Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Negeri 1 Turen) / Wulan Widyastuti

Main Author: Widyastuti, Wulan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/29073/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWidyastutiWulan.2016.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisAdobeFlashUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaStudiPadaSiswaKelasXAdministrasiPerkantoranMataPelajaranOtomatisasiPerkantorandiSMKNegeri1Turen.SkripsiProgramStudiPendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.Hj.WasitiS.Sos.M.Si(2)Drs.H.Moh.AriefM.SiKataKunciMediaPembelajaranBerbasisAdobeFlashMediapembelajaranberbasisAdobeFlashmerupakanmediauntukmembantugurudalammelaksanakanpembelajaranOtomatisasiPerkantoran.BerdasarkaninformasidariguruMataPelajaranOtomatisasiPerkantoranbahwadalamprosespembelajaranbanyaksiswayangmengalamikesulitandalammemahamimateriyangdisampaikanolehguru.Halinidikarenakanprosespembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramah.Selainitupadamateritertentuyangmengharuskanpembelajarandenganmenggunakansambunganinternetgurudansiswamasihmengalamikendala.Padakenyataannyasambunganinternetyangadadiruanglaboratoriumkomputerbelummemadai.Banyaksiswayangkebingunganjikagurumemberitugasuntuksegeradikerjakan.Banyaksiswayangbelummemahamimateriyangdisampaikankarenagurutidakbisamemberikancontohlangsungdidepankelas.UntuklebihmemudahkangurudalammenyampaikanmateridanmembangunpemahamansiswapenelitianinimengembangkanmediapembelajaranberbasisAdobeFlashpadaMataPelajaranOtomatisasiPerkantoransiswakelasXProgramKeahlianAdministrasiPerkantoran(APK)SMKNegeri1Turen.Penelitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembangan4Dyangterdiridari4tahappengembanganyaitudefinedesigndevelopdandisseminate.Berdasarkanhasilvalidasiahlimateriahlimediadanpenggunadimanaahlimaterimenunjukkanpersentasesebesar96%ahlimediamenunjukkanpersentasesebesar90%danpengguna88%dimanajumlahtersebutmenunjukkanbahwamediapembelajaranmenguraikandanmempraktikkancarapengoperasianwebsitememilikikriteriasangatbaik/valid/layakdigunakan.Hasilbelajarsiswapadakelaseksperimenpretest13posttest82terjadikenaikan69%.Hasilbelajarkelaskontrolpretest20posttest72terdapatkenaikan52%.Berdasarkanhaltesebutkenaikankelaseksperimenlebihbesardaripadakenaikankelaskontrolsebesar17%.AngkakenaikankelaseksperimenmenunjukkanbahwamediapembelajaranberbasisAdobeFlashefektifdigunakandengantingkatefektifitastinggi.SelamaprosespenelitianyangdilakukandikelasXAPK1danAPK2banyakhalmenarikyangditemukanolehpenelititerkaitdenganpendapatsiswamengenaimediapembelajaranyangditerapkan.Siswalebihantusiasdalammengikutipembelajarandikarenakanbahanajaryangbervariasidanberharapuntukmatapelajaranyanglainjugaditerapkandalammediapembelajaranyangsamasehinggamotivasipesertadidikmeningkatdanpadaakhirnyaakanmempengaruhinilaiyangdiperoleholehsiswa.SarankepadagurudansiswakhususnyasebelummenggunakanmediapembelajaranberbasisAdobeFlashinisebaiknyadipersiapkanperangkatkomputerperangkatpenunjangsepertiLCDdanProyektorsertapengerassuarajikadiperlukan.Haltersebutperludiperhatikandenganseksamakarenaberpengaruhpadajalannyaprosespembelajaran.