Pengembangan modul administrasi keuangan berbasis guided inquiry untuk meningkatkanhasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 2 Tuban) / Purwati
Main Author: | Purwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29102/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPurwati.2016.PengembanganModulAdministrasiKeuanganBerbasisGuidedInquiryuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiPadaSiswaKelasXIAPKdiSMKNegeri2Tuban).Skripsi.JurusanManjemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.WasitiS.Sos.M.Si.(II)Drs.H.MohammadAriefM.Si.KataKuncimodulguidedinquiryadministrasikeuanganhasilbelajarPenerapanKurikulum2013padaSMKNegeri2Tubanmembuatsekolahharusmenyesuaikanbahanajarsesuaikurikulumtersebut.SaatinibahanajaryangdigunakanolehgurumasihberstandarKTSPsehinggabelumadavariasisumberbelajaryangsesuaidengankebutuhan.PenelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmenciptakanmengetahuikelayakandanefektivitaspenggunaanmodulAdministrasiKeuanganberbasisGuidedInquiry.Produkyangdihasilkanpadapenelitiandanpengembanganiniadalahseluruhmateripadasemestergenapyangmeliputitigakompetensidasar.PenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodelRDolehBorgdanGallyangtahapannyatelahdimodifikasisesuaikebutuhanpenelitianyaitu1)potensidanmasalah2)pengumpulandata3)pembuatandraftprodukawal4)ujiahlimateridanmodul5)revisiproduk6)ujikelompokkecil7)penyempurnaanprodukdan8)ujikelompokbesar.Subjekdaripenelitiandanpengembanganiniantaralainahlimateriahlimodulsiswakelompokkecildansiswakelompokbesar.Teknikanalisisyangdigunakanadalahteknikanalisisdeskriptifuntukanalisiskelayakanmoduldanmenganalisistingkatefektivitaspenggunaanmoduldalammeningkatkanhasilbelajarsiswadanujituntukmenganalisispeningkatanhasilbelajarsiswa.Hasildaripenelitiandanpengembanganiniadalah1)modulyangdikembangkanadalahmodulAdministrasiKeuanganberbasisGuidedInquiryyangmemuatsemuamateridisemestergenapdandilengkapidenganmodulpeganganguru2)modulAdministrasiKeuanganberbasisGuidedInquirydinyatakanvaliddanlayakdigunakandenganpersentase8366%3)adanyapeningkatanhasilbelajarjikadilihatdarihasilujitdimanathitungdikelaskontrolsebesar-11926dankelaseksperimensebesar-8978.Halinimenunjukkanbahwathitungdimasing-masingkelas8804005sehinggadinyatakanadapeningkatanhasilbelajaryangsignifikan.Sedangkanpenggunaanmoduldikelaseksperimenmenunjukkanbahwamodulberefektivitassedangdenganpeningkatanhasilbelajar92%.