Analisis kompetensi pedagogik guru dalam komunikasi dengan peserta didik (studi pada guru Program Keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Malang) / Dewi Hanifa Puspita Sari
Main Author: | Sari, Dewi Hanifa Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29251/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDewiHanifahPuspitasari.2017.AnalisisKompetensiPedagogikGuruDalamKomunikasiDenganPesertaDidik(StudiPadaGuruProgramKeahlianAkomodasiPerhotelanSMKNegeri3Malang).SkripsiJurusanManajemenProdiPendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.H.SutrisnoM.M.KataKunciKompetensiPedagogikGuruKomunikasiKompetensipedagogikmerupakankemampuanmengelolapembelajaranpesertadidikuntukmengaktualisasikanberbagaipotensiyangdimiliki.Salahsatukomponenkompetensipedagogikadalahkomunikasigurudenganpesertadidikyangmenekankanpadatigaapekkomunikasiyaitukomunikasiyangefektifempatidansantun.Komunikasitersebutsangatpentingbagiterlaksananyaprosesbelajarmengajarkarenakomunikasiyangharusdibangunolehguruadalahkomunikasiyangdapatmengubahsikapdanperilakuanakdidikmenjadilebihbaik.Komunikasiyangtidakberjalandenganbaikakanmenjadikanprosesbelajarmengajartidakdapatberjalansecaraoptimal.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmengetahuiKompetensipedagogikguruprogramkeahlianakomodasiperhotelandiSMKNegeri3Malangdalammenyelenggarakanprosespembelajarankepadapesertadidiknyadenganmenguasaikomunikasiyangefektifempatidansantun.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Informandalampenelitianiniadalahgurudanpesertadidik.Datapenelitianberupapaparankomunikasiyangefektifempatidansantunyangdilakukangurudenganpesertadidiknya.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Untukmenjagakeabsahandatadilakukandengankegiatantriagulasisumberdata.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahappenelaahandataindentifikasidatadantahapevaluasidata.Berdasarkanhasilanalisisdiperolehkesimpulan(1)Penyelenggarankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudansiswasecaraefektifsudahcukupbaik.Haliniterlihatdaribanyaknyaindikatorprosesbelajarmengajaryangmenunjukkanupayaguruuntukmelakukankomunikasiyangefektifwalaupunmasihditemukanbeberapakelemahansepertiadanyaketerlambatangurudalammelaksanakanprosesbelajarmengajartanpapemberitahuandanpemberiantugassehinggasituasikelasmenjaditidakkondusif.Kurangnyakemampuangurudalampengelolaankelaskhususnyasebagaipengendalipenerapanmetodekelompokyangterlihatdarisikapguruyangmembiarkanseorangsiswayangterdiamtanpabergabungdengankelompoknyauntukmengerjakantugaskelompok.(2)Penyelenggaraankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudansiswasecaraempatimasihperluditingkatkanterutamaperhatiankepadasiswayangdapatmeningkatkandanmemahamikondisisiswa.(3)GuruprogramkeahlianakomodasiperhotelandiSMKNegeri3Malangsudahbaikdalammenyelenggarakankompetensipedagogikuntukaspekkomunikasigurudansiswasecarasantun.Karenagurutelahmenerapkankomunikasisantunbaikdariperilakusopanbahasayanglugasdansopanmaupunmemperhatikantatakramadanetikayangberlaku.