Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 professional pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang) / Yuswandini Ayu Ningtyas
Main Author: | Ningtyas, Yuswandini Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29142/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNingtyasYuswandiniAyu.2016.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisAdobeFlashCS6ProfessionalPadaMataPelajaranPengantarAdministrasiPerkantoranuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa.SkripsiJurusanPendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AgusHermawan.M.Si.GradDIPMGT.M.Bus(II)LohanaJuariyahS.E.M.SiKataKunciMediaPembelajaranberbasisAdobeFlashCS6ProfessionalMotivasiBelajarHasilBelajarDalamhalakademikpembelajaranberbasisITdapatmembantusiswauntuklebihmemahamimateripelajarandanmenjadikansuasanabelajarlebihmenarikdantidakbosan.AdobeFlashCS6Professionaladalahsalahsatuaplikasiyangdigunakanuntukmengeditdatamenjaditerlihatlebihbagusdanmenarik.Suatuprosespembelajarandisekolahakanlebihmudahuntukdipahamiolehpesertadidikapabiladidukungdenganmenggunakanmediapembelajaranyangsesuaiagartujuanyangtelahditetapkandalamprosesbelajarmengajarbisatercapai.NamundijamansekarangmasihbanyakkegiatanpembelajaranyangmenggunkanacarakonvensionalsepertiyangterjadidiSMKNegeri1Malang.MediapembelajaranPengantarAdministrasiPerkantorankhususnyakompetensidasarMengidentifikasiasasdantujuantatalaksanakantor.Berkaitandenganhaltersebutmakaperludikembangkanmediapembelajaranyangakanmempermudahsiswadalambelajar.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmenghasilkanmediapembelajarantatalaksanakantordenganmenggunakanaplikasiAdobeFlashCS6ProffesionalpadamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorankelasXAPKdiSMKNegeri1Malang.Mediapembelajaraninitelahdivalidasiolehahlimateriahlimediadandilengkapijugadenganbukupanduan.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianResearchandDevelopment(RD)denganmenggunakan7langkahyaitu(1)pengumpulandata(2)perencanaan(3)pengembanganproduk(4)ujipelaksanaanlapangan(5)revisiproduk(6)ujicobalapanganterbatas(7)produkakhir.ValidasimediadilakukanolehdosenJurusanManajemenUniversitasNegeriMalang.ValidasiahlimateridilakukanolehgurumatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantoransertakelas30XAPKSMKNegeri1Malangsebagaiujicobalapanganterbatas.Produkyangdikembangkanberupamediapembelajarantatalaksanakantoryangdilengkapidenganbukupanduanuntukpengopersiannya.Berdasarkanpenilaiandarivalidasiahlidanujicobalapanganterbatasdiperolehnilaiahlimedia9739%ahlimateri9418%danujicobalapanganterbatas7710%daribesarnilaitersebutdapatdikatakanbahwamediapembelajaraninidinyatakanlayakuntukdigunakandalampembelajaranmateripelajaranPengantarAdministrasiPerkantorankhususnyakompetensidasarMengidentifikasiasastatalaksanakantor.Dariefektifitasprodukberdasarkanhasilposttesthasilbelajarsiswasebsar77.09untukkelaskontroldan9064untukkelaseksperimen.OlehkarenaitugurumatapelajaranPengantarAdminitrasiPerkantorandisarankanuntukmenggunakanmediainisebagaialternatifpenunjangpembelajaran.