Analisis kompetensi pedagogik guru dalam komunikasi dengan peserta didik (studi pada guru Program Keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Malang) / Dewi Hanifa Puspita Sari

Main Author: Sari, Dewi Hanifa Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/29251/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDewiHanifahPuspitasari.2017.AnalisisKompetensiPedagogikGuruDalamKomunikasiDenganPesertaDidik(StudiPadaGuruProgramKeahlianAkomodasiPerhotelanSMKNegeri3Malang).SkripsiJurusanManajemenProdiPendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.H.SutrisnoM.M.KataKunciKompetensiPedagogikGuruKomunikasiKompetensipedagogikmerupakankemampuanmengelolapembelajaranpesertadidikuntukmengaktualisasikanberbagaipotensiyangdimiliki.Salahsatukomponenkompetensipedagogikadalahkomunikasigurudenganpesertadidikyangmenekankanpadatigaapekkomunikasiyaitukomunikasiyangefektifempatidansantun.Komunikasitersebutsangatpentingbagiterlaksananyaprosesbelajarmengajarkarenakomunikasiyangharusdibangunolehguruadalahkomunikasiyangdapatmengubahsikapdanperilakuanakdidikmenjadilebihbaik.Komunikasiyangtidakberjalandenganbaikakanmenjadikanprosesbelajarmengajartidakdapatberjalansecaraoptimal.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmengetahuiKompetensipedagogikguruprogramkeahlianakomodasiperhotelandiSMKNegeri3Malangdalammenyelenggarakanprosespembelajarankepadapesertadidiknyadenganmenguasaikomunikasiyangefektifempatidansantun.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Informandalampenelitianiniadalahgurudanpesertadidik.Datapenelitianberupapaparankomunikasiyangefektifempatidansantunyangdilakukangurudenganpesertadidiknya.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Untukmenjagakeabsahandatadilakukandengankegiatantriagulasisumberdata.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahappenelaahandataindentifikasidatadantahapevaluasidata.Berdasarkanhasilanalisisdiperolehkesimpulan(1)Penyelenggarankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudansiswasecaraefektifsudahcukupbaik.Haliniterlihatdaribanyaknyaindikatorprosesbelajarmengajaryangmenunjukkanupayaguruuntukmelakukankomunikasiyangefektifwalaupunmasihditemukanbeberapakelemahansepertiadanyaketerlambatangurudalammelaksanakanprosesbelajarmengajartanpapemberitahuandanpemberiantugassehinggasituasikelasmenjaditidakkondusif.Kurangnyakemampuangurudalampengelolaankelaskhususnyasebagaipengendalipenerapanmetodekelompokyangterlihatdarisikapguruyangmembiarkanseorangsiswayangterdiamtanpabergabungdengankelompoknyauntukmengerjakantugaskelompok.(2)Penyelenggaraankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudansiswasecaraempatimasihperluditingkatkanterutamaperhatiankepadasiswayangdapatmeningkatkandanmemahamikondisisiswa.(3)GuruprogramkeahlianakomodasiperhotelandiSMKNegeri3Malangsudahbaikdalammenyelenggarakankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudansiswasecarasantun.Karenagurutelahmenerapkankomunikasisantunbaikdariperilakusopanbahasayanglugasdansopanmaupunmemperhatikantatakramadanetikayangberlaku.