Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani penggandaan dokumen (studi pada siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Ariedita Dian Shintadella

Main Author: Shintadella, Ariedita Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/29017/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKShintadellaArieditaDian2015.PenerapanMetodeDemonstrasiuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranMenanganiPenggandaanDokumen(StudiPadaKelasXAPKSMKMuhammadiyah5Kepanjen).SkripsiJurusanManajemenProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)DrsINyomanSuputraM.Si.(2)Dr.WeningPatmiR.S.PdM.M.KataKuncidemonstrasihasilbelajarmenanganipenggandaandokumenMetodedemonstrasimerupakansalahsatumetodepembelajaran.Salahsatukeunggulandarimetodeiniadalahmembuatpesertadidikuntukmengetahuilangkah-langkahyangadapadamateripembelajaransecaranyatadenganalatdanbahanyangada.Metodeinimembantusiswamemahamidenganjelasjalannyasuatuprosesataukerjasuatubenda.Metodeinisangatcocokditerapkandikelassiswadituntutuntukdapatmelakukanprakteksecaralangsung.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.Pelaksanaantindakandilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatandan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXAPKyangberjumlah42siswadiSMKMuhammadiyah5Kepanjentahunajaran2014/2015.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasidokumentasiteswawancaracatatanlapangandanangketresponsiswa.Teknikanalisisdatadalampenelitianinimelaluitigatahapyaitureduksidatapenyajiandatadanpenyimpulanhasilanalisis.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarpadaranahkognitifdapatdilihatdariprasiklusdengantessiklusI.PadasiklusIterjadipeningkatanhasilbelajardapatdilihatdaripersentasekeberhasilansiswayaitu36%(prasiklus)menjadi73%(tessiklusI)sedangkanpadasiklusIIpersentasekeberhasilansiswayaitu73%(tessiklusI)menjadi100%(tessiklusII).Hasilbelajarranahpsikomotorterjadipeningkatandarirata-ratapadasiklusI75denganketuntasanbelajar68%danpadasiklusIInilairata-ratamenjadi84denganketuntasanbelajar89%.Jadipeningkatanhasilbelajarsiswaranahpsikomotormeningkat21%.Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)penerapanmetodedemonstrasipadamatapelajaranmenanganipenggandaandokumendikelasXAPKSMKMuhammadiyah5KepanjenberjalandenganbaikdansesuaidenganRPP.Siswamenjadilebihmemahamimateriyangdisampaikandansiswamenjadilebihaktifsaatmengikutipembelajaran(2)penerapanmetodedemonstrasimeningkatkanhasilbelajarsiswa.HalinidibuktikandenganmeningkatnyapersentasekeberhasilanhasilbelajardarisiklusI73%menjadi100%padasiklusII(3)responsiswaterhadapmetodedemonstrasisangatpositifsiswadominanmemberipenilaianskalaSSdanSSpadatiapitemdalamangket.Sarandaripenelitianiniadalah(1)BagiGuruMataPelajaranMenanganiPenggandaanDokumenSMKMuhammadiyah5Kepanjendianjurkanuntukmenerapkanmetodedemostrasikarenadapatmeningkatkanhasilbelajar.Gurudianjurkanuntukmemintaseluruhsiswamembawaalatdanbahansendiriyangharganyatidakrelatifmahaltujuannyaagarsiswasecaraindividudapatmendemonstrasikanmateriyangdisampaikan(2)Bagisiswahendaknyalebihberkonsentrasidanberanibertanyajikamasihkurangpahamtentangmateriyangdiajarkankarenasiswadiharapkandapatmendemonstrasikanulangsesuaiyangdicontohkanolehgurudan(3)Diharapkanpenelitiselanjutnyamemadukanmetodedemonstrasidenganmetodelainyaagarhasilbelajarsiswadapatlebihmeningkat.Penelitijugadiharapkandapatmenerapkanmetodedemonstrasidengankarakteristikmateriyangtepatkarenametodedemonstrasilebihkepadapraktek.