Penerapan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK kompetensi dasar memilih alat yang sesuai di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Desi Luhtfi Oktavia
Main Author: | Oktavia, Desi Luhtfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29018/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKOktaviaDesiLuthfi.2015PenerapanMetodePembelajaranPQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiPadaSiswaKelasXAPKKompetensiDasarMemilihAlatyangSesuaidiSMKMuhammadiyah5Kepanjen).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.DjokoDwiKusumojantoM.Si(2)Dr.WeningPatmiRahayuS.Pd.M.M.KataKunciMetodePembelajaranPQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)HasilBelajardanMemilihAlatyangSesuaiMetodePQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)merupakansalahsatumetodepembelajaranyangdapatmenumbuhkanbudayamembacadanmeningkatkankesadaransiswauntukgemarmembaca.MetodepembelajaranPQ4Rdapatmembantusiswadalammengingatdanmemahamitentangapayangtelahdibacaolehsiswasehinggainformasiyangdidapatsiswamenjadilebihbermakna.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Pelaksanakantindakandilakukandalamduasiklusdimanasetiapsiklusnyaterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXAPKyangberjumlah39siswa2siswalali-lakidan37siswaperempuandiSMKMuhammadiyah5Kepanjentahunajaran2014/2015.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasiwawancaradokumentasicatatanlapangandantesformatif.TeknikanalisisdatadalampenelitianinimelaluitigatahapyaituReduksiDataPenyajianDatadanPengambilanKesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarpadaranahkognitifdapatdilihatdariperbandingannilaiawaldantesevaluasi.PadasiklusIterjadipeningkatanhasilbelajardapatdilihatdaripersentasekeberhasilansiswayaitu23%(nilaiawal)menjadi49%(tesevaluasisiklusI)sedangkanpadasiklusIIpersentasekeberhasilansiswamenjadi85%(tesevaluasisiklusII).Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)PenerapanmetodepembelajaranPQ4RpadamatapelajaranMenanganiPenggandaanDokumenKompetensiDasarMemilihAlatyangSesuaiberjalandenganbaiksesuaidenganRPPyangdilaksanakandalamduasiklus(2)PenerapanmetodepembelajaranPQ4RdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadaKompetensiDasarMemilihAlatyangSesuai.Halinidapatdibuktikandarimeningkatnyapersentasekeberhasilanhasilbelajarranahkognitif.PadasiklusIsiswayangnilainyamemenuhiKKMmeningkatdari9siswamenjadi19siswapeningkatanpersentasekeberhasilansiswa23%(nilaiawal)menjadi49%(tesevaluasi)sedangkanpadasiklusIIsiswayangnilainyamemenuhiKKMmeningkatdari19siswamenjadi33siswapersentasekeberhasilansiswa49%(tesevaluasisiklusI)menjadi85%(tesevaluasisiklusII).Saranyangbisadigunakandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)BagiKepalaSekolahdisarankanagarmempertimbangkanmetodepembelajaraniniuntukdigunakansebagaimetodepengajarandisekolahkhususnyapadaMataPelajaranyangbersifatkognitif.(2)BagiguruMataPelajaranMenanganiPenggandaandokumendisarankanagargurudapatmempertimbangkanpenerapanmetodepembelajaranPQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)sebagaisalahsatucaramenyampaikanpelajarandandalammelaksanakanmetodepembelajaraninigurudisarankandapatmenyusunhandoutyangmemuatinformasiselengkapmungkin.(3)BagisiswaKelasXAPKdisarankanagarlebihtermotivasilagiuntukgemarmembacabukupelajaranbukuyangberisipengetahuanagardapatmemperluaswawasanmerekadanlebihberanimengemukakanpendapatataubertanyakepadagurupadasaatpembelajaranberlangsungdan(3)BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiandenganmenerapkanpembelajaranmenggunakanmetodepembelajaranPQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)padamatapelajaranyangkarakteristikmaterinyabersifatkognitifsertalebihmenyempurnakanpenelitianinibiladianggapperlu.8195