Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi (studi pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Dewi Rahmawati
Main Author: | Rahmawati, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29020/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahmawatiDewi.2015.PengaruhKondisiSosialEkonomiOrangTuaDanPrestasiBelajarSiswaTerhadapMinatSiswaUntukMelanjutkanStudiKePerguruanTinggi(StudiPadaSiswaKelasXIIAPKSMKMuhammadiyah5Kepanjen)SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WeningPatmi.RS.PdM.M(II)Drs.INyomanSuputraM.SiKataKunciKondisiSosialEkonomiPrestasiBelajarMinatMelanjutkanStudiKePerguruanTinggi.Kondisisosialekonomidanprestasibelajarmerupakanfaktor-faktoryangdapatmempengaruhiminatuntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi.Kondisisosialekonomiorangtuatinggiakanmeningkatkanminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi.Begitujugadenganprestasibelajarapabilasiswamemilikiprestasibelajaryangtinggimakaiaakanmemillikiminatyangtinggipulauntukdapatmelanjutkanstudikeperguruantingginamunapabilakondisisosialekonomiorangtuadanprestasibelajarrendahmakaminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggimenjadirendahpula.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhkondisisosialekonomiorangtuadanprestasibelajarsiswaterhadapminatsiswakelasXIIAPKSMKMuhammadiyah5Kepanjenuntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi.Variabelyangditelitiadalahkondisisosialekonomiorangtua(X1)prestasibelajar(X2)danminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi(Y).Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianmetodedeskriptifkorelatifdenganjenispenelitiankuantitatifassosiatifdanpengambilansampelpopulasikarenajumlahrespondenkurangdari100.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIAPKTahunAjaran2014/2015denganjumlah65siswa.PengolahandatapenelitianinimenggunakananalisisregresilinierbergandadenganmenggunakanprogramSPSS20.HasildaripenelitianinimenunjukkanbahwakondisisosialekonomiorangtuasiswakelasXIIAPKmasihrendahprestasibelajarsiswadapatdigolongkanbaikkarenasebagianbesarmemilikinilairaporrata-ratalebihdari80sedangkanminatsiswakelasXIIAPKuntukmelanjutkanstudikeperguruantinggimasihrendahhalinidibuktikandenganrasaingintahusiswamengenaiperguruantinggimasihsangatkurang.Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)Kondisisosialekonomiorangtuasecaraparsialberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikepeguruantinggisebesar1645(2)Prestasibelajarsecaraparsialberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikepeguruantinggisebesar1235(3)Kondisisosialekonomiorangtuadanprestasibelajarsecarasimultanberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggisebesar189%dansebanyak811%dipengaruhiolehfaktorlaindiluarpenelitian.Saranbagisekolahyaitumemberikanpandanganmengenaiperguruantinggidanduniakerjasehinggasiswadapatmenentukanpilihanyangbijakuntukmenatamasadepanmereka.8195