Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui kebiasaan belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK dalam mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Bahrul Ulum Falahul Putra
Main Author: | Putra, Bahrul Ulum Falahul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/29016/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPutraBahrulUlumFalahul.2015.PengaruhMotivasiBelajarterhadapHasilBelajarMelaluiKebiasaanBelajarSiswaStudiPadaSiswaKelasXProgramKeahlianAPKdalamMataPelajaranKearsipandiSMKNegeri1Pasuruan.Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.Hj.WasitiS.SosM.Si(2)Drs.INyomanSuputraM.SiKataKunciMotivasiBelajarHasilBelajardanKebiasaanBelajarSiswa.Motivasibelajardankebiasaanbelajarmerupakanduahaldaribeberapafaktorutamayangdapatmempengaruhihasilbelajarpadasiswa.Apabilasiswamemilikimotivasiyangtinggimakaakanmeningkatkanhasilbelajar.Begitujugadengankebiasaanbelajarapabilasiswamemilikikebiasaanbelajaryangbaikdanbenarmakauntukmencapaihasilyangbaikpunakanmudah.Namunsebaliknyajikasiswamemilikimotivasirendahdankebiasaanbelajarkurangbaikmakahasilyangdicapaipunakanrendahataukurangmemuaskan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmotivasibelajarterhadaphasilbelajarmelaluikebiasaanbelajarsiswastudipadasiswakelasXProgramKeahlianAPKdalammatapelajaranKearsipandiSMKNegeri1Pasuruan.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkuantitatif.PopulasidansampelpadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXAPKdiSMKNegeri1Pasuruansebanyak71siswadenganmenggunakanteknikSimpleRandomSamplingyaitupengambilananggotasampeldaripopulasidilakukansecaraacaktanpamemperhatikanstratayangadadalampopulasi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahangketdandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdeskriptifanalisisjalurujiasumsiklasikdanujit.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Motivasibelajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkebiasaanbelajarsiswadengannilai9461sebesar0.995(2)Motivasibelajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswadengannilai9462sebesar1.727(3)Kebiasaanbelajartidakberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswadengannilai9463sebesar-0.782dan(4)MotivasibelajartidakberpengaruhpositifdansignifikansecaratidaklangsungterhadaphasilbelajarmelaluikebiasaanbelajarsiswakelasXAPKdiSMKNegeri1Pasuruandengannilaipengaruhtidaklangsungsebesar-0.778.Saranpenelitianiniadalahperangurudisinidiharapkandapatmenjadimotivatorbagisiswanyasehinggasiswapadakegiatanbelajarmengajardikelasmenjaditermotivasiuntukantusiasmengikutipelajaransehinggamenciptakankebiasaanbelajaryanglebihbaiklagidanpadaakhirnyatujuanguruuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswabisatercapai.