaatanperpustakaansekolahterhadaphasilbelajarpesertadidikpadakelompokmatapelajaranproduktifAdministrasiPerkantorankelasXIAdministrasiPerkantorandiSMKPGRITuren.Penelitianinimenggunakanpenelitiandeskriptifkuantitatif.Variabelyangdigunakandalampenelitianiniadalahpemanfaataninternetdanpemanfaatanperpustakaansekolahsebagaivariabelbebassertahasilbelajarpesertadidiksebagaivariabelterikat.PopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIAdministrasiPerkantoranSMKPGRITurentahunajaran2017/2018yangberjumlah60siswa.Sampelyangdiambiladalahkeseluruhanpopulasiyangdijadikansampelyangberjumlah60siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahangketataukuisionerdandokumentasi.AnalisisdatadalampenelitianinimenggunakananalisisdatadeskriptifdananalisisdatainferensialdalamanalisisregresilinierbergandadenganbantuanprogramIBMSPSSStatisticsVersion24dengantingkatsignifikansi5%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilanalisisdeskriptiftentangrata-rataskorpemanfaataninternetyangmemilikinilairata-ratasejumlah359sedangkanhasilanalisisdeskriptiftentangrata-rataskorpemanfaatanperpustakaansekolahtermasukkategoricukupbaikyangmemilikinilairata-ratasejumlah310dannilaisignifikansitdarivariabelpemanfaataninternet(X1)sebesar0000danthitungsebesar3749denganketeranganHaditerimadanHoditolaksedangkannilaisignifikansitdarivariabelpemanfaatanperpustakaansekolah(X2)sebesar0000danthitung6775denganketeranganHaditerimadanHoditolak.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdapatdisimpulkanbahwa(1)analisisdeskriptiftentangpemanfaataninternettermasukkategoribaikyangmemilikinilairata-ratasejumlah359dananalisisdeskriptiftentangpemanfaatanperpustakaansekolahtermasukkategoricukupbaikyangmemilikinilairata-ratasejumlah310(2)adapengaruhyangsignifikanantarapemanfaataninternetterhadaphasilbelajarpesertadidikpadakelompokmatapelajaranproduktifkelasXIAdministrasiPerkantorandiSMKPGRITuren(3)adapengaruhyangsignifikansiantarapemanfaatanperpustakaansekolahterhadaphasilbelajarpesertadidikpadakelompokmatapelajaranproduktifkelasXIAdministrasiPerkantorandiSMKPGRITuren.Berdasarkankesimpulantersebutmakasaranyangdapatdiberikanadalah(1)dapatdijadikanacuanbagipihaksekolahSMKPGRITurenuntuklebihmemberikanpengertianbimbingandanpantauanyanglebihuntukpesertadidiksupayamemanfaatkaninternetdanperpustakaansekolahdenganmaksimal(2)Gurudiharapkandapatmemotivasidandorongankepadapesertadidikuntukmemanfaatkaninternetdanperpustakaansekolah.Yangdapatdilakukandengancaramemberikantugaskepadapesertadidikuntukmencaribahanpelajaranmelaluiinternetataupunperpustakaansekolah(3)penelitiselanjutnyayangtertarikuntukmelanjutkanpenelitianiniperludilakukanpenelitianlebihlanjutmengenaivariabellainyangdapatmempengaruhihasilbelajar.