Implementasi pembelajaran metode demonstrasi dengan berbantuan mutimedia pada mata pelajaran menangani penggandaan dokumen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kab
Main Author: | Fitriani, Ida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29089/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitrianiI.2016.ImplementasiPembelajaranMetodeDemonstrasidenganBerbantuanMultimediapadaMataPelajaranMenanganiPenggandaanDokumenuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajar(StudipadaSiswaKelasXIProgramKeahlianAdministrasiPerkantoranSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang).SkripsiJurusanManajemenProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.GatotIsnaniM.Si(2)Dr.Hj.MadziatulChuriyahS.Pd.M.M.KataKuncimetodedemonstrasimultimediaaktivitasbelajarhasilbelajarBerdasarkanhasilpengamatandanwawancaradenganketuaprogramkeahlianAdministrasiPerkantorandiperolehinformasibahwagurumenggunakanmetodeceramahmetodetanyajawabmetodepenugasandanmetodediskusidalamprosesbelajarmengajar.Informasilainnyaadalahsiswakurangberpartisipasiaktifdalammengemukakanpendapatdanmengajukanpertanyaanselamaprosespembelajaranberlangsung.Selainitufasilitasbelajarbelumtersediasecaramemadaidalammendukungprosespembelajarandikelas.Prosespembelajarantidakhanyakegiatanmemberikaninformasitetapiperludidukungadanyakegiatanmemperagakandanmemberikankesempatansiswauntukmelakukanunjukkerjasecaralangsungagardapatmeningkatkankompetensisiswa.IndikatorpencapaianpadakompetensidasarMelakukanPenggandaanDokumenialahsiswadapatmelakukanpenggandaandokumendanpenjilidansesuaidenganspesifikasinya.Rumusanmasalahpenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)ImplementasipembelajaranmetodedemonstrasidenganberbantuanmultimediapadamatapelajaranMenanganiPenggandaanDokumen.(2)ImplementasipembelajaranmetodedemonstrasidenganberbantuanmultimediadapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaranMenanganiPenggandaanDokumen.(3)ImplementasipembelajaranmetodedemonstrasidenganberbantuanmultimediadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranMenanganiPenggandaanDokumen.JenispenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengansubyekpenelitianadalahsiswakelasXIAPKRegulerSMKCendikaBangsaKepanjenMalangyangberjumlah30siswa.Pengumpulandatapenelitianinimelalui(1)observasi(2)wawancara(3)dokumentasidan(4)tes.Ujicobasoalposttestdilakukanmelalui(1)ujicobatarafkesukarandan(2)ujicobadayapembeda.Analisisdatamelaluitigatahapyaitureduksidatabeberan(display)datadanpenarikankesimpulan.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklussetiapsiklusterdiridari2kalipertemuandanmencakup4tahapanutamayaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatandan(4)refleksi.Hasildaripenelitianiniadalah(1)ImplementasipembelajaranmetodedemonstrasidenganberbantuanmultimediadapatberjalanlancardansesuaiRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP).(2)Padaimplementasipembelajaranmetodedemonstrasidenganberbantuanmultimediaaktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1585%denganpersentasekeberhasilansebesar7028%padasiklusIdansebesar8613%padasiklusII.(3)Padaimplementasipembelajaranmetodedemonstrasidenganberbantuanmultimediahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanpadaaspekkognitifmengalamipeningkatansebesar5848%denganpersentasekeberhasilan3462%padasiklusIdan9310%padasiklusIIuntukaspekafektifmengalamipeningkatansebesar2688%denganpersentasekeberhasilan5605%padasiklusIdan8293%padasiklusIIdanaspekpsikomotormengalamipeningkatansebesar1115%denganpersentasekeberhasilan8333%padasiklusIdan9448%padasiklusII.Kesimpulanyangdapatdiambilpadapenelitianiniyaitu(1)implementasipembelajaranmetodedemonstrasidenganberbantuanmultimediadapatdilaksanakansesuaiRPPdanberjalandenganlancar.(2)Implementasipembelajaranmetodedemonstrasidenganberbantuanmultimediadapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.(3)Implementasipembelajaranmetodedemonstrasidenganberbantuanmultimediadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdapatdiberikanyaitu(1)siswadisarankanlebihtertibketikagurumenjelaskanmateridanmemperhatikantemanyangsedangbertanyamaupunberpendapat.(2)bagigurumatapelajaranMenanganiPenggandaanDokumenmetodedemonstrasidapatdijadikansebagaialternatifmetodepembelajaranyangbervariasi.(3)Bagipenelitiselanjutnyadisarankansebelummelaksanakantindakansebaiknyamemastikankelasmaupunperlengkapan(LCDprojector)yangakandigunakanmembuatperjanjiandengansiswauntuktidakramaidantidakmenggunakanalatkomunikasidalamprosespembelajaran.