Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengurusan surat masuk dan keluar (studi pada siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen) / Abrori Arhab

Main Author: Arhab, Abrori
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/29026/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArhabAbrori.2015.PengembanganModulKearsipanBerbasisGuidedInquiryUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaMateriProsedurPenangananSuratMasukdanSuratKeluar(StudipadaSiswaProgramKeahlianAdministrasiPerkantoranKelasXdiSMKPGRITuren).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.HenyKusdiyantiS.Pd.M.M(2)Drs.MohammadAriefM.SiKatakunciPengembanganModulguidedinquiryProsedurPenangananSuratMasukdanSuratKeluardanHasilBelajarPenelitianpengembanganinididasariolehterbatasnyabahanajarMataPelajaranKearsipan.KenyataandilapanganmenunjukkanbahwabahanajarKearsipanmasihterbatassertasumberyangdigunakandalampembelajaranmasihbelumlengkapkeaktifansiswadalamprosespembelajaranjugamasihrendah.PembelajaranKearsipandenganmenggunakanmodulyangdiintegrasikandenganmetodeguidedinquirydiharapkandapatmembuatsiswaaktifdalamdiskusikelompokberfikirkritissertadapatmemecahkansuatupermasalahan.Tujuanpenelitianiniadalah1)menghasilkanmodulpembelajaranKearsipanberbasisguidedinquirypadamateriProsedurPenangananSuratMasukdanSuratKeluarsiswaKelasXSMKProgramKeahlianAdministrasiPerkantoran2)mengetahuikelayakanmodulyangtelahdikembangkanmelaluihasilvalidasi.3)mengetahuikeefektifitasanmodul.Rancanganpenelitianinidiadaptasidarimodel4-DThiagarajanS.SemmelD.S.SemmelM.Iterdiridariempattahapyaitumendefinisikan(define)merancang(design)mengembangkan(develop)danmenyebarkan(dessiminate).Validasimoduldilakukanoleh1orangdosenjurusanmanajemenUniversitasNegeriMalangsebgaiahlimodulpembelajaran1oranggurumatapelajarankearsipanSMKPGRITurensebgaivalidatorahlimateridanbeberapaorangsiswakelasXSMKPGRITurensebagaiValidatorUser.ProdukyangdikembangkanberupamodulpembelajaranKearsipanpadamateriProsedurPengurusanSuratMasukdanSuratKeluar.Sajiandananalisisdatapadapenelitianinidibedakanmenjadiempataspekyaitu(1)aspekkelayakanisi(2)aspekkelayakanpenyajian(3)aspekkelayakanbahasadan(4)aspekkelayakankegrafikan.Berdasarkanpenilaianpadakeempataspektersebutdiperolehdatabahwamodulinitermasukkategorilayakdigunakandenganhasilpersentaserata-rataujivalidasidarikeempataspektersebut76%.Hasilrata-ratanilaisiswasebelummenggunakanmodulpembelajaransebesar768diperolehdarijumlahnilaikeseluruhanulanganharianpadakelasXAPKdibagidenganjumlahsiswa.Rata-ratanilaisiswasetelahbelajarmenggunakanmodulpembelajaranmengalamikenaikanmenjadi816denganpresentasekenaikan6%.Halinimenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanmoduldapatmeningkatkanhasilbelajar.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)Pemanfaatanbagisiswaagarmenggunakanmodulinikarenadalammodulsudahmenerapkanstrategipembelajaranguidedinquiry.Halinidimaksudkanuntukmembentuksikapmandirisiswaketikabelajarjugamembantuprosesberpikirsiswauntuklebihberkembangdanberpikirkritis.(2)Saranpemanfaatanbagigurusebaiknyamodulinidigunakandalampembelajarankarenasangatmembantuuntukmenuntunsiswamenemukansendiribagaimanaprosedurpenanganansuratmasukdansuratkeluar.Selainitugurutidaklagiharusmenjelaskanataumencatatkanmateriguruberperansebagaifasilitatoryangmemandusiswadalammerumuskankonsepsekaligussebagaipihakyangakandijadikantempatbertanyaolehsiswajikaterdapatkesulitan.(3)SaranPenelitiLebihLanjutsebaiknyadalammengembangkanmodulbahasayangdigunakandalammodulharusmenggunakanbahasayanglebihmudahdipahamiolehsiswasertatampilanataukegrafikaanyanglebihmenarikagarsiswalebihtertarikuntukmempelajarinya.