Pengembangan media pembelajaran Prezi pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi presentasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Riska Nadya Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Riska Nadya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29190/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPratiwiRiskaNadya.2016.PengembanganMediaPembelajaranPreziPadaMataPelajaranMengoperasikanAplikasiPresentasiUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiPadaSiswaKelasXIAdministrasiPerkantoranDiSMKNegeri2Kediri).Skripsi.ProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoran.JurusanManajemen.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MohammadAriefM.Si(2)Drs.INyomanSuputraM.SiKataKunciMediaPresentasiPreziHasilBelajar.Mediapresentasiadalahsegalaalatatauperangkatyangdapatdigunakanuntukmenyampaikanpesanatauinformasidalamprosesbelajarmengajar.Penggunaanmediapresentasiyanginovatifsangatdibutuhkanagarsiswadapatmenangkappesanyangdisanpaikanpengajardenganbaik.SalahsatunyamenggunakanmediapresentasiPrezidimanapenggunadapatmenumpahkandayakreatifitasnyadalammendesainsetiapslidepresentasinya.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmediapembelajaranPrezipadamatapelajaranmengoperasikanaplikasipresentasipadasiswakelasXIAPK1diSMKNegeri2Kediri.SelainitupenelitianinijugabertujuanuntukmelihatperbedaanhasilbelajarsiswayangmenggunakanmediapembelajaranPrezidengansiswayangtidakmenggunakanmediapembelajaranPrezi.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembangan(RD)denganprosedurpenelitiandanpengembangan(RD).Rancanganpenelitiandanpengembanganmeliputi8tahapyaitu(1)PotensidanMasalah(2)PengumpulanData(3)DesainProduk(4)ValidasiDesain(5)RevisiDesain(6)UjiCobaProduk(7)RevisiProduk(8)UjiCobaPemakaian.Penelitianinimenggunakankuisioneruntukmemperolehhasilyangvaliddalampengembanganmedia.Kuisionerdiberikankepadaahlimediaahlimateridanujikelompokkecil.ValidasiahlimateridilakukanolehguruSMKNegeri2Kediridanhasilvalidasisebesar9807%termasukdalamkategorisangatvalid.ValidasimediadilakukanolehdosenJurusanManajemenUniversitasNegeriMalangdanhasilvalidasisebesar100%termasukdalamkategorisangatvalid.Ujicobakelompokkecildilakukanolehenamsiswadanhasilvalidasisebesar9606%termasukkedalamkategorisangatvalid.Hasilujit-testmenunjukkannilaisignifikansinyasebesar000sehinggaHoditolakyangberartiterdapatperbedaanhasilbelajarsiswaantarakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilbelajarkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontroldimananilaisebelummenggunakanmediadanposttestsebesar6471dan9690sedangkannilaisebelummenggunakanmediadanposttestkelaskontrolsebesar6584dan7955.Ditinjaudariskorefektifitasnyakelaseksperimenlebihtinggiyaitusebesar3192dankelaskontrolsebesar1371sehinggadapatdikatakanbahwamediapembelajarantermasukdalamkriteriatinggiyangberartiefektifuntukdigunakansertamampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.ABSTRACTPratiwiRiskaNadya.2016.PreziLearningMediaDevelopmentInOperatingPresentationApplicationSubjecttoEnhanceStudentsOutcomeLearning(StudyOnTheXIGradeStudentsofOfficeAdministrationatStateVocationSchools2Kediri).SarjanasThesis.S1EucationofOfficeAdministration.ManagementMajor.EconomicFaculty.StateUniversityofMalang.Advisors(1)Drs.MohammadAriefM.Si(2)Drs.INyomanSuputraM.Si.KeywordsPresentasionMediaPreziStudyResult.Presentasionmediaisatoolordevicethatcanbeusedtoconveythemessageorinformationtothelearningprocess.Theinnovativeuseofpresentationmediaisneededsostudentscouldcatchtheinformationfromthelecturerwell.OneofthemisbyusingPrezipresentasionmediawhereuserscouldshowtheircreativityindesigningeverypresentasionslide.ThisstudyaimstoproducePrezilearningmediaonsubjectsbyoperatingpresentasionapplicationtothe11thgraderofAPK1inStateVocationSchools2KediriInadditionthisstudyalsoaimstolookatthedifferencesinstudentslearningoutcomebetweenthestudentwhousePreziandthestudentswhoarenot.Thisstudyusesresearchanddevelopment(RD)withtheproceduresofresearchanddevelopment(RD).Theplanningofresearchanddevelopmentincludes8stages(1)PotentiialandProblems(2)CollectingData(3)ProductDesign(4)DesignValidation(5)RevisedDesign(6)ProductsTrial(7)RevisedProduct(8)UseTrial.Thisstudyusesaqestionnairretoobtainvalidresultsinthedevelopmentodthemedia.Questionnairesgiventomediaexpertssubjectmatterexpertsandthesmallgrouptest.ValidationmatterexpertconductedbytheteacherofStateVocationSchools2Kediriandthevalidationresultsof98.07%inincludedinthecategoryofveryvalid.MediavalidationconductedbythelecturerofManagementMajorofStateUniversityofMalangandtheresultis100%incldedintheveryvalidcategory.Smallgrouptrialconductedbysixstudentsandtheresultsofthevalidationis96.06%whichisveryvalid.Theresultsoft-testshowedthesignificancevalueof000thusHoisrejectedwhichmeansthatthereisadifferenceinstudentlearningresultbetweentheexperimentalclassandcontroledclass.Theresultofexperimentalclassishigherthantheccontroledclasswherethevaluebeforeusingthemediaandposttestis647and9690whilethevaluebeforeusingthemediaandposttestcontrolclassis65.84and79.55.Judgingfromtheexperimentalclasseffectivenessscorehigherat31.92and13.71forthecontrolclasssothatitcanbesaidthatthelearningmediaincludedinthecriteriaofhighwhichmeanseffectivetobeusedandcanimprovestudentlearningresult.