Penerapan model pembelajaran carousel feedback dan TSTS (Two Stay Two Stray) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi keuangan (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Linda Herlina

Main Author: Herlina, Linda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/29175/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHerlinaLinda2017.PenerapanModelPembelajaranCarouselFeedbackdanTSTS(TwoStayTwoStray)untukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranAdministrasiKeuangan(StudiPadaSiswaKelasXIIADMSMKPGRITuren).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.EdM.Si.KataKunciModelCarouselFeedbackModelTSTS(TwoStayTwoStray)KeaktifanHasilBelajarEraglobalisasiyangsemakinberkembangseakantidakdapatdihindarimenuntutmasyarakatduniauntukterlibatdidalamnya.Kualitasdanmutupendidikanmerupakansuatuhalyangsedangdikembangkanolehpemerintah.Penelitianinidilakukankarenaterdapatbeberapakendalayaitu(1)Gurumasihmenggunakanmetodeceramah(2)Interaksiantarasiswadangurukurang(3)Kemampuansiswauntukmengungkapkanpendapatmasihkurang(4)Gurukesulitanmeningkatkankeaktifansiswa(5)HasilbelajarsiswamasihbanyakdibawahKKM.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenganalisis(1)ImplementasimodelpembelajaranCarouselFeedbackpadamatapelajaranAdministrasiKeuangan(2)ImplementasimodelpembelajaranTSTS(TwoStayTwoStray)padamatapelajaranAdministrasiKeuangan(3)KeaktifansiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranCarouselFeedbackdanTSTS(4)HasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranCarouselFeedbackdanTSTS.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIADMSMKPGRITuren.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanwawancaraobservasidokumentasitesdancatatanlapangan.Prosedurpenelitiantindakankelasinimenggunakanduasiklusdimanatiapsiklusterdiridariduapertemuandantiappertemuanterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PenerapanmodelpembelajaranCarouselFeedbackdanTSTSdapatditerapkandenganbaikdanmengalamipeningkatandarisiklusIsebesar9375%dansiklusIIsebesar100%.KeaktifansiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranCarouselFeedbackdanTSTSmengalamipeningkatandari57%disiklusIdan86%disiklusII.HasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatandarisiklusIketuntasanklasikalsebesar87%dansiklusIIsebesar100%.BerdasarkananalisisdatatersebutdiperolehsimpulanpenelitianbahwapenerapanmodelpembelajaranCarouselFeedbackdanTSTSterbuktidapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.