Penerapan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK kompetensi dasar memilih alat yang sesuai di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Desi Luhtfi Oktavia

Main Author: Oktavia, Desi Luhtfi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/29018/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKOktaviaDesiLuthfi.2015PenerapanMetodePembelajaranPQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiPadaSiswaKelasXAPKKompetensiDasarMemilihAlatyangSesuaidiSMKMuhammadiyah5Kepanjen).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.DjokoDwiKusumojantoM.Si(2)Dr.WeningPatmiRahayuS.Pd.M.M.KataKunciMetodePembelajaranPQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)HasilBelajardanMemilihAlatyangSesuaiMetodePQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)merupakansalahsatumetodepembelajaranyangdapatmenumbuhkanbudayamembacadanmeningkatkankesadaransiswauntukgemarmembaca.MetodepembelajaranPQ4Rdapatmembantusiswadalammengingatdanmemahamitentangapayangtelahdibacaolehsiswasehinggainformasiyangdidapatsiswamenjadilebihbermakna.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Pelaksanakantindakandilakukandalamduasiklusdimanasetiapsiklusnyaterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXAPKyangberjumlah39siswa2siswalali-lakidan37siswaperempuandiSMKMuhammadiyah5Kepanjentahunajaran2014/2015.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasiwawancaradokumentasicatatanlapangandantesformatif.TeknikanalisisdatadalampenelitianinimelaluitigatahapyaituReduksiDataPenyajianDatadanPengambilanKesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarpadaranahkognitifdapatdilihatdariperbandingannilaiawaldantesevaluasi.PadasiklusIterjadipeningkatanhasilbelajardapatdilihatdaripersentasekeberhasilansiswayaitu23%(nilaiawal)menjadi49%(tesevaluasisiklusI)sedangkanpadasiklusIIpersentasekeberhasilansiswamenjadi85%(tesevaluasisiklusII).Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)PenerapanmetodepembelajaranPQ4RpadamatapelajaranMenanganiPenggandaanDokumenKompetensiDasarMemilihAlatyangSesuaiberjalandenganbaiksesuaidenganRPPyangdilaksanakandalamduasiklus(2)PenerapanmetodepembelajaranPQ4RdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadaKompetensiDasarMemilihAlatyangSesuai.Halinidapatdibuktikandarimeningkatnyapersentasekeberhasilanhasilbelajarranahkognitif.PadasiklusIsiswayangnilainyamemenuhiKKMmeningkatdari9siswamenjadi19siswapeningkatanpersentasekeberhasilansiswa23%(nilaiawal)menjadi49%(tesevaluasi)sedangkanpadasiklusIIsiswayangnilainyamemenuhiKKMmeningkatdari19siswamenjadi33siswapersentasekeberhasilansiswa49%(tesevaluasisiklusI)menjadi85%(tesevaluasisiklusII).Saranyangbisadigunakandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)BagiKepalaSekolahdisarankanagarmempertimbangkanmetodepembelajaraniniuntukdigunakansebagaimetodepengajarandisekolahkhususnyapadaMataPelajaranyangbersifatkognitif.(2)BagiguruMataPelajaranMenanganiPenggandaandokumendisarankanagargurudapatmempertimbangkanpenerapanmetodepembelajaranPQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)sebagaisalahsatucaramenyampaikanpelajarandandalammelaksanakanmetodepembelajaraninigurudisarankandapatmenyusunhandoutyangmemuatinformasiselengkapmungkin.(3)BagisiswaKelasXAPKdisarankanagarlebihtermotivasilagiuntukgemarmembacabukupelajaranbukuyangberisipengetahuanagardapatmemperluaswawasanmerekadanlebihberanimengemukakanpendapatataubertanyakepadagurupadasaatpembelajaranberlangsungdan(3)BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiandenganmenerapkanpembelajaranmenggunakanmetodepembelajaranPQ4R(PreviewQuestionsReadReflectReciteReview)padamatapelajaranyangkarakteristikmaterinyabersifatkognitifsertalebihmenyempurnakanpenelitianinibiladianggapperlu.8195