Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui kebiasaan belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK dalam mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Bahrul Ulum Falahul Putra

Main Author: Putra, Bahrul Ulum Falahul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/29016/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutraBahrulUlumFalahul.2015.PengaruhMotivasiBelajarterhadapHasilBelajarMelaluiKebiasaanBelajarSiswaStudiPadaSiswaKelasXProgramKeahlianAPKdalamMataPelajaranKearsipandiSMKNegeri1Pasuruan.Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.Hj.WasitiS.SosM.Si(2)Drs.INyomanSuputraM.SiKataKunciMotivasiBelajarHasilBelajardanKebiasaanBelajarSiswa.Motivasibelajardankebiasaanbelajarmerupakanduahaldaribeberapafaktorutamayangdapatmempengaruhihasilbelajarpadasiswa.Apabilasiswamemilikimotivasiyangtinggimakaakanmeningkatkanhasilbelajar.Begitujugadengankebiasaanbelajarapabilasiswamemilikikebiasaanbelajaryangbaikdanbenarmakauntukmencapaihasilyangbaikpunakanmudah.Namunsebaliknyajikasiswamemilikimotivasirendahdankebiasaanbelajarkurangbaikmakahasilyangdicapaipunakanrendahataukurangmemuaskan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmotivasibelajarterhadaphasilbelajarmelaluikebiasaanbelajarsiswastudipadasiswakelasXProgramKeahlianAPKdalammatapelajaranKearsipandiSMKNegeri1Pasuruan.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkuantitatif.PopulasidansampelpadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXAPKdiSMKNegeri1Pasuruansebanyak71siswadenganmenggunakanteknikSimpleRandomSamplingyaitupengambilananggotasampeldaripopulasidilakukansecaraacaktanpamemperhatikanstratayangadadalampopulasi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahangketdandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdeskriptifanalisisjalurujiasumsiklasikdanujit.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Motivasibelajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkebiasaanbelajarsiswadengannilai9461sebesar0.995(2)Motivasibelajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswadengannilai9462sebesar1.727(3)Kebiasaanbelajartidakberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswadengannilai9463sebesar-0.782dan(4)MotivasibelajartidakberpengaruhpositifdansignifikansecaratidaklangsungterhadaphasilbelajarmelaluikebiasaanbelajarsiswakelasXAPKdiSMKNegeri1Pasuruandengannilaipengaruhtidaklangsungsebesar-0.778.Saranpenelitianiniadalahperangurudisinidiharapkandapatmenjadimotivatorbagisiswanyasehinggasiswapadakegiatanbelajarmengajardikelasmenjaditermotivasiuntukantusiasmengikutipelajaransehinggamenciptakankebiasaanbelajaryanglebihbaiklagidanpadaakhirnyatujuanguruuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswabisatercapai.