Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Juntantira Rakhmaningtyas
Main Author: | Rakhmaningtyas, Juntantira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29075/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRakhmaningtyasJuntantira.2016.PengembanganModulPembelajaranBerbasisMasalahPadaMataPelajaranMengoperasikanAplikasiPerangkatLunakUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiPadaKelasXAPKdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.Moh.AriefM.Si(II)Dr.LudiwishnuWardanaS.T.S.Pd.S.E.M.M.KatakunciberbasismasalahhasilbelajarmodulpembelajaranPenelitianpengembanganinididasariolehbeberapahalyaitu1)terbatasnyabahanajaruntukmatapelajaranMengoperasikanAplikasiPerangkatLunak2)belumadanyabahanajaryangdapatmelatihsiswadalamberpikirkritisdananalisissesuaidenganmasalahdikehidupannyata.Tujuanpenelitianiniadalah1)memperkayabahanajarsiswadenganmenghasilkanmodulajarMengoperasikanAplikasiPerangkatLunakyangsesuaidengankonseppembelajaranberbasismasalahuntuksiswakelasXAPKdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang2)untukmengetahuikelayakanmodulyangtelahdikembangkanmelaluiujivalidasidariahli3)untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXAPKdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang.RancanganpenelitianinidiadaptasidarimodelpengembanganResearchDevelopment(RD)olehBorgandGalldalamSugiyono(2013409)melaluidelapanlangkahpengembanganhasilmodifikasiyaitu1)potensidanmasalah2)pengumpulandata3)desainproduk4)validasidesain5)revisidesain6)ujicobaproduk7)revisiproduk8)ujicobapemakaian.Berdasarkanhasilvalidasiahlimaterisebesar928%ahlimodulsebesar738%dansiswasebagaiujikelompokkecilsebesar893%.Darihasilvalidasigabungansebesar853%diketahuibahwamodulyangdikembangkandinyatakanvaliddandinyatakanlayakdigunakansebagaibahanajar.Selainitumodulhasilpengembanganjugadinyatakanefektifdigunakandalamkegiatanpembelajarandikelasyangditunjukkandenganadanyaperbedaanantarakelaseksperimenyangmenggunakanmoduldengankelaskontrolyangtidakmenggunakanmodul.Perbandingantersebutditunjukkandenganhasilnilairata-ratakelaseksperimensebesar8753sedangkankelaskontrol73.Selainituditunjukkandengananalisisujityangmenunjukkanbahwanilaithitungttabel(34872045)denganprobabilitas945(0002005)makaHoditolak.Artinyaadanyaperbedaanrata-ratahasilbelajarantarakelaskontroldengankelaseksperimen.Berdasarkanhasilpenelitiandanpengembanganinitermasukdalamkategorivalidkarenaadapeningkatanhasilbelajar.SaranpemanfaatanketikamenggunakanmodulMengoperasikanAplikasiPerangkatLunakberbasismasalahyaitua)penggunaanmodulMengoperasikanAplikasiPerangkatLunakberbasismasalahsebaiknyadidampingiolehguruuntukmenggunakanmodulagarsesuaidengantahap-tahappembelajaranb)siswabisamenggunakanmodulbersamaandenganmengoperasikankomputerc)gurumengawasiprosedurpadatiappraktekyangdilakukanolehsiswadenganpanduanyangadadimoduld)siswabisamemanfaatkanstudikasuspadamoduluntukmengasahpemikirankritisdanmandirie)siswadapatmengerjakanevaluasidantugasbaiksecaraberkelompokmaupunindividu.