Pengembangan modul administrasi humas dan keprotokolan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kompetensi dasar mendeskripsikan ruang lingkup pertemuan/ra[pat kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Novita Elok P

Main Author: Sari, Novita Elok Permata
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/29188/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPermataSariN.E.2017.PengembanganModulAdministrasiHumasdanKeprotokolanBerbasisGuidedInquiryUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidik(StudiPadaKompetensiDasarMendeskripsikanRuangLingkupPertemuan/RapatKelasXIAdministrasiPerkantoranSMKPGRI2Malang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.H.MohammadAriefM.SiKataKunciPenelitianpengembanganmodulguidedinquiryhasilbelajarPenelitiandanpengembanganinididasariolehbeberapahalyaitu(1)terbatasnyabahanajarmatapelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolan(2)PembelajarandikelasmasihmenggunakanmodulKTSPyangtidaksesuaidengankurikulum2013.Kondisiinimembuatprosespembelajarankurangmenarikdancenderungberjalankurangefektif.(3)Hasilbelajaryangdiperolehpesertadidikpadaakhirpembelajaranbelumoptimal.Olehkarenaitupenelitimengembangkanmodulberbasisguidedinquiryyangpadadasarnyamerupakanpembelajaranberpusatpadapesertadidik(studentcenter).Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah(1)menghasilkanmodulAdministrasiHumasdanKeprotokolanberbasisGuidedInquiryuntukpesertadidikSMKkelasXIprogramkeahlianAdministrasiPerkantoran(2)mengetahuikelayakanmodulpembelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolanberbasisGuidedInquirymelaluihasilvalidasidan(3)MengetahuitingkatperbedaanhasilbelajarpesertadidikyangmenggunakanmodulAdministrasiHumasdanKeprotokolanberbasisGuidedInquirydenganpesertadidikyangtidakmenggunakanmodulmatapelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolanBerbasisGuidedInquiry.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodelpenelitiandanpengembanganBorgGalldenganlangkah-langkahyangtelahdisesuaikandengankeadaanlapangandanbataswaktuyangdiberikansekolahyaitu(1)analisiskebutuhan(2)penyusunandraftproduk(3)validasiahlimateridanmodul(4)revisidraftproduk(5)ujicobaproduk(6)revisiproduk(7)ujipemakaianprodukdan(8)penyempurnaanproduk.Modulyangdikembangkandivalidasioleh1orangdosenjurusanManajemenUniversitasNegeriMalangsebagaiahlimoduldan1oranggurumatapelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolanSMKPGRI2Malangsebagaiahlimateridan12orangpesertadidikkelasXIAPK1danAPK2sebagaisubjekujicobakelompokkecil.ProdukyangdikembangkanberupamodulAdministrasiHumasdanKeprotokolanBerbasisGuidedInquiryyangdilengkapidenganBukuPeganganGuru.Terdapat2KompetensiDasaryangdikembangkanolehpenelitidalammoduliniyiatu(1)MendeskripsikanRuangLingkupPertemuan/Rapatdan(2)MembuatRencanaPertemuan/Rapat.Analisisdatadalampenelitiandanpengembanganinidilakukanberdasarkanhasilvalidasiahlimodulahlimateridansubjekujicobakelompokkecil.Secarakeseluruhanhasilanalisisdatatersebutmenunjukkanpersentasekelayakanmodulsebesar871%.ArtinyamodulAdministrasiHumasdanKeprotokolanBerbasisGuidedInquiryberkategorisangatvaliddanlayakdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Ditinjaudarisegiefektivitasprodukberdasarkanperhitunganrata-ratadapatdiketahuiperbedaanrata-ratahasilbelajarkelaseksperimendankelaskontrolyaitu873dan78.BerdasarkandarisemuahasilperhitungantersebutdapatdisimpulkanbahwamodulAdministrasiHumasdanKeprotokolanBerbasisGuidedInquirydapatdikatakanlayakdigunakandanpenggunaanmodullebihefektifdibandingkandengantidakmenggunakanmoduldalamprosespembelajarandikelas.OlehkarenaitugurumatapelajaranAdministrasiHumasdanKeprotokolandisarankanmenggunakanmodulinisebagaipendukungkegiatanpembelajaran.PenulismengharapkanpadapenelitianselanjutnyadapatdilakukanpenelitiandanpengembanganmodulAdministrasiHumasdanKeprotokolanlainnyadanlebihmenekankansoal-soalpadatahapguidedinquirysertamelakukanpenelitianlebihlanjutmengenaipenggunaanmodulhasilpengembangandalamPenelitianTindakanKelasdenganfokuspenelitianpenggunaanmodulpembelajaranberbasisguidedinquiryuntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.