Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Ria Rikawati

Main Author: Rikawati, Ria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/29036/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRikawatiRia.2016.PenerapanPembelajaranKooperatifModelTwoStayTwoStray(TSTS)UntukMeningkatkanAktivitasDanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranPengantarAdministrasiPerkantoran(StudiPadakelasXAdministrasiPerkantoranSMKPGRI2Malang).Skripsi.JurusanManjemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WasitiS.SosM.si(II)Dr.HenyKusdiyantiS.PdM.M.KataKunciModelPembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)AktivitasHasilBelajar.BerdasarkanobservasiyangdilakukandiSMKPGRI2Malangsebagianbesargurumasihmenggunakanmodelpembelajarankonvensionalsehinggamenyebabkankurangnyainteraksiantaragurudengansiswayangmenjadikansiswapasifdanpadasaatdiskusiataupresentasisiswahanyamenggantungkanpadaperseorangan.Halinipulayangmengakibatkanrendahnyahasilbelajarsiswabanyaksiswayangbelummemahamimateriyangdisampaikangurukarenasiswacenderungmaludantidakmemilikikeberanianuntukbertanya.DenganmelihatpermasalahanyangterjadimakapenelitimenerapkanmodelpembelajaranyangbervariasisalahsatunyamodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS).Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXAPKdiSMKPGRI2Malangyangterdiridari35siswa.Penelitiandilakukan2siklus.SetiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksiTeknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakanlembarobservasipedomanwawancaratescatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)padamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantoranpadakelasXAPK1diSMKPGRI2Malangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.HalinidiperolehdarihasilaktivitassiswapadasiklusIsebesar82%meningkatmenjadi89%padasiklusII.SedangkanhasilbelajarsiswapretestsiklusIadalah7405dannilairata-rataposttestsiklusIadalah8838.MeningkatpadasiklusIIyaitunilaipretestadalah8364dannilairata-rataposttestadalah8965.Berdasarkanhasilpenelitianterdapatbeberapasaransebagaiberikut(1)BagigurumatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorandiharapkanuntukmenggunakanmodelpembelajaranyangbervariasi(2)Bagisiswadenganpembelajaranyangbervariasidiharapkandapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar(3)BagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelalukanperbaikandarikekurangandalampenelitiandenganmenggunakanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS).