Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas XII Administrasi Perkantoran di UPT SMK negeri 1 Pasuruan) / Lailatul Maulindah

Main Author: Maulindah, Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/29179/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMaulindahLailatul.2017.PengembanganModulAdministrasiSaranadanPrasaranaBerbasisLearningCycle5EUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiPadaKelasXIIAdministrasiPerkantorandiUPTSMKNegeri1Pasuruan).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.H.MohammadAriefM.Si.KataKuncimodullearningcycle5EadministrasisaranadanprasaranaDiberlakukannyakurikulum2013menjadikanbeberapaperubahandanpenambahanterhadapmateripelajarandisekolahsalahsatunyadiSMKpadaprogramkeahlianAdministrasiPerkantoranterdapatmatapelajaranbaruyaituAdministrasiSaranadanPrasarana.Perubahandanpenambahanmatapelajaranbarutersebutbelumdiimbangidenganpenambahanperangkatpembelajaranbarusepertibahanajarataumodul.UntukitupenelitimengembangkanmodulAdministrasiSaranadanPrasaranaberbasisLearningCycle5Esebagaialternatifbahanajaryangdapatmembantusiswabelajarsecaramandirisertamembangunkonsepberpikirkritisdananalitissiswa.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah(1)untukmenghasilkanmodulAdministrasiSaranadanPrasaranaberbasisLearningCycle5EuntuksiswaSMK/MAKkelasXIIProgramKeahlianAdministrasiPerkantoran(2)untukmengetahuikelayakanmodulAdministrasiSaranadanPrasaranaberbasisLearningCycle5Emelaluiujivalidasiahlimodulahlimateridansiswadan(3)untukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswasebelumdansetelahmenggunakanmodulAdministrasiSaranadanPrasaranaberbasisLearningCycle5E.PenelitianpengembanganinimenggunakanrancanganmodelBorgGallyangtelahdimodifikasimenjadidelapanlangkahpenelitianyaitupotensidanmasalahpengumpulandatapenyusunandraftprodukawalujiahlimoduldanujiahlimaterirevisidraftprodukujikelompokkecilpenyempurnaanprodukdanujikelompokbesar.Validasimoduldilakukanoleh1orangdosendiProgramStudiPendidikanAdministrasiPerkantoranJurusanManajemenUniversitasNegeriMalangsebagaiahlimodulpembelajaran1oranggurupengajarmatapelajaranAdministrasiSaranadanPrasaranaUPTSMKNegeri1Pasuruansebagaiahlimateridan6orangsiswakelasXIIAPK1UPTSMKNegeri1Pasuruansebagairespondenujikelompokkecil.ProdukyangdihasilkanberupamodulAdministrasiSaranadanPrasaranadenganmodelpembelajaranLearningCycle5Eyangdilengkapidenganmodulpeganganguru.Kompetensidasaryangdikembangkandalammoduliniadalahadministrasilaporanpenghapusansaranadanprasarana.Analisisdatadilakukanberdasarkanhasilvalidasidariahlimodulahlimaterisiswaujikelompokkecildanhasilbelajarsiswayangmenjadiujikelompokbesaruntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswa.Totalhasilanalisisvalidasiahlimodulahlimateridansiswaujikelompokkecilmenunjukkanpersentasekelayakanmodulsebesar875%yangberartisangatvalidatausangatlayakdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Berdasarkanhasilbelajarsiswayangdiambildarinilairata-ratakelassebelummenggunakanmodulhasilpengembangansebesar8944sedangkannilairata-ratakelassetelahmenggunakanmodulhasilpengembangansebesar9325.Dengandemikiandapatdikatakanbahwamodulhasilpengembangandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.OlehkarenaitugurumatapelajaranAdministrasiSaranadanPrasaranadisarankanuntukmenggunakanmodulinisebagaialternatifpenunjangkegiatanpembelajaran.